Game iPhone iPad Terbaik 2014!

Mobile-Game-3

Tahun 2014 akan segera berakhir. Selama satu tahun ini, platform iOS kembali mengukuhkan diri sebagai platform game mobile yang paling cepat mendapatkan game terbaru. Meskipun jeda waktu timed exsclusive makin pendek dibandingkan Android, namun ada banyak game yang dipastikan hadir entah itu sebagai versi beta, atau sudah dirilis full vesrsion-nya lebih awal di platform Apple. Sebut saja Monument Valley, kemudian 80 Days, atau yang sejauh ini masih eksklusif iOS Monster Hunter Freedom Freedom Unite. Selain itu, iOS juga mendapatkan banyak game bermutu tahun ini, baik game-game yang benar-benar baru dan untuk platform mobile, maupun game yang sekadar remake dari versi yang sebelumnya hadir di konsol atau handheld. Diantara sekian banyak game berkualitas yang hadir untuk iOS, kali ini Duniaku memberikan daftar sepuluh game yang layak menyandang gelar Game of The Year di tahun 2014 ini versi kami. Oiya, kami tidak membuat daftar ini berdasarkan ranking yang terbaik. Jadi bukan berarti game yang bernomor kecil lebih baik dibandingkan game yang bernomor lebih besar. Apa saja Game iOS Terbaik selama setahun terakhir? Yuk langsung kita simak!


1

Hearthstone: Heroes of Warcraft (Blizzard Entertainment)


Hearthstone-2

Trading card game sudah diakui menjadi genre yang pas untuk mobile, karena memiliki unsur collectible, dan kontrol yang lebih mudah dikendalikan melalui perangkat berlayar sentuh — didukung dengan mekanisnya yang juga sederhana namun adiktif, membuat siapa pun bisa mudah memainkannya. Gabungkan dengan kartu yang terinspirasi dari dunia World of Warcraft, maka Blizzard sudah mendapatkan satu sumber cash in lainnya selain game-game PC mereka yang juga menurun karena gerusan game-game mobile. Hearthstone: Heroes of Warcraft ini bisa jadi sumber pemasukan baru mereka, karena meskipun dirilis gratisan sebagai game digital collectible card game (CCG), ternyata sejauh ini sudah ada lebih dari 20 juta pemain Heartstone di seluruh dunia. Sayangnya, baru untuk tablet saja, atau smartphone raksasa dengan layar minimal 6-inchi. Versi smartphonenya baru hadir awal 2015 mendatang. Dan seperti game berbasis kartu lainnya, kalian bisa mendapatkan kartu baru dengan grinding (baca: sabar!), atau kalau mau cepat, ya beli booster melalui IAP.


2

Monument Valley (ustwo)


Monument-Valley-4

Singkatnya, Monument Valley ini jenis yang langka, karena memiliki nilai seni yang tinggi. Visualnya mungkin bukan favorit kalian yang lenbih menilai grafis 3D modern, namun bagi kami, artwork-nya sangat cantik, dan berlama-lama melihatnya, ditemani musiknya yang lembut, bisa menjadi alternatif mengusir rasa penat di kepala. Namun karena memang esensinya game puzzle, untuk menyelesaikan game yang tergolong singkat ini kalian juga butuh berpikir. Struktur yang menjadi setting tiap charter bisa dimanipulasi dengan memutar, atau menggeser obyek lain yang berhubungan dengannya, sampai memanipulasi sudut pandang sehingga membuat dua platform yang seharusnya tidak berubungan, bisa menyatu dan menjadi jalan. Dan saat kalian menemukan jalan tersebut, pasti juga berpikir sama seperti kami, puzzle-nya memang brilian! Visualnya sederhana, namun cantik. Musiknya memorable, hanya sayang, puzzlenya terbatas. Ekspansinya sendiri baru muncul akhir November lalu (baca: Ekspansi Monument Valley, Forgotten Shores, Dirilis di Android Minggu Ini).


3

80 Days (inkle)


80-Days-iOS

Jenis permainan gamebook memang masih jarang ditemui, namun seperti TCG, sangat pas dimainkan di platform mobile. 80 Days ini menjadi salah satu diantaranya. Judulnya sudah familiar, karena memang menjadi adaptasi novel klasik Around The World in 80 Days karya Jules Verne, yang kini terwujud ke sebuah pengalaman interaktif. Tujuannya tetap sama, mengelilingi dunia dalam waktu 80 hari. Seperti game sejenis, kalian hanya disuguhi teks yang panjang, memilih respon ketika muncul opsi, dan juga bebas menentukan mau pergi kemana. Yang kami sukai adalah visualisasi dunianya yang dibuat bergaya steampunk. Musiknya juga berubah menyesuaikan negara yang kalian kunjungi. Dan karena kalian bebas memilih mau pergi ke mana, maka setiap permainan akan terasa berbeda.


4

XCOM: Enemy Within (2K Games)


XCOM-Enemy-Within-3

XCOM: Enemy Within pada dasarnya adalah game yang sama dengan Enemy Unknown, namun ada tambahan banyak konten baru. Mekanisnya juga sama, dimana kalian akan mengendalikan pergerakan unit militer di atas peta secara turn-based untuk menghabisi para alien, sembari mengelola laboratorium penelitian alien (yang kini dibuat lebih real-time). Untuk Enemy Within ini kalian bisa berharap menemukan dua variasi alien robotic unit baru, yaitu The Seeker dan The Mechtoid. Kemudian kalian bisa dapatkan resource baru, seperti peta, musuh, senjata, serta termasuk di dalamnya, fraksi musuh baru, yang disebut EXALT. Bagi kalian yang belum memainkan versi mobile Enemy Unknown, maka XCOM: Enemy Within menjadi keempatan bagus mengenal serial strategy legendaris ini.


5

Threes (Sirvo LLC)


Threes!

Threes!, sebuah game puzzle indie ini tidak kalah adiktifnya dibandingkan game puzzle lainnya yang tampilannya lebih rumit. Dalam Threes!, kalian menggeser tile berangka di atas platform kotak-kotak untuk menggabungkan penambahan dan kelipatan dari angka tiga. Game akan berakhir ketika tidak ada lagi gerakan tersisa, dan angka pada tile yang tersisa dihitung sebagai nilai akhir kalian. Konsepnya sangat sederhana, namun tetap saja karena batasan angka tiga tadi, kalian dijamin tetap akan banyak berpikir. Mudah sekali konsepnya dipahami, namun akan sangat susah dikuasai.


6

Skylanders Trap Team (Activision)


Skylanders-Trap-Team-2

Skylanders Trap Team mengajukan pengalaman yang sama seperti versi konsolnya. Bahkan banyak yang lebih menyukai versi mobile ini, karena para kolektor figure Skylanders yang ingin fleksibel memainkannya dimana saja, justru lebih suka memainkannya secara mobile. Sama seperti versi konsolnya, gamenya sendiri menawarkan lebih dari 175 karakter playable dan lebih dari 40 musuh yang lolos dari Cloudtracker Prison yang bisa kalian tangkap. Menggunakan fitur barunya, Traptanium, kalian bisa menjebak musuh dan mengembalikannya ke Skylands. Yang palng keren adalah untuk pertama kalinya pengguna mobile bisa memainkan gameplay Skylanders sama seperti versi konsolnya, dan juga menggunakan figurine sebagai sumber munculnya karakter digital dalam game. Sayang, meskipun gamenya gratisan, namun memainkannya mutlak memerlukan Skylanders Trap Team Starter Pack yang harganya juga setara dengan paket game versi konsolnya.


7

Final Fantasy VI (Square Enix)


Final-Fantasy-VI-10

Bagi penggemar RPG, iOS menyediakan banyak pilihan. Mulai yang grafisnya 2D sederhana, pixelated untuk mensimulasikan visual 8-bit dan kesan nostalgia, sampai yang render full 3D dan memakan space sampai ratusan MB. Namun tidak bisa dipungkiri, kalau soal cerita yang menjadi inti sebuah RPG, masih belum ada yang bisa mengalahkan Final Fantasy klasiknya Square Enix yang setahun belakangan banyak di-port dan masuk ke iOS. Seperti Final Fantasy VI ini. Meskipun sekadar remake, dengan grafis yang tidak banyak perbedaannya, namun ketika kalian melihatnya bukan dari sisi visual, Final Fantasy VI adalah salah satu fantasinya Square Enix yang legendaris, dan mayoritas gamer mengaguminya karena storytelling yang hebat, roster karakter yang banyak, dan semuanya berbeda peran, memiliki perannya tersendiri di tengah plot utama. Sejauh ini, masih belum ada Final Fantasy yang menurut kami cerita, karakter dan juga, musuh utamanya, begitu memorable selain Final Fantasy VI. Merilisnya kembali di platform mobile memang tidak bisa dipungkiri cara mudah Square Enix mencari duit. Tapi untuk yang satu ini kami tidak sanggup untuk tidak mengklik tombol BUY!


8

Wayward Souls (Rocket Games)


Wayward-Souls-5

Wayward Souls mengangkat gameplay dungeon crawler dengan level yang random (juga mengingatkan kami padaDiablo) dan kematian karakter yang permanen. Karena tingkat kesulitan dan kematian permanen tersebut, Wayward Souls langsung diganjar sebagai sebuah game yang sangat menantang berkat gameplay yang cepat, dimana pertarungannya yang bergantung pada usaha kalian yang pas dalam menyentuh touchscreen serta menyapukan jari akan sangat berperan besar, selain taktik, posisi karakter ketika akan menyerang, dan juga timingnya, akan mempengaruhi seberapa lama karakter akan selamat dari kematian. Bisa dikatakan game ini adalah versi yang sangat minimalis dari Dark Souls.


9

Monster Hunter Freedom Unite (Capcom)


Monster-Hunter-Freedom-Unite

Enam tahun setelah dirilis versi PSP-nya, Capcom memberikan remake Monster Hunter Freedom Unite eksklusif untuk iOS. Semuanya sama seperti versi handheld-nya, Monster Hunter Freedom Unite mendapatkan lebih banyak misi, equipment, dsan monster dibandingkan Monster Hunter Freedom 2, serta juga mengenalkan Felyne yang membantu selama quest. Tentu saja, dirilis untuk platform yang kendali utamanya berada pada layar, beberapa penyesuaian UI dilakukan agar kalian bisa nyaman memainkannya dengan tombol on-screen tanpa mengorbankan keseluruhan pandangan mata karena tertutup jari. Dibandingkan dengan versi PSP-nya, interaksi dengan UI-nya pun dipermudah agar bisa dilakukan dengan dua jari saja. Yang paling menarik, multiplayernya bisa kalian mainkan secara online.


10

Battleheart Legacy (Mika Mobile)


Battleheart-Legacy

Jika mencari action RPG mobile untuk iOS yang adiktif, dan memiliki tingkat replay value tinggi (karena rsspon karakter pada opsi selama dialog menentukan jalan ceritanya), bisa mencoba Battleheart Legacy ini. Selain percakapan karakternya yang bisa berujung pada beberapa opsi dan menentukan kelanjutan cerita, masih ada faktor lainnya, seperti sistem class, yang bisa memicu kalian bermain kembali dengan mencoba kelas yang berbeda, meskipun selama permaina kalian bebas menentukan karakter tersebut mau menjadi seperti apa dengan mengalokasikan poin yang didapatkan pada status tertentu. Jika mau jadi penyihir yang kuat, alokasikan poin ke status yang mempengaruhi tingkat efektifitas sihir karakter, misalnya. Namun kami sendiri lebih menyukai konsep percakapannya yang bisa memberi opsi lain dari yang mungkin kita bayangkan. Quest membunuh bandit misalnya, bisa saja berujung pada buruan yang tetap hidup, karena karakter bisa bernegosiasi dengan bandit tersebut.

Kalau menurut citizen, apa sih game iOS terbaik selama 2014 ini? Tuangkan di kolom komentar ya!

NEXT -> 10 Game Indonesia Terbaik 2014!