Di Final Fantasy XV, MP Gak Digunakan untuk Keluarkan Magic!

duniaku-ffxvnew-4

Jump Festa 2015 sudah berlalu, namun detail dari Final Fantasy XV masih saja terus bermunculan. Setelah konfirmasi mengenai kehadiran Cidney (atau Cindy) yang akan menjadi Cid wanita pertama dalam Final Fantasy (baca: Seorang Cewek Seksi Bakal Hadir di Final Fantasy XV!) dan juga berbagai detail baru (baca: 10 Detail Baru Final Fantasy XV yang Kamu Belum Tahu!), kali ini Hajime Tabata sang Director mengkonfirmasikan beberapa mekanisme baru. Salah satunya adalah pemanfaatan MP, yang nantinya justru tidak akan digunakan untuk mengeluarkan magic. Lha terus, MP untuk apa dong?

duniaku-ffxvnew-1

Hal ini disampaikan Tabata saat diwawancarai oleh Famitsu. Dalam wawancara tersebut, Tabata mengungkapkan bahwa MP nantinya akan digunakan untuk mengeluarkan gerakan spesial masing-masing karakter. Memang Tabata belum mengkonfirmasikan banyak mengenai elemen gameplay baru ini. Yang jelas, selain untuk mengeluarkan gerakan spesial, MP nantinya juga akan digunakan untuk menghindari serangan musuh. Jadi kalau MP-nya habis gak bisa menghindari serangan ya?

duniaku-ffxvnew-2

Detail kedua adalah mengenai serangan yang bisa dilancarkan oleh seluruh anggota party secara bersamaan. Dalam sebuah pertarungan, semua anggota party bisa bergabung dan melancarkan sebuah serangan spesial yang sangat kuat. Memang mekanisme masih dalam pengembangan, namun Tabata berencana untuk menerapkan mekanisme ala QTE (Quick Time Event) dimana kamu harus menekan tombol di saat yang tepat untuk melancarkan serangan. Senjata yang dibawa masing-masing karakter juga akan sangat mempengaruhi serangan spesial apa yang nantinya bisa dilancarkannya.

duniaku-ffxvnew-3

Terakhir, Tabata mengkonfirmasikan sistem summon yang akan kembali dalam game ini. Tabata mengungkapkan bahwa nantinya yang bisa menggunakan summon hanya Noctis saja. Salah satu summon yang ditampilkan dalam trailer Jump Festa 2015 kemarin adalah satu sosok Titan, yang akan bertarung di pihak kita setelah kita berhasil mengalahkannya.

Di Final Fantasy XV, MP Gak Digunakan untuk Keluarkan Magic!

Lantas, MP digunakan untuk apa dong?

Abaikan

Final Fantasy XV saat ini masih dalam tahap pengembangan, dan belum ada jadwal rilis resmi dari Square Enix. Versi demo akan dirilis tahun 2015 mendatang dalam dua versi, yang pertama adalah Episode Duscae yang bisa didapatkan dengan membeli versi awal dari Type-0 HD (baca: Square Enix Pelit! Demo Final Fantasy XV dalam Type-0 HD Dibuat Sangat Terbatas!), dan satu lagi adalah Final Fantasy XV Tryout Tech Demo yang bisa kamu dapatkan gratis tanpa perlu membeli game apapun juga (baca: Gak Perlu Beli Type-0 HD untuk Main Demo Final Fantasy XV).

[Sumber: Polygon/Gematsu]