Kamu Punya Amiibo Cacat? Jangan Dibuang Dulu!!

Amiibo-1

amiibo adalah mainan figurine yang kompatibel dengan modul near field communication / NFC yang sudah tertanam di dalam GamePad Wii U. amiibo memiliki fungsi menyimpan data, untuk kemudian dipindai dengan cara menempatkan figure tersebut tepat di atas NFC yang berada di balik tombol d-pad GamePad Wii U. Data yang disimpan konon akan memberikan fitur-fitur menarik di berbagai game Nintendo. Hal ini menjadikan amiibo sebagai collectible item yang berharga bagi fans Nintendo, baik yang memainkan game nya maupun jika sekadar kolektor figure.

Namun dibandingkan presentasi Amiibo di E3, eksekusi produk Amiibo ternyata di bawah ekspetasi fans (baca: Amiibo Nintendo Ternyata Biasa Saja !!). Secara tampilan, berbagai Amiibo yang dipasarkan mengalami penurunan kualitas. Pada umumnya produk Nintendo diproduksi di Tiongkok, namun begitu semestinya kualitasnya tidak perlu sampai seperti sekarang ini. Walaupun dimungkinkan hal ini dilakukan untuk menekan biaya produksi, tapi tentunya fans mengharapkan apa yang mereka bisa dapat seperti halnya yang dipresentasikan terdahulu.

Sebagaimana produk produksi masal, maka kesalahan 1-2 produksi bisa saja terjadi. Namun apa yang terjadi pada amiibo Nintendo sepertinya error pada produk ini termasuk terlalu besar -setidaknya untuk ukuran produk baru dan untuk industri game sekelas Nintendo-. Namun error yang diungkapkan netizen-netizen ini sepertinya jauh di luar dugaan.

Ternyata dari laporan berbagai fans, banyak Amiibo cacat yang tersebar di pasaran. Kesalahan-kesalahan ini membuat bentuk Amiibo jadi berbeda dengan yang seharusnya. Mungkin jika orang biasa jika mendapat produk cacat, mereka akan mengembalikannya ke toko, meminta ganti rugi, dan berbagai metode komplen lainnya. Namun sepertinya ini tidak berlaku bagi fans Nintendo yang terkenal unik. Daripada membuang atau mengembalikan produk cacat, mereka memilih untuk menyimpannya. Bahkan ada yang dijual kembali, dengan harga yang berkali-kali lipat!

Hal ini dikarenakan produk-produk cacat dari pabrik ini dianggap sebagai rare item. Juga mengingat bahwa produksi amiibo untuk karakter tertentu akan diskontinu, tentunya hal ini semakin “menambah” nilai amiibo-amiibo cacat ini.

Seperti apa amiibo cacat yang terlihat di pasaran? Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Peach tanpa kaki

Amiibo-8 amiibo (2) amiibo (5)

Entah kecelakaan apa yang menimpa Peach hingga ia kehilangan kedua kakinya. Namun setidaknya ia jadi tampak sedang terbang.

Tangan Villager yang terpelintir

Amiibo-11 amiibo (6)

Villager sepertinya bertani terlalu keras, sehingga tangannya terpelintir. Cepat sembuh ya…

amiibo ini laku $102,5 di e-bay (amiibo villager)

Star Fox  tanpa visor

Amiibo-4 amiibo (4)

Visor Star Fox yang seharusnya di mata kanan hilang entah kemana. Mungkin bisa pinjam scouter milik bangsa Saiyan.

amiibo ini laku $162,5 (amiibo Star Fox)

Mario botak

Amiibo-7 amiibo (8)

Mario tidak setua itu kok…tapi kenapa ia jadi botak? Dampak stress karena mencari Princess Peach di istana yang salah?

Mario botak ini masih dalam tahap bid, dan posisi terakhir adalah $50 (amiibo Mario)

Dual cannon Samus Aran

Amiibo-12 amiibo (3)

Daripada dianggap cacat, Samus Aran dengan dua cannon ini sebenarnya terlihat lebih keren. Makanya amiibo ini dijual kembali melalui e-bay. Dan amiibo ini ternyata laku.

Mau tahu berapa harga jual kembali dari amiibo Samus Aran ini? $2.500!! (amiibo Samus Aran) Padahal beli amiibo ini cuku dengan $13 saja… menang banyak nih!

BEST OF THE BEST

Entah bermaksud serius atau bercanda, ada seseorang yang menaruh amiibo unik di e-bay. Dia menyebutnya sebagai…

Invisible Link

Amiibo-5 amiibo (1)

Keunikannya? Karena amiibo Link ini kasat mata. Well, lebih tepatnya sebenarnya tidak ada Link di sana. Tapi orang ini tetap menganggapnya keren dan tetap ditaruh di e-bay. Siapa ya kira-kira yang bakal beli amiibo ini?

Oh iya…percaya gak percaya, amiibo Peach tanpa kaki di atas tadi juga laku dalam e-bay, lho. Apakah citizen tahu harganya?
$25.100 ! (amiibo Peach)

Tertarik menjual barang-barang cacat? Siapa tahu kamu mendapat untung berkali-kali lipat!


SHARE
Previous articleMemupuk Persaudaraan Sesama Praktisi Wing Chun di Indonesia
Next articleThe Idolm@ster: Ayaka Ohashi Menangis Terharu
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.