10 Detail Baru Final Fantasy XV yang Kalian Belum Tahu!

Final-Fantasy-XV-11

Square Enix benar-benar memanfaatkan event Jump Festa 2015 yang berlangsung akhir pekan ini dengan membawa banyak detail baru untuk Final Fantasy XV. Kemarin, kita sudah disuguhi dengan pengenalan karakter baru, Cindy atau Cidney plus trailer baru dari game ini (baca: Siap-siap, Seorang Cewek Seksi Bakal Hadir di Final Fantasy XV). Selanjutnya, Square Enix juga membawa kabar gembira kepada penggemar Final Fantasy dengan mengkonfirmasikan kehadiran satu demo yang nanti bisa didapatkan gratis tanpa harus membeli Final Fantasy Type-0 HD. (baca: Gak Perlu Beli Type-0 HD untuk Main Demo Final Fantasy XV)

10 Detail Baru Final Fantasy XV yang Kalian Belum Tahu!

Pengen tahu lebih banyak tentang Final Fantasy XV? Yuk masuuuk!

Abaikan

Seakan ingin menjelaskan apa maksud dari elemen yang mereka tampilkan dalam trailer di atas, kali ini, Square Enix memberikan banyak detail baru mengenai gameplay dan beberapa elemen pentingnya. Yuk kita simak satu per satu!


1

Ya, Titan Akan Muncul di Game Ini


Titan Final Fantasy XV

Melihat sosok raksasa di akhir trailer? Benar, itu adalah Titan yang akan muncul dalam game ini. Titan akan memegang peranan penting dalam game ini, namun tidak akan muncul dalam versi demo (baik Episode Duscae, maupun Tryout Tech Demo yang bisa didapat gratis). Titan merupakan satu dari Summoned Beast yang bisa kamu rekrut setelah kamu berhasil mengalahkannya. Square Enix mengungkapkan bahwa Titan akan muncul secara dinamis (entah apa yang dimaksud dinamis di sini, mungkin dalam beberapa bentuk?).


2

Bakal Minim Layar Loading!


Final-Fantasy-XV-2

Saat menjelajahi kota, kamu tidak akan sering dihadapkan dengan layar loading. Namun Square Enix belum bisa menjanjikan, apakah hanya saat menjelajah kota saja kita akan jarang (atau bahkan tidak sama sekali) menemui layar loading atau di lebih banyak elemen gameplay lainnya. Mereka berusaha keras untuk membuat game ini akan sangat minim layar loading. Untuk demo Episode Duscae nantinya, Square Enix bahkan menjanjikan bahwa tidak akan ada layar loading sama sekali saat dimainkan!

Oiya, kota yang kamu lihat dalam trailer di atas bernama Restarg, dan dikisahkan akan memegang peranan penting dalam keseluruhan kisah. Kota ini sangat besar (meskipun bukan yang terbesar) dan dikelilingi oleh para Titan. Kamu bisa beristirahat dan makan di hotel yang tersedia. Kota lain yang cukup penting adalah Insomnia, ibukota dari Kingdom of Lucis, tempat dimana Noctis adalah pangerannya.


3

Banyak Anggota Party Sementara


Final-Fantasy-XV-14

Nantinya akan ada beberapa anggota party yang hanya bergabung secara sementara saja sebagai guest. Salah satunya adalah General Cor Leonis yang akan bergabung dan bertarung bersamamu beberapa saat. Dia bukanlah teman dari Noctis maupun anggota party lainnya, tetapi merupakan salah satu rekan dari ayah Noctis.


4

Pentingnya Istirahat yang Cukup!


Final-Fantasy-XV-3

Tidur merupakan salah satu elemen penting dalam game ini. Jika kamu berpetualang terlalu lama tanpa tidur, peningkatan status dari makanan maupun item-item lain akan kehilangan efeknya. Implementasi elemen ini dimaksudkan Square Enix untuk memperlihatkan bahwa karakter dalam game ini sama dengan manusia normal. Kamu bisa makan saat berkemah untuk mendapatkan efek status tambahan. Jika kamu tidak tidur lebih dari tiga hari, maka kamu akan sering melihat status-status negatif di karaktermu!


5

1 Hari di Game = 1 Jam di Dunia Nyata


Final-Fantasy-XV-10

Satu hari di Final Fantasy XV sama dengan satu jam di dunia nyata. Pagi sampai sore hari akan sama dengan 40 hingga 45 menit waktu kita, sedangkan 15 hingga 20 menit sisanya adalah malam hari.


6

Cindy Bukanlah Karakter yang Penting


duniaku-ffxvcid-1

Cindy (atau Cidney dalam bahasa Jepang) tidak akan banyak terlibat dalam kisah utama dalam game ini. Dia adalah seorang mekanik yang akan berbicara kepadamu mengenai gameplay game ini. Dia juga akan muncul dalam demo, namun masih belum diketahui apa perannya dalam demo nanti.


7

Dua Trailer Tambahan


Selain trailer utama yang bisa kamu simak di atas, Square Enix juga merilis dua trailer lain yang ditampilkan secara terpisah. Satu trailer menampilkan Cindy, satunya lagi menampilkan bagaimana eksplorasi kota dalam game ini. Simak dua trailer tersebut berikut ini.

Cindy Footage

10 Detail Baru Final Fantasy XV yang Kalian Belum Tahu!

Pengen tahu lebih banyak tentang Final Fantasy XV? Yuk masuuuk!

Abaikan

Town Exploration

10 Detail Baru Final Fantasy XV yang Kalian Belum Tahu!

Pengen tahu lebih banyak tentang Final Fantasy XV? Yuk masuuuk!

Abaikan


8

Jangan Lupa Masak!


Tidur dan makan adalah dua hal yang sangat penting. Kamu bisa membeli atau menemukan berbagai macam bahan masakan dan memasak saat camp. Dengan memakan makanan ini, kamu bisa mendapatkan banyak efek positif, sedangkan tidur yang cukup bisa menjaga efek positif tersebut agar tidak cepat hilang.


9

Bukan Cuma Noctis yang Bisa Mengeluarkan Magic


Final-Fantasy-XV-13

Di awal pengembangan, Square Enix memutuskan hanya Noctis yang bisa menggunakan magic. Namun seiring dalam pengembangan, mereka mengubah keputusan tersebut, sehingga semua anggota party nantinya bisa menggunakan magic. Magic sendiri bukan hal yang menjadi prioritas pengembangan utama, karena Square Enix ingin mengembangkan banyak variasi gameplay lain saat ini, salah satunya adalah Summoned Beast.


10

Capek Jalan Kaki? Naik Kereta Aja!


Kereta akan menjadi salah satu transportasi penting yang bisa kamu gunakan. Kamu bebas memilih apakah ingin berkeliling dengan menggunakan kereta, ataukah lebih memilih untuk berjalan kaki.

Demo dari Final Fantasy XV sendiri akan terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah Episode Duscae yang bisa kamu dapatkan dengan membeli Collector’s Edition atau versi Day One dari Final Fantasy Type-0 HD (baca: Cukup Punya Final Fantasy Type-0 HD dan PS4 Warna Merah Ini untuk Mainkan FF XV). Sedangkan yang kedua, yang baru saja dikonfirmasikan akhir pekan ini adalah Final Fantasy XV Tryout Tech Demo (judul tentatif) yang nanti bisa kamu dapatkan secara gratis dan akan dirilis setelah Episode Duscae. Keduanya akan memiliki konten yang berbeda satu dengan yang lain.

duniaku-ffxv-2

Final Fantasy XV saat ini masih dalam tahap pengembangan, dan belum ada jadwal rilis resmi dari Square Enix. Jika kamu pengen tahu lebih banyak lagi, jangan lupa baca preview kami sebelumnya (baca: Fakta Terbaru Final Fantasy XV yang Belum Kalian Ketahui)

[Sumber: Siliconera/Gematsu]