Game 3DS Terbaik 2014!

Nintendo-3DS-Duniaku-(1)

Tahun 2014 melahirkan banyak cerita mengenai Nintendo 3DS. Sebagai salah satu handheld favorit, 3DS memiliki cerita unik tersendiri. Nintendo beberapa kali melakukan pembaruan terhadap 3DS. Dimulai dari 3DS XL yang memberikan ukuran layar lebih maknyus. Lalu muncul Nintendo 2DS yang tidak memiliki fitur 3D tetapi memiliki harga yang lebih murah. Hingga yang terakhir yakni New Nintendo 3DS yang menawarkan peningkatan performa perangkat keras atau hardwarenya. Dibalik itu semua, 3DS juga memiliki banyak game yang tidak dapat diragukan lagi kebesarannya. Berikut adalah daftar 10 game 3DS terbaik yang rilis di tahun 2014 ini versi Duniaku.net! Perhatikan bahwa daftar Game 3DS Terbaik ini tidak berdasarkan rangking dari game tersebut. Jadi bukan berarti nomor satu adalah yang terbaik.


1

Super Smash Bros. for Nintendo 3DS (Bandai Namco Games/Nintendo)


43494.super_smash_bros_3ds_1

Kehebohan game yang satu ini bahkan menginspirasi salah seorang fans di Indonesia untuk membuat versi modifikasinya. (baca: Prabowo dan Jokowi Bertarung di Super Smash Bros ) Lebih ekstrim lagi, fans diluar sana membuat versi mereka sendiri yang dapat dimainkan secara gratis di komputer kalian. (baca: Mau Main Gratis Super Smash Bros?) Tidak salah lagi bahwa game yang menyatukan para karakter bintang milik Nintendo ini pantas menjadi salah satu game terbaik di tahun 2014 ini. Bagi kalian yang ingin memainkannya, saya cuma ingin mengingatkan bahwa perhatikan cara bermain kalian baik-baik karena sudah banyak korban yang mengalami kerusakan D-pad gara-gara memainkan Super Smash Bros. 3DS!


2

Persona Q: Shadow of the Labyrinth (Atlus)


Persona-Q-Shadow-of-the-Labyrinth-Review

Atlus juga tidak ingin ketinggalan dengan Nintendo dalam mengolah karakter-karakter Persona mereka. Dalam game yang satu ini, para karakter Persona 3 dan Persona 4 dipertemukan satu sama lain (baca: Persona Q: Shadow of the Labyrinth, Bersatunya Protagonis Persona 3&4). Bagi penggemar berat Persona, hal ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Selain itu style karakter yang didesain chibi juga membuat kesan tersendiri bagi para penggemarnya. Meskipun perilisannya untuk versi bahasa Inggris baru bulan lalu, tetapi fans banyak memberikan reaksi positif akan game ini. Bagi kalian yang menggemari genre role playing, sudah seharusnya sedikit mencicipi game yang satu ini.


3

Bravely Default (Silicon Studio/Square Enix)


Bravely-Default-Gameplay

Kalau kalian membeli 3DS hanya untuk memainkan RPG, maka pertama kali yang harus kalian coba adalah Bravely Default dari Square Enix ini. Bisa dibilang game ini merupakan pemuas dahaga banyak fans Final Fantasy yang telah dikecewakan dengan Final Fantasy XIII yang tidak sesuai dengan harapan mereka (baca: Lima Hal yang Membuat Bravely Default Lebih Unggul dari Final Fantasy). Game ini dianggap sebagai penerus spiritual game Final Fantasy: The 4 Heroes of Light. Kesuksesan-nya diawali di Jepang dengan memuncaki tangga penjualan dengan jumlah 140,000. Meskipun genre RPG-nya terdengar klasik, tetapi Square Enix bekerja sama dengan Silicon Studio berhasil meracik style lama tersebut dengan sedikit modifikasi sana-sini dan membuat banyak fans puas dengan game ini.


4

Theatrhythm Final Fantasy: Curtain Call (Indies Zero/Square Enix)


characters

Square Enix memang sudah biasa terdengar mengembangkan game-game RPG. Tetapi bukan berarti mereka tidak jago meracik genre lainnya. Sadar akan betapa fans Final Fantasy menggemari musik-musik khas game mereka yang satu ini, maka munculah Theatrhythm Final Fantasy, sebuah game musikal yang beda dengan kebanyakan game Square Enix lainnya. Memanfaatkan dengan sempurna layar sentuh 3DS, game yang satu ini cocok untuk kalian sekedar ingin menikmati game kasual namun tetap heavy-content dengan banyak karakter dan musisk khas Final Fantasy-nya. (baca: Square Enix Kembali Membuka Tirai Theatrhythm Final Fantasy Pada September 2014)


5

Pokemon Omega Ruby / Alpha Sapphire (Game Freak/ Nintendo)


Pokemon-Alpha-Sapphire-and-Omega-Ruby-Demo-Coming-to-North-America-Soon-650x358

Sebagian besar para pemain 3DS saya rasa membeli konsol ini untuk menikmati salah satu game yang tidak pernah mati tergerus zaman, Pokemon. Game  RPG yang memungkinkan kita untuk menangkap dan merawat ratusan monster imut dan keren ini sangat digemari mulai dari kalangan anak-anak bahkan hingga yang dewasa sekalipun. Game Freak selalu berhasil mempertahankan para fans lama Pokemon dengan tetap menarik pemain-pemain baru, meskipun hanya sedikit inovasi-inovasi yang diterapkan dalam game-game terbaru mereka. Di Jepang sendiri Pokemon memiliki pesaing baru, Yokai Watch. Kita nantikan saja apakah judul yang satu ini juga bisa menggeser Pokemon di dunia.


6

Professor Layton and the Azran Legacy (Level 5)


ProfLayton01

Game puzzle dari Level-5 yang merupakan edisi keenam dari seri Professor Layton ini dikatakan oleh CEO Level-5, Akihiro Hino, sebagai seri Layton terakhir yang menampilkan Professor Layton sebagai tokoh utamanya (baca: TGS 2012: “Legacy of Super Civilization A” Menjadi Aksi Terakhir Profesor Layton). Game yang baru dirilis untuk barat di bulan Februari tahun 2014 ini memang merupakan salah satu game teka-teki paling ditunggu-tunggu oleh banyak fans 3DS. Mengasah otak melalui teka-teki Professor Layton sangat digemari oleh berbagai kalangan. Bayangkan saja, hingga 500 lebih puzzle baru disediakan dalam game ini dibandingkan dengan prekuelnya. Siapa yang bakal bosan kalau setiap waktu selalu disuguhi tantangan-tantangan baru.


7

Kirby: Triple Deluxe (HAL Labs/Nintendo)


Kirby-3DS-Dated-JP

Game yang satu ini merupakan yang ketigabelas dari seri game Kirby. Salah satu maskot milik Nintendo yang tidak kalah populer dengan Mario. Game Kirby yang satu ini memperoleh banyak pujian di berbagai macam aspeknya, seperti desain level, grafis, soundtrack, penggunaan 3D, kontrol, serta impresi bermain yang sulit untuk dilupakan. Mungkin bagi Citizen yang ingin suatu game yang aman bagi konsumsi anak-anak, Kirby: Triple Deluxe bisa menjadi pilihan. Gameplay-nya sederhana namun dibalut dengan grafis yang menawan. GameSpot memberi nilai 8/10 untuk Kirby: Triple Deluxe.


8

Professor Layton VS Phoenix Wright Ace Attorney (Level 5/Capcom)


Professor-Layton-vs-Phoenix-Wright-Ace-Attorney

Kolaborasi dua genre yang unik. Keduanya memang sama-sama mengangkat teka-teki dalam permainannya. Namun sangat berbeda satu sama lain. Karakter-karakter yang juga memiliki daya tariknya masing-masing membuat para fans berbunga-bunga saat mendengar ada kolaborasi unik antara keduanya ini. Profesor Layton dan pengacara Phoenix Wright. Di dalam game ini sendiri, skenario cerita dibuat oleh Shu Takumi, sutradara seri Ace Attorney. Bayangkan saja, perlu waktu dua tahun agar game ini memperoleh versi baratnya. Ya, di Jepang game ini telah dirilis di tahun 2012. Sudah sepantasnya game yang satu ini memperoleh tempat sebagai game terbaik 3DS di tahun 2014 ini.


9

Fantasy Life (Brownie Brown/Level 5)


fantasylife1

Sama seperti Proffesor Layton Vs Phoenix Wright, game andalan dari Level-5 ini juga memerlukan waktu dua tahun untuk menembus pasar barat (baca: E3 2014: Setelah Menunggu Selama 2 Tahun, Akhirnya Fantasy Life Keluar Jepang). Game yang awal mulanya dikembangkan untuk NDS ini memang terbilang salah satu RPG terunik tahun ini. Banyak profesi yang jarang sekali terdengar di genre-genre sejenis, seperti Carpenter, Tailor, Woodcutter, dan banyak lainnya yang melambangkan pekerjaan sehari-hari (baca: Fantasy Life, Ketika RPG Menyatu Dengan Kehidupan Sehari-hari). Memang gameplay-nya sendiri terbilang unik, sudah seharusnya bagi penggemar RPG untuk menjajal game yang satu ini.


10

Tomodachi Life (Nintendo)


1a3bf635fa2cde8a1a0df5496b1b7f2da86c2abe

Sudah bosan dengan game-game pertarungan? Maka Nintendo memberikan sebuah game life simulation bagi teman-teman yang menyukai genre kasual. Meskipun kehadiran game ini sempat kalah pamor oleh Animal Crossing, setidaknya penjualannya tidak kalah sukses. Hingga bulan September 2014, 3 juta lebih unit game sekuel dari Tomodachi Collection ini terjual di berbagai belahan dunia. Ini bukti bahwa sebenarnya diluar sana masih banyak gamer-gamer yang berharap akan game-game sejenis ini. (baca: Nikmati Simulasi Kehidupan Karakter Mii-mu di Tomodachi Life)

Nah bagaimana nih, menurut citizen Game 3DS Terbaik 2014 versi kalian seperti apa?

NEXT -> 10 Game Xbox 360 Terbaik 2014!