Google Makin Lengkap di Indonesia! Kini Bisa Save Video YouTube dan Langganan Majalah Newsstand

YouTube-1

Pengguna Android bakal makin dimudahkan. Setelah minggu lalu kita mengetahui jika operator seluler Indonesia mulai membuka opsi belanja di Google Play Store dengan sistem potong pulsa (baca: Asyik! Belanja di Google Play Store Sekarang Bisa Bayar Pakai Pulsa!), Google sendiri juga memberikan akses beberapa fitur menarik layanan mereka yang sebelumnya tidak bisa didapatkan penggunanya di Indonesia.

Pertama, kalian yang masih saja bingung mencari aplikasi mobile untuk Android yang fungsinya bisa mengunduh video-video dari YouTube, sekarang sudah tidak perlu lagi dipusingkan dengan repotnya aplikasi tersebut bekerja. Google akhir pekan kemarin mulai membuka akses save video offline melalui aplikasi YouTube, dan kemudian menonton video tersebut kapan saja tanpa perlu koneksi internet. Ini sangat berguna pada skenario seperti ketika berada di kantor yang memberi akses WiFi gratis, unduh saja sepuasnya video yang diinginkan dan pilih kualitas yang menurutmu pantas ditonton di layar smartphone atau tablet, dan sepulang kerja tinggal dilihat semua video tersebut di rumah. Apalagi mengunduh film di The Pirate Bay saat ini juga sudah tidak aman (baca: The Pirate Bay “Dikaramkan” Polisi, Bagaimana Nasib Torrent?), kalian bisa bebas mencari alternatif melalui YouTube, meskipun mungkin bukan untuk film-film yang tergolong baru.

YouTube-2

Dibukanya akses save offline video ini bisa ditandai dengan munculnya ikon download di sisi kanan bawah dari video, yang ketika kalian tekan, akan memberi kalian pilihan apakah mau menyimpan video tersebut dalam ukuran standar atau high definition. YouTube juga memberi kita informasi jelas, berapa besar setiap kualitas tersebut di sebelah pilihan kualitas video yang mau diunduh. Denhan demikian kalian tidak perlu kuatir kuota akan jebol (atau tidak cukup storage-nya), karena bisa memperhitungkan berapa total data yang sudah digunakan untuk mengunduhnya. Kecuali, kalian memiliki akses tak terbatas, atau unduh menggunakan WiFi.

Video yang sudah diunduh bisa kalian temukan di bagianOffline aplikasi YouTube, dimana video tersebut bisa dilihat kembali tanpa membutuhkan koneksi internet.

Newsstand-1

Selain opsi save video Offline, pada hari yang sama Google juga memberi pengguna Android di Indonesia akses ke konten berbayar dari aplikasi newsfeed Play Newstand. Berkat dibukanya fitur ini, kini pengguna Android di Indonesia bisa merasa smartphone dan tablet-nya makin lengkap saja, karena banyak konten Play Store yang sudah terbuka. Mulai Aplikasi, Game, Buku dan kini Newsstand. Kita memang masih ketinggalan tiga kategori lainnya, yaitu Musik, Film dan TV dibadingkan negara lain, namun jelas Google tidak bisa langsung membukanya sekaligus, harus bertahap, sambil menyiapkan sistem khusus untuk kita pengguna di Indonesia. Apalagi jika konten tersebut berbayar, ujung-ujungnya duit, yang pasti sensitif.

Get your favorite entertainment on Google Play

Google Makin Lengkap di Indonesia! Kini Bisa Save Video YouTube dan Langganan Majalah Newsstand

Pantas operator seluler Indonesia mulai buka akses potong pulsa untuk belanja di Google PlayStore!

Abaikan

Sumber: Google (1), (2)


SHARE
Previous articleVimala Defense Warlords, Dari Tugas Akhir Kuliah Menjadi Game Berkelas Dunia!
Next articleDinilai “Copy-Paste”, Digimon Adventure Tri Dihujat Habis-Habisan!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.