Perkenalkan Scrolls, TCG Penantang Hearthstone dari Kreator Minecraft!

Scrolls art

Semakin banyak studio game besar yang akhirnya “bermain kartu” alias merilis game dengan genre trading card game (TCG). Setelah sebelumnya Blizzard yang merilis Hearthstone (baca: Blizzard Terjun ke Dunia TCG dalam Hearthstone: Heroes of Warcraft), the next big thing dalam genre ini akhirnya lahir dari tangan Mojang, developer dari Minecraft. Perkenalkan Scrolls, sebuah game TCG multiplayer yang dikombinasikan dengan elemen strategi!

Perkenalkan Scrolls, TCG Penantang Hearthstone dari Kreator Minecraft!

The next big thing di genre TCG. Bakal menjadi pesaing Hearthstone?

Abaikan

Sama seperti game-game TCG lainnya, dalam game ini kamu diharuskan untuk mengoleksi kartu-kartu yang disediakan (atau yang dalam game ini disebut dengan Scroll), serta menandingkan deck buatanmu dengan deck milik pemain lainnya. Bagi kamu yang sudah sering bermain TCG seperti Hearthstone, maka dipastikan kamu tidak akan terlalu bingung dengan mekanisme gameplay yang ditawarkan oleh game ini. Selain menawarkan elemen TCG, Scrolls juga membawa berbagai elemen yang biasa kita temui dalam board game.

Scrolls Gameplay

Arena permainan dari Scrolls terbagi menjadi dua, dimana masing-masing pemain memiliki ubin 5×3 yang bisa digunakan untuk meletakkan unitnya. Di bagian paling belakang, kamu bisa melihat deretan Idol yang harus kamu hancurkan. Nah, untuk memenangkan pertandingan dalam Scrolls cukup simpel, kamu hanya perlu menghancurkan tiga dari lima Idol yang dimiliki oleh lawanmu. Berikut ini adalah struktur dari Scroll alias unit yang kamu miliki.

Scrolls - Scroll Anatomy

Seperti kebanyakan TCG, masing-masing Scroll memiliki berbagai macam atribut, mulai dari health hingga yang spesial adalah countdown. Setiap turn, nilai countdown ini akan berkurang satu. Jika nilai countdown sudah mencapai 0 maka unit tersebut bisa menyerang plus me-reset kembali nilai countdown ke angka aslinya. Tentu ini menambahkan elemen strategi yang harus kamu pikirkan matang-matang selain menempatkan unit di tempat yang benar dan waktu yang tepat untuk memenangkan pertandingan.

Scrolls Gameplay

Terdapat empat tipe Scroll yang bisa kamu temukan dalam game ini. Pertama adalah Creature yang bisa kamu gunakan untuk menyerang musuh. Kedua adalah Structure, dimana unit ini tidak bisa bergerak dan sebagian besar digunakan untuk bertahan dan memberikan efek buff. Ketiga adalah Spell, sebuah magic yang bisa kamu gunakan untuk memberikan damage dalam sekali pakai, atau memberikan efek tertentu di arena pertandingan. Dan terakhir adalah Enchantment, yang bisa kamu sematkan di unit (baik Structure maupun Creature) untuk memberikan efek yang akan bertahan selama unit tersebut berada di arena.

Scrolls Gameplay

Untuk mode yang disediakan sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Single Player dan Multiplayer. Dalam Single Player, kamu bisa memasuki mode Tutorial untuk membantumu lebih mengenal game ini, bertanding satu lawan satu melawan AI dalam mode Skirmish, atau menyelesaikan tantangan dalam mode Trials. Sedangkan untuk mode Multiplayer, kamu bisa bertanding dengan pemain lain di seluruh dunia, baik yang menggunakan platform sama denganmu maupun lintas platform. Selain mode-mode di atas, game ini juga menyediakan fitur lain seperti Crafting untuk membuat Scroll-mu lebih kuat dan Trading untuk saling bertukar Scroll dengan pemain lainnya.

Game ini menyediakan dua macam alat pembayaran. Satu adalah Gold yang bisa kamu dapatkan dalam game, dan yang satu lagi adalah Shards yang bisa kamu beli menggunakan uang nyata. Namun Mojang tidak ingin penggunaan Shard ini menjadi aspek yang mutlak untuk memenangkan pertandingan (alias Pay2Win), dan berjanji bahwa semua konten yang ada dalam game ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Gold saja. Gold bisa kamu dapatkan setelah pertandingan, dimana kamu bisa mendapat hingga 500 Gold saat menang, atau mengantongi 100 hingga 150 Gold saat kalah.

Scrolls - Shop

Scrolls sudah dirilis pada 11 Desember lalu untuk PC, Mac, Linux dan Tablet Android. Untuk versi iOS, Mojang berjanji bakal merilisnya awal tahun 2015 mendatang. Kamu bisa mendapatkan Scrolls melalui website resminya dengan menebus seharga US $4.99 atau sekitar Rp 60.000. Atau kamu juga bisa mencoba versi demo dari game ini yang bisa kamu dapatkan melalui halaman ini.

[Sumber: Official Site/NeoGaf]

 


SHARE
Previous articleInilah 11 Menit Kemenangan Naruto Saat Melawan Toneri di The Last Naruto
Next articleAsyik! Belanja di Google Play Store Sekarang Bisa Bayar Pakai Pulsa!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.