World of Tanks Blitz Dirilis di Android, Cross-Platform Dengan Versi iOS

World-of-Tanks-Blitz-1

Citizen pasti banyak yang mengenal World of Tanks, massively multiplayer online game yang dikembangkan perusahaan dari Belarusia-Siprus Wargaming ini mengawali debutnya di Rusia pada Agustus 2010 silam untuk PC Windows. Sukses besar (tahun 2013 lalu pendapatan dari microtransaction bahkan melebihi World of Warcraft, di nilai US $372 juta), Wargaming pun merilisnya untuk platform lain. Seperti muncul 12 Februari 2014 lalu untuk Xbox Live Arcade, dan pemainnya mendapatkan server serta akun terpisah dari versi Windows-nya.

World-of-Tanks-Blitz-2

Tidak seperti tipikal game online lainnya yang menawarkan pertarungan antar manusia – monster, game ini justru mengajukan pertarungan antar kendaraan perang berupa tank. Fokus gameplay adalah pertarungan PVP dengan pilihan tank dengan berbagai kriteria, seperti Light, Medium atau Heavy Tank. Kalian mengendalikan satu tank pilihan, dan ditempatkan di dalam map yang dpilih random, serta pilihan map-nya juga bervariasi bergantung mode permainannya. Kemudian kalian mengendalikan pergerakan kendaraan itu, serangannya, serta bisa juga berkomunikasi dengan pemain lain melalui built in chat atau komunikasi suara, dan juga disediakan beberapa aksi preset untuk menerapkan taktik yang hanya bisa dilihat oleh rekan setimnya.

World-of-Tanks-Blitz-3

Pada Mei 2013, Wargaming mengkonfirmasikan World of Tanks Blitz, versi mobile World of Tanks khusus untuk tablet dan smartphones di platform Android dan iOS. Seperti versi PC dan konsolnya, pertarungan tank-nya menganut aturan 7v7. Closed Beta Test versi mobile berlansung 19 Maret – 3 April 2014 lalu, dan dirilis versi iOS-nya 27 Juni 2014. Tidak lama setelah iOS-nya dirilis, Wargaming membuka opsi Beta untuk versi Android, dan setelah beberapa waktu eksis di Rusia, akhirnya pengguna Android mendapatkan game ini mulai awal Desember kemarin.

World-of-Tanks-Blitz-4

Sama seperti versi PC-nya, World of Tanks Blitz ditawarkan sebagai game gratisan, dengan banyak in-app purchase ditawarkan. Versi Android-nya mendapatkan fitur cross-platform dengan versi iOS, menjamin tetap ramainya server versi mobile ini, meskipun tidak sama dengan versi PC atau konsolnya. Dan jelas itu lebih adil, mengingat pemain PC atau konsol yang mendapat akses mouse atau keyboard akan mendapatkan kontrol yang lebih presisi dan cepat dibandingkan pemain mobile yang memasukkan command melalui layar sentuh.

World-of-Tanks-Blitz-5

Meskipun desain tank dan area perangnya tidak terlalu otentik Perang Dunia II, namun yang membuat versi mobile-nya ini ramai seperti game aslinya adalah masih menjaga perspektif permainan ke sudut pandang orang ketiga / third-person, dan kontrol yang lebih menekankan pada pertarungan. Mode perang utamanya seperti tipikal MOBA, mengadu dua tim dengan masing-masing tujuh pemain. Kalian bisa akses tutorialnya untuk pelajaran basic game ini, serta juga akses in-game chat yang tetap saja susah dilakukan menggunakan kontrol vrtualnya. Sejauh ini tidak disebutkan adanya dukungan kontroler eksternal.

World-of-Tanks-Blitz-6

World of Tanks Blitz memang game gratis, namun in-app purchase untuk memperbanyak dengan instan mata uang dalam game banyak berteran di dalamnya. Dan hanya dengan Gold / mata uang dalam game itu saja kalian bisa membuka model tank lain (dari total roster mencapai 90 tank) dan upgrade lebih cepat. Seperti game F2P lainnya, Wargaming juga menegaskan jika kalian bisa bermain sebebas dan selama mungkin meskipun tidak mau mengeluarkan uang. Namun tidak bisa dipungkiri, dalam permainan online, mereka yang membayar dan bisa membeli tank yang lebih kuat, bisa lebih mudah menang. Untuk game ini, kalian juga membutuhkan Android yang cukup kuat untuk menangani grafis 3D, storage yang besar (mencapai 1 GB), serta koneksi internet yang cepat dengan ping yang rendah untuk kenyamanan bermain online.

Top In-App Purchase

  1. Bag of Gold – Rp 59 ribu
  2. One time offer 7 days of premium – Rp 12 ribu
  3. One time offer 30 days premium – Rp 23 ribu
  4. Satchel of Gold – Rp 119 ribu
  5. Crate of Gold – Rp 229 ribu
  6. Tiny Bundle – Rp 12 ribu
  7. Legendary Kit – Rp 229 ribu
  8. Basic Bundle – Rp 279 ribu
  9. Silver bundle – Rp 169 ribu
  10. One time offer tank Germany – Rp 23 ribu

World of Tanks Blitz: Android Google Play Store | iOS Apple App Store

World of Tanks Blitz 1.5 Introduces Cross-Platform Play on iOS and Android

World of Tanks Blitz Dirilis di Android, Cross-Platform Dengan Versi iOS

World of Tanks Blitz dirilis di Android, full online, dijaga saja agar paket datamu jangan sampai kebobolan!

Abaikan

 


SHARE
Previous articleChocodays Siap Mengguncang Surabaya!
Next articleHari Belanja Online Nasional Siap Digelar, Puluhan Promo Ini Bakal Menguras Dompetmu!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.