Yahoo Ramalkan Jakarta Turun Salju Hari Ini!

Hari ini ada yang sedikit berbeda dengan laman cuaca di laman Yahoo! Indonesia, di kolom yang menampilkan informasi ramalan cuaca itu disampaikan bahwa Jakarta akan “cukup bersalju”.

jakarta bersalju menurut yahoo

Ramalan Jakarta turun salju itu cukup janggal karena karena iklim Indonesia tidak mengenal adanya salju. Memang sih tahun lalu ada yang memperkirakan bahwa di Indonesia bisa turun salju seperti terjadi Mesir, tapi toh tidak terjadi juga kan?

Pertanyaannya adalah apakah memang tampilan tersebut disengaja atau ada yang salah dengan informasi di Yahoo! Indonesia? Didorong rasa penasaran, redaksi duniaku mencoba mencari informasi dari website lain seperti Google forecast.

jakarta turun hujan menurut google

helsinki bersalju menurut google

Di laman Google ini kita bisa lihat bahwa Jakarta diramalkan akan terjadi hujan petir. Namun tidak ada tanda tanda akan turun salju seperti diramalkan di laman Yahoo.

Untuk mengetahui bagaimana apa kata Google jika ada kota yang bersalju, kita bisa lihat Google forecast untuk Helsinki, Finlandia yang sering sekali diguyur salju.

Kontrasnya, beberapa website ramalan cuaca seperti AccuWeather dan Wunderground pun menampilkan ramalan yang sejenis yaitu kondisi Jakarta yang hujan.

Lalu, kira kira apa ya sebabnya ? Akhirnya redaksi merujuk ke laman khusus negara lain, portal Yahoo! untuk Singapura.

heading singapura

Nah, ternyata sebabnya sepele, Portal Yahoo!Indonesia salah menerjemahkan partly cloudly menjadi cukup bersalju. Padahal terjemahan bebasnya adalah “cukup berawan” alias mendung. Tidak disangka juga ya, website sebesar Yahoo tidak memperbaiki terjemahannya. Apalagi rupanya sudah dilaporkan masyarakat sekira 4-5 tahun yang lalu.


SHARE
Previous articlePengen Tahu Seberapa Powerfull Grafis PlayStation 4? Mainkan The Order 1886!
Next articleAoi Eir: Ingin Mengadakan Asia Tour Dengan Full Band