Gara-Gara Makan Mochi, dalam 2 Hari, 9 Orang Meninggal!

mochi

Siapa yang tidak kenal mochi? Jajanan manis Jepang ini memiliki berbagai bentuk yang imut dan rasa yang beraneka ragam, mulai dari mochi berwarna putih, isi coklat, hingga es krim mochi. Tetapi jangan tertipu dengan bentuknya, karena sebenarnya makanan ini memiliki ‘sisi gelap’.

Teksture mochi sangatlah lengket, dan selalu menjadi penyebab utama kematian yang disebabkan oleh tersedak di Jepang. Nah, mochi ini selalu menjadi ‘makanan wajib’ ketika menyambut tahun baru. Dan setiap tahun baru pula, pasti ada yang meninggal gara-gara makan mochi. Tahun lalu saja, ada dua orang yang meninggal, dan yang mengerikan adalah baru dua hari bergulir di tahun 2015 ini sudah jatuh korban: 9 nyawa melayang sementara 128 lainnya dilarikan ke rumah sakit!

choking

Secara umum, kematian yang disebabkan memakan mochi terjadi pada orang lanjut usia. Kemungkinan besar, karena korban tidak memiliki gigi yang lengkap dan karena mereka terlalu malas untuk mengunyahnya.

Tahun ini, 9 kematian yang terjadi gara-gara mochi, 3 diantaranya terjadi di Tokyo, tiga lainnya di Chiba, dan sisanya masing-masing di Osaka, Aomori, dan Nagasaki. Tokyo Fire Departement (yang juga menangani servis ambulan) sudah sejak dari dulu memperingatkan penduduk untuk “memotong mochi menjadi potongan kecil, dan saat anak kecil atau lansia memakannya, pastikan orang-orang disekitar memperhatikan mereka.”

Tentu saja atas kejadian ini, banyak Netizen Jepang yang berkomentar (yang disayangkan, beberapa komentar ada yang kurang bertanggung jawab layaknya orang Indonesia):

“I can’t believe they still choked even with all the warnings out there. What an embarrassing way to go.”

“We should probably start requiring a license to eat mochi.”

“Mochi, you’re a bigger killer than konjac jelly!“

“Mochi: ‘Yes, just as I planned….’”

“People have been saying that it’s strange yukhoe (korean raw beef with egg) is banned but mochi is still legal, and yeah, now I understand why.”

“I bet at least 1% of these are murders, forcing the victims to eat it. Probably happens every year.”

“Wait a minute, so does this mean that, before modern warnings and everything, people dying from mochi-choking was just a regular thing? Mochi… I believed in you.”

“They should start selling small-cut, special ‘Won’t-Choke-You Mochi.’ It’d probably sell really well.”

Yah, intinya, bukan berarti mochi tidak boleh dimakan. Hanya saja, seperti yang dikatakan oleh Tokyo Fire Department, jangan ditelan bulat-bulat.

sumber: rocketnews24


SHARE
Previous articleEmily Blunt TIDAK SUKA Dengan ‘Edge of Tomorrow’
Next articleKini Kamu Bisa Cek Level Psycho Pass-mu di Stasiun Shinjuku!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.