Agents of S.H.I.E.L.D: Rahasia Skye Terungkap, Semakin Terkait dengan Avengers!

XXX AGENTS OF SHIELD DALTON FAR RIGHT 5961 .JPG LIF ENT TEL S2 USA CA

WARNING: SPOLER ALERT!

Midseason finale Marvel’s Agents of S.H.I.E.L.D season 2 telah tayang. Episode yang berjudul  “What They Become” ini benar-benar mengungkapkan apa perubahan yang terjadi pada tokoh-tokoh sentralnya, dalam hal ini adalah Agent Skye dan Raina. Namun di balik semua itu, hal yang terjadi pada episode ini terasa terkait sekali dengan dunia Marvel khususnya kontinuitas Marvel Cinematic Universe (MCU). Sebagai satu-satunya penghubung ke film Avengers: Age of Ultron -bersama serial TV Agent Carter pada Januari nanti-, tentunya cerita Agents of S.H.I.E.L.D semakin seru untuk diikuti.

Beberapa hal krusial yang -diharapkan- memberikan pengaruh besar pada MCU antara lain adalah hal berikut ini.

Skye, Daisy, dan Cal

“Docter Cal” akhirnya mengungkapkan nama asli Skye. Cal yang konon adalah ayah biologis Skye yang lama menghilang ini memanggil Skye dengan nama Daisy. Mungkin nama-nama ini (Cal dan Daisy) terasa biasa-biasa saja.

Namun jika mengaitkan dengan dunia komik Marvel, maka Cal dan Daisy ini terkait dengan 2 karakter minor dimana kebetulan keduanya adalah ayah dan anak juga. Siapakah Cal dan Daisy yang dimaksud ini?

agents of SHIELD (5)

Cal, sebagai seorang dokter yang tampak memiliki kekuatan fisik melebihi manusia biasa, sepertinya bisa dianggap merupakan adaptasi dari Dr. Calvin Zabo. Di komik Marvel, Calvin Zabo adalah ilmuwan yang mengembangkan Hyde formula, sebuah serum yang bisa memperkuat tubuhnya. Saat berubah karena serum, ia menamai dirinya sebagai Mister Hyde.

agents of SHIELD (2)

Nah, Calvin Zabo ini memiliki seorang putri. Nama putrinya adalah Daisy Johnson. Familiar? ya, berarti dengan menganggap Dr. Cal sebagai Calvin Zabo, maka Skye sebagai Daisy jadinya cocok dianggap sebagai Daisy Johnson. Hal ini diperkuat dengan karakter Daisy Johnson yang memiliki kekuatan mengendalikan gerakan seismik hingga bisa menimbulkan gempa. Ia memiliki code name Quake. Dan kebetulan juga, Daisy Johnson ini adalah agen  S.H.I.E.L.D yang bekerja untuk Nick Fury. Ia merupakan agen yang mendapat level  10 security clearence, sebuah level akses yang hanya dimiliki Nick Fury dan Black Widow. Pada suatu kesempatan ia juga pernah bergabung dengan Avengers. Apakah ini pertanda bahwa Daisy/Skye juga akan bergabung ke Avengers ke depannya? Tentu ini akan menjadi hal yang menarik.

Crystal, Mist, dan Cocoon

agents of SHIELD (2)

Menjelang akhir cerita, Raina memasang artefak The Diviner ke sebuah alat di dalam kuil misterius di bawah kota (baca: Terungkap! Ternyata Coretan yang Dibuat Coulson Selama Ini Adalah…). Saat alat ini aktif, alat ini mengeluarkan kabut misterius. Kabut ini memang tidak berpengaruh pada Agent Tripp, yang berada dalam ruangan itu untuk menyelamatkan Skye. Namun, untuk Skye (Daisy) dan Raina tiba-tiba diselimuti cangkang luar yang keras. Mereka terhenti untuk beberapa saat, dan lama-kelamaan cangkang yang melapisi mereka merapuh. Adegan selesai ketika cangkang ini rapuh namun belum memperlihatkan kondisi tubuh Skye dan Raina sesudahnya. Keadaan sekitar kuil tampak mengalami gempa (apakah ini karena kekuatan Daisy?), dan Agent Tripp yang malang terkena pecahan The Diviner yang membuat tubuhnya mengeras lalu rapuh seperti debu.

agents of SHIELD (4) B4euD_9IAAEFTKB

Adegan ini terlihat menarik terutama buat fans Marvel. Ya, adegan ini sepertinya merupakan transformasi perubahan Inhuman ketika terselimuti Terrigen Mist, agar mereka mengalami proses Terrigenesis dan mendapat kekuatan baru. Hanya saja pada Inhuman versi komik, tubuh mereka akan terperangkap dalam kepompong alien sebelum mengalami transformasi tersebut. Dan untuk mengaktifkan Terrigen Mist, perlu sebuah kristal untuk memulai proses Terrigenesis tersebut. Tentunya kristal ini fungsinya menjadi mirip dengan The Diviner/Obelisk di  Agents of S.H.I.E.L.D.

agents of SHIELD (1)

Hal ini tentu menjadi sebuah perhatian tersendiri pada Marvel, apakah Skye dan Raina ini memang merupakan Inhuman? Karena hingga saat ini, kata Inhuman tidak pernah tersebut dalam MCU. Biasanya mereka menyebutnya dengan “miracles” ataupun “gifted”. Apakah ini adalah pemanasan sebelum penayangan film Inhuman?

Miracles, Mutant, dan Inhuman

 Sedikit kembali ke pembahasan sebelumnya. Asal kekuatan Daisy Johnson di komik agak simpang siur. Pada awalnya ia dianggap sebagai mutant -karena kekuatan yang ia miliki ada sejak lahir-. Namun pada perkembangannya, Daisy ternyata tidak memiliki X-Gene, gen yang membuat seseorang dikategorikan sebagai mutant. Namun hingga sekarang kekuatannya dianggap berasal dari gen yang rusak, karena pengaruh serum ayahnya yaitu Hyde formula yang menurun ke tubuhnya.

agents of SHIELD (7)

Hal ini menjadi menarik, karena Daisy/Skye walaupun nantinya adalah Inhuman, tetapi sumber idenya bukan dari seorang Inhuman (Daisy Johnson). MCU menjadikan sumber ide manusia berkekuatan super bisa dari manapun, tidak serta-merta mengikuti versi komiknya. Jangan lupa, hingga saat ini istilah Inhuman belum muncul di MCU, sedangkan si kembar Maximoff, Scarlet Witch dan Quicksilver, dianggap sebagai Miracles. Apakah mereka nantinya termasuk sebagai Inhuman juga?

agents of SHIELD (9)

Raina sendiri dengan tegas mengatakan bahwa mereka (Raina dan Daisy/Skye) adalah keturunan yang memiliki DNA eksperimen alien Kree. Hal ini membuat kemungkinan besar mereka adalah Inhuman. Dan jika si kembar Maximoff juga dianggap sebagai Inhuman, berarti memang inilah cara MCU memasukkan para mutant ke semesta mereka, dengan menjadikannya mutant sebagai Inhuman. Apakah Skye dan Raina sendiri juga akan hadir di film Inhuman mendatang? (baca: The Inhumans, Proyek Film Marvel Paling Berisiko) Tentunya ini patut kita tunggu.

 Raina, Ward, The Blind Man, dan The Next HYDRA’s Head

 Beberapa misteri yang menggantung di midseason di finale ini memang bikin mindblown. Raina ternyata juga seorang Inhuman -sementara ini anggap saja begitu-, namun kita belum melihat bagaimana ia berubah. Berbeda dengan Skye/Daisy yang penampilannya tampak biasa saja, Raina sepertinya akan berubah fisik. Kulitnya tampak memiliki sisik tajam, setidaknya di bagian wajah. Sedangkan matanya tampak menguning. Bagaimana wujud transformasi dari Raina?

agents of SHIELD (3)

Sedangkan Whitehall, HYDRA’s head saat ini pun telah tewas. Walaupun kita tahu Baron Strucker masih ada, namun ada di luar negeri (Amerika) sana, ini menyebabkan HYDRA di Amerika memiliki kekosongan pemimpin. Walaupun semestinya akan ada yang menggantikan Whitehall, namun kita belum mengetahui siapa kepala HYDRA selanjutnya.

Agents-of-SHIELD-S2 (1)

Apakah Ward, yang saat ini bergabung dengan Agent 33, akan mengisi kekosongan itu? Ward dengan keputusan misteriusnya dengan merekrut Agent 33, semakin meninggalkan misteri lainnya. Walaupun Ward bukan tipe pemimpin yang bisa menjadi kepala HYDRA, namun keberpihakannya juga semakin dipertanyakan. Apakah ia masih berpihak pada HYDRA? Atau kembali mendukung  S.H.I.E.L.D (yang tampaknya akan mustahil), atau bagaimana gerakan Ward selanjutnya?

tumblr_ngg9drTIdZ1ql2cz9o2_250

Post scene episode ini juga meninggalkan misteri dengan kemunculan Obelisk/Diviner lainnya. Sepertinya artefak ini saling terhubung karena merespon keberadaan Diviner lainnya. Dan juga terdapat orang yang bisa menyentuh Diviner ini, dan tampak sedang menelepon orang lain yang sepertinya tahu tentang keberadaan Diviner. Dan yang menjadi misteri… pria ini tidak bermata. Apakah ia telah bertransformasi? Apakah masih ada kuil alien lainnya di Bumi ini? Siapa lagi orang-orang yang telah bertransformasi? Tentunya ini menjadi menarik untuk ditunggu.

agents of SHIELD (8)

Marvel’s  Agents of S.H.I.E.L.D akan kembali tayang bulan Maret 2015. Sebelumnya, serial Agent Carter akan tayang mulai bulan Januari 2015 (baca: Saksikan Teaser Perdana Marvel’s Agent Carter).


SHARE
Previous articleDalam Just Cause 3 Kalian Bisa Terbangkan Mobil, Tanpa Kode Cheat!
Next articleAkhirnya Gamer China Bakal Bisa Maen PS4 dan PS Vita Secara Legal!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.