10 Game Indonesia Terbaik 2014

duniaku-gdi-1

Industri game Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Indikasinya, dari tahun ke tahun semakin banyak karya berkualitas yang dihadirkan, baik untuk platform mobile, PC, atau web based sekalipun. Bukan hanya dari segi kuantitas, dari segi kualitas pun game-game buatan developer Indonesia juga semakin meningkat. Salah satunya di ranah PC, dimana beberapa game buatan developer Indonesia sudah berhasil menembus Steam. Nah, kali ini Duniaku memilih sepuluh game indonesia terbaik 2014 dari berbagai platform. Oiya, kami tidak membuat daftar ini berdasarkan ranking yang terbaik. Jadi bukan berarti game yang bernomor kecil lebih baik dibandingkan game yang bernomor lebih besar. Apa saja game PC terbaik selama setahun terakhir? Yuk langsung kita simak!


1

Almightree: The Last Dreamer (Chocoarts)


Almightree The Last Dreamer

Satu hal yang membuat kami memasukkan game besutan Chocoarts ini dalam daftar adalah presentasinya yang sangat cantik. Desain puzzle yang disajikan pun sangat menantang, namun tidak sampai membuat pemain untuk frustasi dalam menyelesaikannya. Grafis yang cantik, dipadu dengan musik yang memorable semakin menambah nilai game ini dan menutupi sedikit masalah kontrolnya yang kurang responsif. Oiya, jangan lupakan juga story game ini yang simpel namun cukup menyentuh, yang akhirnya membuat game ini meraih gelar Best Story dalam ajang GDG Award 2014 lalu.

Link download: iTunes


2

Billionaire. (Alegrium)


duniaku-billionaire-1

Sukses dengan Pop Quiz-nya, Alegrium pun menjajal sebuah genre baru simulasi bisnis dalam Billionaire ini. Gaya grafis Alegrium yang penuh warna dan berkesan “rata” kembali memberikan ciri khas kepada game ini. Awal melihat game ini mungkin terlihat kompleks, namun hal justru memberikan edukasi bagi kamu yang ingin mulai menjalankan bisnis kecil-kecilan. Semua kelebihan tersebut seolah menutupi elemen musik yang sayangnya sangat minim dalam game ini.

Link Download: iTunes


3

DreadOut (Digital Happiness)


cover-dreadout

Mencekam, namun membuat penasaran. Itulah yang ditawarkan Digital Happiness dalam DreadOut Act 1 yang dirilis pertengahan tahun lalu. Elemen khas survival horror dipadu dengan nuansa hantu lokal yang kental membuat game ini kami rasa lebih menyeramkan dibandingkan game zombie atau alien sekalipun. Suasana mencekam tersebut dibantu dengan musik alunan Jawa yang khas plus presentasi 3D yang cantik meskipun ada beberapa model 3D yang terlihat kasar. Semakin tidak sabar menunggu perilisan Act 2-nya!

Link Download: Steam


4

Teka-teki Saku (Touchten Games)


duniaku-tts-1

Genre yang ditawarkan Teka-teki Saku memang bukan genre baru. Namun Touchten Games berhasil meramu Teka Teki Silang (TTS) klasik menjadi sebuah game TTS dengan sistem pertanyaan membuka klu yang sangat adiktif. Satu elemen inovasi paling mencolok dan menarik terletak pada platform Online 2 Offline yang memberikan insentif barang nyata kepada para pemain dengan mengumpulkan koin. Game ini pun menjadi pionir yang menjalankan platform O2O, yang lantas diikuti oleh game-game Touchten lainnya. Oiya, musik yang mengiringi juga enak didengar!

Link Download: iTunes & Google Play Store


5

Faunia Paw (Artoncode Indonesia)


duniaku-fauniapaw-0

Dari segi gameplay, game jawara Indonesia Game Show (IGS) 2013 ini menawarkan gameplay puzzle match 3 yang adiktif. Selain itu, grafis yang ditampilkan Faunia Paw juga sangat menarik, dengan warna-warna ceria dan juga penampilan avatar-avatar yang lucu. Dengan mengesampingkan kontrol yang kurang responsif, game ini memiliki paket lengkap untuk menjadi game puzzle match 3 yang adiktif dan menyenangkan untuk dimainkan.

Link Download: Google Play Store & iTunes


6

Save The Hamsters: Underground (Solite Studio)


duniaku-savehamster-2

 

Game puzzle kembali masuk dalam daftar game terbaik versi Duniaku. Kali ini, giliran Save The Hamsters: Underground yang menyita perhatian dengan deretan puzzle baru yang tidak kalah menantang dibandingkan prekuelnya yang berhasil menjadi juara kedua dalam Microsoft Imagine Cup 2013 lalu. Kami mengapresiasi bagaimana Solite Studio mengembangkan puzzle kreatif dalam game pertamanya lalu menjadi semakin bervariasi dalam game kedua ini. Plus kehadian hamster-hamster lucu juga semakin menambah daya tarik game ini.

Link Download: Windows Phone (Gratis) / Full Version


7

Jokowi Go (Generasi Optimis)


duniaku-jokowigo-4

Di tengah banyaknya kampanye hitam saat Pemilu Presiden lalu, Generasi Optimis hadir dengan Jokowi Go ini. Selain menyebarkan semangat-semangat kampanye yang positif, gameplay endless runner dari game ini juga sangat adiktif lengkap dengan multiplier dan juga power up yang membuatmu bisa melibas semua rintangan. Ditambah dengan antarmuka pemain yang user friendly dan grafis 3D yang cantik membuat game ini layak berada di daftar ini.

Link Download: Google Play Store / iTunes


8

Infectonator: Survivors (Toge Productions)


duniaku-infectonatorsurvivors-5

Meskipun baru merilis versi Early Access-nya, namun Infectonator: Survivors sudah menunjukkan pondasi gameplay yang sangat kuat. Elemen strategi berpadu dengan eksplorasi dan sistem permadeath membuat game ini adiktif dan memiliki replay value yang tinggi. Replay value yang tinggi juga semakin bertambah dengan sistem acak yang terdapat dalam event dan map. Jangan lupakan juga, ciri khas pixel art yang cantik dari Toge Productions juga masih dipertahankan dalam game ini.

Link Download: Steam


9

Vimala: Defense Warlords (MassHive Media)


duniaku-vimala-2

Meskipun sempat membatalkan kampanye Kickstarter-nya, namun hal tersebut tidak menyurutkan MassHive Media untuk merilis Vimala di akhir tahun 2014 ini. Satu hal yang menjadi nilai tambah game ini: visualnya sungguh indah! Baik dari karakter, hingga desain dungeon pun dikerjakan dengan sangat baik. Antarmuka pemain juga sangat mudah dipahami dan cocok diterapkan dalam sebuah game mobile. Meskipun terdapat kekurangan dari segi kisah dan juga sistem pertarungan yang minim variasi, namun Vimala berhasil mencuri perhatian kami untuk memasukkannya dalam daftar sepuluh game terbaik ini.

Link Download: iTunes / Google Play Store


10

Linken (Level InD)


duniaku-linken-1

Sekilas, kamu mungkin melihat Linken sebagai sebuah game yang simpel. Grafisnya memang minimalis, tetapi LevelInD berhasil mengemasnya dengan indah. Linken sangat memanjakan para penggemar game puzzle, utamanya dengan ratusan level yang disediakannya. Beberapa level terlihat mirip, namun kami mengapresiasi kekayaan ide dari Level InD yang selalu berusaha membuat level yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya.

Link Download: Google Play Store

Adakah game karya developer Indonesia lainnya yang menjadi favoritmu sepanjang tahun 2014 ini? Share di kolom komentar ya!


SHARE
Previous articleFilm The Interview Kini Bisa Ditonton Secara Streaming!
Next articleBocoran Novel Assassin’s Creed Unity: Pertemuan Pertama Arno dan Élise
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.