Game Baru Toge Productions Ini Bakal Bikin Pemain Digger Gagal Move On!

duniaku-mustamine-1

Suka dengan Digger, game jadul yang sempat populer di era 1980-an? Maka dijamin kamu juga akan gagal move on dari satu game ber-genre clicker-idle game yang baru saja dirilis oleh Toge Productions di Armor Games, Must A Mine ini. Ya, setelah merilis beberapa game yang mengusung nama besar Infectonator, kali ini mereka pun mengajak penggemarnya untuk nostalgia kembali ke era 80-an lewat game yang sempat dipamerkan dalam Game Developer Gathering 2014 lalu (baca: Puluhan Karya Keren dari Developer Indonesia Mejeng dalam Showcase GDG 2014!), dengan gameplay yang simpel dan masih tetap adiktif.

Dalam Must A Mine, tujuan utamamu adalah untuk menggali tanah sedalam mungkin. Kamu bisa menggali tanah dengan menggunakan klik mouse secara terus menerus, yang akan mengurangi bar density tanah yang merupakan “HP” dari tanah tersebut. Setelah bar kosong, maka tanah akan hancur, kamu akan selangkah lebih dalam lagi turun ke dalam tanah, plus mendapatkan uang dan berbagai item menarik.

duniaku-mustamine-2

Saat menggali tanah, kamu tidak perlu terus menerus melakukan klik mouse. Kamu juga bisa “meminta bantuan” kepada unit-unit yang bisa kamu bangun di petak-petak di atasnya, mulai dari Mole Rat alias tikus tanah, Digger, hingga berbagai mesin berat. Unit-unit ini memiliki beberapa atribut yang harus kamu perhatikan. Pertama ada damage/second, dimana unit bisa mengurangi density tanah secara otomatis tanpa kamu harus melakukan klik mouse. Kedua ada damage/click, dimana unit akan menambahkan damage yang bisa kamu hasilkan saat kamu mengeklik mouse. Meletakkan unit-unit ini juga merupakan satu elemen penting dan mengajakmu untuk banyak mencoba-coba, karena jika kamu kebetulan meletakkan dua unit yang tepat bersebelahan, maka kamu bisa mendapatkan poin combo.

duniaku-mustamine-3

Selain dua atribut di atas, terdapat juga beberapa atribut lain di unit yang harus diperhatikan, yaitu duration dan item chance. Duration adalah lama waktu unitmu bekerja sebelum dia akhirnya hancur dan meninggalkan permainan, sedangkan item chance adalah peluang unitmu bisa menemukan item selama dia bekerja. Kamu bisa meningkatkan atribut-atribut ini dengan artifak yang tersedia, seperti senter yang bisa menambah atribut damage/click sebuah unit. Artifak ini bisa menambahkan elemen card game di Must A Mine, karena kamu bisa mengkombinasikan artifak-artifak yang tersedia, atau mengorbankan salah satu untuk membuat artifak lainnya menjadi lebih kuat. Kamu juga bisa meningkatkan atribut dengan meng-upgrade levelnya menggunakan gold yang kamu dapatkan atau yang kamu beli dengan menggunakan diamond. Beberapa unit juga memiliki skill yang akan mempermudah tugasmu untuk menggali lebih dalam lagi.

duniaku-mustamine-4

Sebagai pengisi waktu senggang, Must A Mine merupakan salah satu game yang adiktif. Toge Productions yang selama ini kita kenal dengan grafis pixel art yang cantik juga tetap mempertahankannya dalam game ini. Musik yang mengiringi juga akan semakin membuatmu bernostalgia dengan game-game clicker jadul. Sayangnya, game ini kurang memberikan tingkat kesulitan yang mungkin bisa membuat pemain “gemas” untuk mengeklik lebih cepat. Mungkin akan lebih seru kalau Toge menambahkan mekanisme “tanah yang melawan” dalam sebuah bentuk, sehingga density tanah yang berkurang saat diklik atau perdetiknya bisa kembali bertambah sedikit demi sedikit jika pemain tidak cepat-cepat mengeklik atau tidak segera meng-upgrade unit menjadi lebih kuat.

duniaku-mustamine-5

Tertarik untuk mencoba Must A Mine? Game ini bisa kamu mainkan melalui portal Armor Games berikut ini. Saat ditemui di Game Developer Gathering 2014 lalu (baca: Game Dev Gathering 2014, Bukan Sekedar Event Kumpul-kumpul Biasa!), Toge Productions mengungkapkan bahwa mereka siap membawa game ini untuk dirilis di platform mobile.


SHARE
Previous articleTernyata ini Arti Lirik Soundtrack Stand By Me Doraemon
Next articleInikah Armor Terbaru Iron Man dalam Avengers: Age of Ultron?
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.