Kantor Yahoo Indonesia Bakal Tutup, Kenapa Netizen Malah Happy?

Yahoo-Indonesia-Akan-Ditutup

Menjelang akhir tahun, Indonesia justru mendapat kabar yang tidak mengenakkan. Yahoo! memutuskan untuk menutup kantor di sejumlah kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Yahoo! Asia Tenggara mengonfirmasi rumor ini setelah sebelumnya kantor Yahoo! Vietnam di Ho Chi Minh City sudah ditutup lebih dahulu pada kuartal ketiga tahun 2014.Kantor Yahoo! Indonesia konon akan tutup pada 14 Desember 2014.

Kami telah memberitahu karyawan kami di Indonesia bahwa kami telah membuat keputusan yang sulit untuk menutup kantor pada akhir tahun. Keputusan ini merupakan bagian dari upaya global Yahoo untuk merampingkan operasi yang akan membantu kita menjalankan (operasional) dengan cepat dan memberikan efisiensi lebih, kolaborasi dan inovasi.

 -Barsha Panda, Head Corporate Communications Yahoo India & South East Asia.

Sebenarnya tanda-tanda ini bisa dilihat sejak pengunduran diri Roy Simangunsong sebagai Country Manager dan Sales Director Yahoo Indonesia akhir Januari lalu. Bahkan posisi yang ia tinggalkan tak diisi lagi hingga saat ini. Selain isu perampingan Yahoo! yang akan memangkas biaya operasinya di Asia untuk lebih fokus ke pasar A.S. dan akan memusatkan operasinya di Asia Tenggara ke Singapura dapat dikatakan sebagai alasan lainnya.

Pihak Yahoo juga menyampaikan terima kasih kepada karyawannya di Indonesia atas semua kerja keras mereka dan kontribusi terhadap Yahoo selama bertahun-tahun ini. Mereka juga memastikan untuk tidak sepenuhnya keluar dari pasar Indonesia meskipun kantor Yahoo Indonesia ditutup.

Yahoo masih berkomitmen untuk Indonesia dan kami akan terus memberikan produk berkualitas dan pengalaman lebih bagi pengguna dan pengiklan di sini. Produk dan layanan Yahoo untuk pasar ini akan terus didukung dari kantor regional kami di Singapura

Yahoo Indonesia memiliki bisnis pengelolaan berita melalui tim editorial dan penawaran slot iklan oleh tim penjualan. Namun sepertinya Yahoo! mendapat persaingan keras dari platform Google dan juga di platform Facebook yang juga populer di publik.

Bagaimana pengaruhnya terhadap Indonesia?

Tenaga Kerja

Pemutusan hubungan kerja sepertinya akan terjadi walaupun Yahoo! mengatakan akan ada beberapa penempatan karyawan di Singapura. Namun tidak ada klarifikasi yang detil berapa banyak yang masih direkrut maupun yang terkena PHK.

Produk dan Layanan

Yahoo! tetap akan meneruskan kerjasama dengan berbagai rekan di Indonesia terutama untuk produk dan layanan bagi user dan pengiklan. Namun tentunya kerjasama ini dikelola dari Singapura.

Editorial dan Artikel

Nah, ini dia…

Tampaknya dengan tutupnya kantor Yahoo! justru membuat para netizen senang. Mengapa bisa begitu? Para netizen menganggap bahwa artikel-artikel di Yahoo! News berisi konten-konten yang agresif dan provokatif. Tidak semua, memang…tapi mengingat sepanjang 2014 ini iklim persaingan politik (dan olah raga, jika mengingat ada Piala Dunia juga) sangat panas tentunya berita seperti ini jadi sangat sensitif.

Contoh-contoh kegembiraan netizen bisa dilihat di sini:

yahoo1 yahoo2 yahoo3 yahoo4

Penulis memang bukan pembaca Yahoo! News, tapi apakah memang artikelnya separah itu? Jika saja penutupan kantor Yahoo! akan membuat netizen Indonesia lebih tenang, tentu akan sangat melegakan, bukan?

Hanya saja…

Penutupan kantor Yahoo! bukan berarti masalah artikel-artikel ini akan menghilang begitu saja. Seperti yang telah diungkapkan di atas, mengenai editorial untuk Indonesia akan tetap berjalan, namun tentunya digarap dari Singapura sana. Well, kalau hanya mengirim artikel, toh tinggal kirim secara online juga beres, kan?

Tampaknya ketenangan netizen tidak akan berakhir di sini juga. Semoga saja walaupun kantor Yahoo! beranjak dari sini, akan berdampak pada perbaikan artikel-artikel di Yahoo! News juga, dan juga bagaimana mereka meramalkan cuaca di Indonesia (baca: Yahoo Ramalkan Jakarta Turun Salju).

Sumber: Yahoo! News


SHARE
Previous articleChocodays 2014 Sukses Bikin Macet Surabaya!
Next articleOperation Babel: New Tokyo, Lagi-lagi Dungeon Crawler RPG yang Eksklusif PS Vita
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.