Berkat Sains, Sekarang Kita Bisa Merayap Di Dinding Seperti SpiderMan!

spiderman thumbs

Kita mungkin tidak bisa bergelantungan melewati kota New York atau mengangkat sebuah mobil, tetapi ada satu kemampuan milik SpiderMan yang bisa kita lakukan dalam kehidupan nyata: merayap di dinding. Tim engineer dari Universitas Standford telah menciptakan sebuah glove (kaos tangan) yang membuat kita merayap di dinding layaknya SpiderMan. Berikut ini adalah video bagaimana pemimpin proyek, Elliot Hawkes, mendemonstrasikan alat buatannya.

Berkat Sains, Sekarang Kita Bisa Merayap Di Dinding Seperti SpiderMan!

It’s science b*tch!

Abaikan

Mungkin Spider-Man adalah apa yang terbesit dalam benak kita saat melihat video diatas, tetapi sebenarnya tim engineer ini menggunakan konsep kaki cicak pada glove buatan mereka. Hawkes (via Popular Mechanics) mengatakan bahwa ilmuwan telah bertahun-tahun mencoba untuk mereplika kemampuan merayap di dinding ini, tetapi masalahnya adalah menemukan ukuran bahan perekat yang tepat yang mampu menopang tubuh manusia.

Hawke juga menambahkan bahwa ada sebuah hukum fisika bernama ‘Hukum Square Cube’ yang berbunyi: “Semakin besar dirimu, semakin banyak volume yang kamu butuhkan dalam area permukaanmu supaya bisa merekat”. Cicak bisa merayap di dinding menggunakan permukaan kakinya yang lengket, cara ini juga bisa digunakan pada manusia –hanya saja, berat badan selalu menjadi masalah.

1419557840322

Untuk mengatasinya, Hawkes dan timnya menciptakan sebuah perekat kering bernama PDMS Micorwedges, dan menempelkan 24 perekat ini ke sebuah permukaan datar menggunakan pegas. Pegas ini sendiri terbuat dari “logam campuran shape-memory” yang akan melunak ketika kamu menariknya. Hasilnya, akan terlihat seperti video sebelumnya, dimana berat tubuh seseorang akan dibagian secara merata ke dalam permukaan glove. Akan tetapi, glove ini hanya bisa digunakan oleh orang yang berbobot kurang dari 200 pounds (atau 90 kg).

Ada beberapa masalah lainnya dengan glove ini. Pertama, glove ini tidak akan bekerja ketika turun hujan. Jadi kalau kamu mau beroperasi menjadi manusia laba-laba, hindari kota yang sering hujan seperti Bogor. Kedua, glove ini hanya bisa digunakan pada permukaan datar. Jadi, jangan harap bisa digunakan untuk memanjat gunung. Terakhir, semakin sering digunakan, kelengketan glove ini akan berkurang. Hal ini bisa diatasi dengan cara membersihkannya menggunakan plester atau lakban.

Sayangnya, glove ini terlalu ribet dan tidak praktis untuk dipakai. Jadi, tidak mungkin untuk digunakan saat melawan kejahatan, apalagi memanjat dinding untuk menyelamatkan seseorang yang akan jatuh. (Baca Juga: Melakukan Pelecehan Terhadap Batman, Seorang Pria Dihajar Spider-Man)

maxresdefault

Yah, paling tidak sampai glove ini dikembangkan lebih jauh, kita sudah memiliki satu alat yang bisa membuat kita jadi Spider-Man. Apalagi setelah ini? Web-shooter? Atau radar yang bisa mendeteksi bahaya seperti Spider-Sense?

sumber: CinemaBlend


SHARE
Previous articleKucing pun Ikut Merayakan Tahunnya Domba dengan Cosplay!
Next articleMenengok Kembali Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2014!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.