Film Terbaik 2014!

Captain America: The Winter Soldier

Rasanya sepanjang tahun ini kita dibombardir oleh film-film superhero adaptasi komik Marvel (dan juga untuk enam tahun kedepannya). Jadi jangan heran kalau dalam 10 film terbaik 2014 ini terdapat 4 diantaranya adalah film adaptasi komik Marvel. Berikut ini adalah daftar 10 film terbaik 2014 versi Duniaku.net. Oh, dan perlu dicatat bahwa nomor urutnya tidak menentukan peringkatnya ya? Jadi belum tentu nomor 1 adalah yang terbaik.


1

Guardian of the Galaxy


Guardians of the Galaxy 1

Film yang awalnya sempat membuat saya bertanya-tanya apa itu Guardian of the Galaxy? Saat pertama posternya muncul pun, saya sempat berpikir ah mungkin film ini mirip Star Wars atau mungkin Star Trek. Tapi setelah filmnya muncul, ternyata sama sekali berbeda! Dan semenjak itu saya baru tahu kalau film adalah adaptasi komik Marvel (kudet!!). Guardian of the Galaxy adalah sebuah tim superhero luar angkasa, pendek kata bisa dibilang sebagai Avengers-nya luar angkasa. Marvel sendiri patut diacungi jempol karena berani ambil resiko membuat sebuah film adaptasi komik yang tidak begitu dikenal (jika dibandingkan dengan Iron Man, Hulk, dan Thor). Saya sendiri menantikan sekuelnya dan superhero apa lagi yang bakalan muncul dalam Guardian of the Galaxy 2. (Baca: 9 Karakter Yang Kita Nantikan Kemunculannya Dalam Guardian of the Galaxy 2).


2

Big Hero 6


big-hero-6-science

Mungkin sebagian dari kamu ada yang belum tahu, tetapi Big Hero 6 sebenarnya adalah adaptasi dari komik Marvel! (Untuk Versi Marvel, Baca: The History of Big Hero 6). Big Hero 6 berkisah tentang hubungan antara robot perawat gendut dengan tubuh seperti jeli (Baymax) dan ABG jenius pencipta robot (Hiro) serta teman-teman nya untuk menghadapi ancaman dari musuh misterius bertopeng kabuki. Film besutan Disney ini sangat bagus dan mampu meramu adegan action superhero ala Marvel dengan cerita khas Disney yang menyentuh (siapkan tisu ketika menonton). Big Hero 6 sendiri bisa dibilang sukses, dalam minggu pertamanya bahkan mampu menggusur film Interstellar dari tahtanya. (Baca Juga: Big Hero 6 Sukses Memaksa Interstellar Turun Tahta!)


3

Interstellar


Interstellar 3

Sebelum diturunkan dari tahtanya oleh Big Hero 6, Interstellar duduk cukup nyaman di puncak tangga Box Office. Film yang digarap oleh Christopher Nolan ini sangat kental dengan nuansa Sci-Fi. Tak tanggung-tanggung, Nolan sendiri sampai berkonsultasi pada ahli astrofisika untuk membuat film ini. Tetapi jangan takut bingung, karena kami punya panduan untuk melihatnya. (Selengkapnya baca: Review Interstellar: Jangan Takut Bingung Saat Nonton, Ini Pegangannya!) Interstellar bercerita tentang masa depan, ketika bumi mulai rusak dan terlalu banyak manusia kelaparan. Sang tokoh utama Cooper dan astronot lainnya diberi tugas untuk mencari planet pengganti bumi dengan memasuki sebuah wormhole.


4

Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno/The Legend Ends


Rurouni kenshin the legend ends (1)

Satu-satunya film live-action Jepang yang masuk ke dalam list ini. Sebenarnya Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno/The Legend Ends adalah dua buah film. Yang Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno dirilis pada 1 Agustus 2014, sementara Rurouni Kenshin: The Legend Ends rilis 13 September 2014. Ah, tapi kita jadikan satu saja ya disini? (Maksa). Rurouni Kenshin atau lebih dikenal sebagai Samurai X di Indonesia, pada film ke-2 dan ke-3-nya ini meneruskan cerita pertamanya dimana Kenshin akan berhadapan dengan salah satu villain ikonik dalam manga-nya: Light Yagami Shishio! Selain itu kemunculan Juppongatana, kelompok yang berisikan ahli-ahli beladiri, bentukan Shishio juga membuat film ini sangat keren! Film ini cocok baik untuk penggemar manga dan anime Samurai X maupun mereka yang suka dengan film-film Samurai.


5

X-Men: Days of Future Past


X-Men

Sukses dengan film pertamanya, Fox merilis sekuel X-Men: First Class dengan X-Men: Days of Future Past. Film ini sendiri menceritakan Wolverine yang kembali ke masa lalu untuk menghentikan pembuatan Sentinel, robot pemburu mutant yang telah membunuh hampir semua mutant yang ada pada masanya. Yang membuat film ini menarik adalah kembalinya pemain-pemain lama dalam film X-Men terdahulu, dan juga diperkenalkannya mutant-mutant lain seperti Sunspot hingga Bishop. Mutant yang paling keren? Tentu saja: Quicksilver! Saya berharap dia bakalan muncul dalam sekuelnya, X-Men: Apocalypse. (Baca Juga: Line-Up 10 Mutant Yang Kita Nantikan Kemunculannya Dalam X-Men: Apocalypse)


6

Captain America: The Winter Soldier


Captain America

Captain America: The Winter Soldier menurut saya jauh lebih baik daripada yang pertama (meskipun yang pertama pun bagus). Special effect dibuat seminimal mungkin, dan adegan aksi lainnya dimaksimalkan sehingga membuat film ini terlihat lebih real dan seru. Dalam film ini diceritakan bahwa musuh kali ini berasal dari dalam tubuh SHIELD sendiri. Steve Rogers pun kembali mengenakan kostum Captain America dan menyelidiki siapa musuh sebenarnya. Petualangan Captain America tidak hanya sampai disini, masih berlanjut ke dalam Avengers: Age of Ultron hingga Captain America: Civil War. (Baca Juga: Captain America: Civil War, Apakah Itu Civil War?)


7

The Babadook


jennifer-kent-babadook-2014-05-06-004-review-the-babadook-2014

Jarang-jarang lho, film horror bisa masuk ke dalam jajaran best film 2014! Mau bagaimana lagi, Babadook adalah film horor psikologis klasik yang mampu menceritakan kisahnya yang gelap, suram dan juga epik. Meskipun banyak adegan yang bikin merinding, tetapi hal paling ‘horror’ dalam The Babadook tercipta dari cerita tragis masa lalu karakter dan juga psikologis mereka daripada kemunculan makhluk supernatural Babadook. The Babadook sendiri menceritakan kehidupan single mother, Amelia dan anaknya, Samuel. Kondisi mereka saat itu sedang sulit baik secara ekonomi dan juga psikologis. Kondisi tersebut semakin diperparah ketika Samuel menemukan sebuah buku berjudul Mister Babadook. Samuel menjadi takut terhadap Babadook dan sifatnya pun perlahan-lahan berubah. Dia bahkan sampai membuat banyak sekali jebakan ala Home Alone tetapi sangat mematikan dirumahnya sendiri.


8

Stand By Me Doraemon


Stand By Me Doraemon

Film yang paling ditunggu-tunggu para pecinta robot kucing Doraemon. Stand By Me Doraemon menceritakan tentang Doraemon yang dikirim kembali ke masa lalu untuk membuat Nobita bahagia. Film ini sendiri mengambil cerita dari 5 bab dalam manga Doraemon. Sayangnya, ketika masih hangat-hangatnya Doraemon tayang di Indonesia, eh muncul link bajakannya. (Baca: Stand By Me Doraemon Bocor di Internet, Attack on Titan dan The Last Naruto Movie Terancam Batal Tayang!)


9

Edge of Tomorrow


Edge-of-Tomorrow-1

Edge of Tommorrow adalah sebuah film sci-fi dimana manusia berperang melawan alien. Akting apik Tom Cruise memerankan Major William Cage tentu saja tidak diragukan lagi. Ceritanya sendiri seperti semacam time-travel, dimana William Cage selalu kembali hidup (seperti bangun dari tidur) setiap kali dia mati ketika berperang melawan alien. Satu-satunya yang sangat saya sayangkan adalah kenapa judulnya tidak tetap seperti novel karangan Hiroshi Shikurazaka sumber film ini diadaptasi? Karena menurut saya judul All You Need Is Kill itu keren banget!


10

The LEGO Movie


The-Lego-Movie

Justice League dalam bentuk LEGO, mungkin itu perumpaan yang tepat untuk The Lego Movie. Bukan, bukan, film ini bukan film tentang Justice League tapi dalam bentuk LEGO, melainkan sebuah film tentang manusia-manusia berbentuk… LEGO? Banyaknya tokoh ikonik dari film lain berkumpul menjadi satu dalam The Lego Movie inilah yang membuat saya berkata kalau film ini semacam film Justice League (atau mungkin Avengers?) dalam bentuk LEGO. Cerita movie ini mengambil setting di Lego Universe. Seorang penyihir bernama Vitruvius mencoba untuk melindungi sebuah superweapon bernama Kragle dari Lord Business. Dia gagal, tetapi meramalkan bahwa akan muncul seseorang yang mampu mengentikan Lord Business dan Kragle-nya. Seperti yang kalian duga, orang tersebut adalah tokoh utama dalam movie ini: Emmet Brickowski. Dibantu dengan tokoh ikonik lainnya seperti Bruce Wayne (Batman), Emmet Brickowski berusaha untuk menyelamatkan Lego Universe dari Lord Business.

Setuju dengan list ini? Ataukah kamu punya judul-judul movie lainnya?

NEXT -> 10 Game Android Terbaik 2014!