Mahasiswa ITB Lulus Cumlaude Berkat Hero Cewek Dota 2 !!

featured

Kabar menginspirasi kembali muncul di linimasa jejaring sosial. Kali ini seorang mahasiswa pascasarjana ITB lulus dengan menyelesaikan thesis bertema hero cewek Dota 2. Mahasiswa yang menginspirasi ini bernama Guguh Sudjatmiko, seorang staf pengajar di Universitas Negeri Surabaya atau UBAYA.

Thesis yang mengambil tema “Representasi Kekuatan Dalam Hero Perempuan Dalam Permainan Dota 2” ini sukses mengantarkan Guguh meraih gelar Magister dengan gelar Cumlaude. Dalam membuat thesis ini Guguh menggunakan metode analisis struktur dengan intepretasi semiotik.

Dalam studi yang juga menggunakan telaah mitologi ini, Guguh mengambil contoh hero dota 2 Mirana yang dibedah dari perspektif maskulin dan feminim. Kemudian dicocokkan dengan representasi fisik yang cantik namun dikombinasikan dengan kelihaian menunggang srigala ganas.

thesis dota 2

Dalam interview kami dengan Guguh, thesis ini terinspirasi fenomena kerapnya penggunaan hero perempuan dalam setiap sesi permainan di lingkungan rekan sejawatnya. Selain itu Guguh juga mengamati penggunaan hero perempuan lebih sering mengantarkan kemenangan dibanding hero laki laki.

Oleh Guguh disebutkan juga bahwa penggunaan hero perempuan juga layak dipertimbangkan game developer Indonesia karena lebih menarik gamer laki laki, terutama oleh kelompok usia remaja atau dewasa muda.

Nah, mungkin inilah salah satu bukti bahwa seringkali hobi dan kesuksesan bisa berjalan seiring dan senada. Lalu, bagaimana pendapat citizen ?

image : dotafire.com, facebook.com