Miris! Doraemon Stand By Me Sudah Keluar di Toko Film Bajakan!

Doraemon Stand By Me hingga saat ini masih ramai diperbincangkan banyak orang. Gara-garanya adalah satu, ada pihak yang tidak bertanggungjawab menyebarkan film mengenai robot kucing masa depan ini. (baca: Stand By Me Doraemon Bocor di Internet, Attack on Titan dan The Last Naruto Movie Terancam Batal Tayang!) Selain mengancam perilisan film-film layar lebar asal Jepang lainnya, pembocoran salah satu film yang cukup populer ini juga akhirnya diakhiri dengan kejadian lebih epik lagi. Stand By Me telah muncul sebagai format CD/DVD bajakan!

10858645_4947762108002_96180360288442990_n
Miris!

Akhirnya tidak terelakkan lagi. Doraemon buatan Fujiko F. Fujio ini menjadi salah satu korban dari parahnya dunia pembajakan Indonesia. Saya pribadi merasa fenomena ini memang selalu menjadi titik permasalahan di Indonesia. Mungkin banyak yang tidak menyangka bahwa banyak penggemar anime di Indonesia juga masih banyak menonton dan mengunduh melalui kanal-kanal online ilegal. Banyak teman-teman gamer yang juga lebih memilih mengunduh APK Android daripada harus membelinya di PlayStore. Atau mereka yang malas membeli game-game di Steam (baca juga: Saatnya Lindungi Dompet, Steam Holiday Sale Sudah Dimulai!), mencari link game PC bajakan melalui banyak situs penyedia ilegal. Bahkan gamer 3DS-pun dihadapkan dengan pilihan membeli catridge asli-nya atau membajak melalui Gateway (baca: Gateway 3DS, Flashcard Pertama 3DS yang Sanggup Menembus Tembok Region) atau Sky3DS (baca: Flashcart Sky3DS Bagai Mimpi Gamer Nintendo 3DS yang Menjadi Nyata!). Pembajakan sudah dikenal baik di Indonesia dan inilah kelemahan Indonesia.

Mungkin ini kenapa banyak yang memilih bajakan (makeuseof.com)
Mungkin ini kenapa banyak yang memilih bajakan (makeuseof.com)

Bayangkan saja, ternyata potensi akibat pembajakan DVD itu mencapai nilai 5 trilyun! Nilai ini salah satunya, menurut berita tersebut, diakibatkan karena tidak adanya tindakan tegas dari aparat hukum. Tentu saja hal ini membuat hilangnya efek jera bagi para pelanggarnya. Namun demikian bukan berarti pembajakan itu selalui negatif kok. Coba lihat fenomena Attack on Titan, anime yang pertama kali tampil hanya untuk Jepang ini ternyata memperoleh jutaan fans dari belahan dunia lainnya berkat pembajakannya di internet. Sebelumnya masih ada Sword Art Online yang juga mendapatkan kesuksesan terlebih dahulu dan mengakibatkan musim keduanya ditayangkan bersamaan dengan jadwal tayang di Jepang. Produk-produk yang sebelumnya tidak dikenal bisa menjadi sukses mendadak. Kalau kasusnya Doraemon Stand By Me, karena akses menonton hanya terbatas di kota-kota tertentu saja akhirnya pembajakan terjadi. Semua akhirnya kembali lagi ke masing-masing individu. Jadi bagaimana menurut teman-teman?


SHARE
Previous articleBoruto the Movie Bakal Bikin Fans SasuSaku Bahagia!
Next articleNgakak! Situs Daily Mail Salah Nyebutin Indonesia Jadi Filipina!
Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.