Akhirnya Gamer China Bakal Bisa Maen PS4 dan PS Vita Secara Legal!

Launching PS4 dan PS Vita di China

Sejak awal 2000, China memberlakukan ban terhadap game konsol, yang membuat produsen konsol tidak bisa merakit dan memasarkan produk mereka di negara tersebut. Akhirnya, China pun melepas larangan terhadap game konsol tersebut pada tahun 2014 ini, yang membuat perlahan-lahan produsen game konsol mulai masuk ke negara tersebut (baca: China Siap Mencabut Larangan Penjualan dan Penggunaan Konsol). Microsoft mengawali masuknya kembali game konsol di sana setelah “dahaga” selama empat belas tahun dengan merilis Xbox One pada bulan Oktober lalu (baca: Xbox One Resmi Dirilis di China, Akhiri Puasa Konsol 14 Tahun!), kali ini giliran Sony yang mengkonfirmasikan bakal merilis PS4 dan PS Vita di negeri tirai bambu tersebut!

Sony menurut rencana akan mulai merilis PS4 dan PS Vita di China secara bersamaan pada tanggal 11 Januari 2015 yang akan datang. Bahkan, Sony sudah menyiapkan satu set PS4 dan PS Vita spesial dengan corak naga yang hanya bisa didapatkan di China saat perilisannya nanti. Untuk PS4, Sony sudah berancang-ancang untuk merilisnya dengan harga US $468 atau sekitar Rp 5.9 juta. Sedangkan untuk PS Vita, Sony sudah memberikan banderol harga sebesar US $210 atau sekitar Rp 2.65 juta.

PS4 dan PS Vita edisi spesial yang hanya dijual di China
PS4 dan PS Vita edisi spesial yang hanya dijual di China

Seperti yang kita tahu, dengan dilepaskannya larangan terhadap peredaran game konsol, produsen konsol asing seperti Sony, Nintendo dan Microsoft pun bebas mendirikan pabrik untuk merakit sendiri konsol mereka di Shanghai Free Trade Zone, yang lantas dijual ke seluruh penjuru negeri. Sony pun mengikuti langkah yang dilakukan oleh Microsoft, dengan menggandeng partner perusahaan China untuk membantu mereka merakit dan memasarkan PS4 dan PS Vita di sana. Jika Microsoft sebelumnya menggandeng BesTV, maka kali ini Sony menggandeng Shanghai Oriental Pearl Group yang tentunya sudah “paham” dengan kondisi pasar di negara tersebut.

Saat diluncurkan September lalu, Xbox One membawa beberapa judul eksklusif untuk pasar China menggantikan beberapa judul yang masih tertunda perilisannya karena peraturan pemerintah China yang cukup ketat, seperti Destiny dan Call of Duty: Advanced Warfare. PS4 dan PS Vita sendiri nampaknya juga akan menerima “nasib” serupa, dimana dikabarkan beberapa game seperti Final Fantasy X tidak bisa dirilis di China karena terkendala perijinan pemerintah di sana dan siap menggantikannya dengan beberapa judul eksklusif.

Menurut survei, gamer di China sendiri lebih menantikan PS4 dibandingkan Xbox One. Jika Xbox One dulu berhasil terjual lebih dari 100.000 unit di China dalam minggu pertamanya atau empat kali lipat dibandingkan penjualan di Jepang (baca: Penjualan Xbox One di China Empat Kali Lipat Dibandingkan di Jepang), akankah penjualan PS4 dan PS Vita bisa melampaui angka tersebut? Kita tunggu saja!

[Sumber: CVG/Engadget]


SHARE
Previous articleAgents of S.H.I.E.L.D: Rahasia Skye Terungkap, Semakin Terkait dengan Avengers!
Next articleMario dan Link “Playable” Dalam One Piece Super Grand Battle! X
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.