Bakal Jadi Siapa Trio The Raid di Star Wars: The Force Awakens?

The Raid Star Wars: The Force Awakens

Kemarin, para penggemar film di Indonesia mendapatkan sebuah kabar yang cukup surprise. Trio The Raid yang terdiri dari Iko Uwais (Rama), Yayan Ruhian (Mad Dog) dan Cecep Arif Rahman (Assassins) dikabarkan akan segera mengambil peran dalam Star Wars: The Force Awakens garapan J.J Abrams [baca: Trio The Raid Bakal Berlaga di Star Wars: The Force Awakens]. Meskipun sampai artikel ini ditulis belum ada konfirmasi resmi dari ketiganya maupun dari LucasFilm dan Disney (bahkan IMDB masih melabeli mereka bertiga dengan rumored), namun kabar ini membuat penulis sedikit “tergelitik” untuk memprediksikan siapa karakter yang akan mereka perankan dalam film tersebut.

Baca Juga: Terkuak! Inilah Para Karakter Utama dalam Star Wars: The Force Awakens!

Satu-satunya klu yang menjadi pegangan penulis adalah kabar yang menyebutkan bahwa ketiganya akan dilibatkan dalam sebuah scene pertarungan yang hebat dalam film tersebut. Jika meminjam istilah dari tweet yang di-posting oleh IMDB di atas, mereka akan terlibat dalam sebuah fight work dalam film tersebut. Lantas, siapa kira-kira karakter yang akan mereka perankan? Berikut ini adalah beberapa kemungkinan yang bisa terjadi.


1

Kemunculan Sosok Master Teräs Käsi


Zan dan Zu, duo bersaudara master dari Teräs Käsi
Zan dan Zu, duo bersaudara master dari Teräs Käsi

Mendengar trio The Raid yang akan bergabung ke Star Wars dan melihat latar belakang bela diri yang mereka miliki, satu hal yang langsung berada dalam pikiran penulis adalah kemunculan para master dari Teräs Käsi. Bagi yang belum tahu, Teräs Käsi adalah sebuah ilmu bela diri tangan kosong yang ada di universe Star Wars. Mendengar namanya mungkin terasa sangat Indonesia sekali ya? Kamu tidak salah meskipun Teräs Käsi sendiri diambil dari bahasa Finlandia yang berarti steel hand. George Lucas pernah mengatakan bahwa dirinya menciptakan Teräs Käsi ini karena terinspirasi dari Pencak Silat, bela diri khas Indonesia. Bahkan ilmu bela diri ini berasal dari planet bernama Palawa, mirip dengan nama huruf dalam bahasa Sansekerta.

Planet ini sendiri dikisahkan hancur setelah perang melawan para Jedi, yang membuat para penduduknya mengungsi ke planet Bunduki. Sembari mempelajari Force, penduduk Palawa sendiri menciptakan ilmu ini untuk menjadi lawan yang sepadan untuk Force. Tujuan mereka simpel, mereka tidak ingin planet mereka kembali dihancurkan menggunakan kekuatan Force para Jedi tersebut. Salah satu pengguna Teräs Käsi terbaik yang pernah muncul dalam film Star Wars adalah Darth Maul.

cover-darthmaul

Apakah nantinya trio dari The Raid ini akan memerankan para master dari Teräs Käsi mengingat latar belakang bela diri mereka adalah Pencak Silat? Siapa tahu! Mungkin juga di film nantinya J.J Abrams juga akan sedikit menyinggung perang antara Jedi dengan Palawa ini, dan memunculkan trio The Raid di dalamnya.

Star Wars: Master of Teras Kasi
Star Wars: Masters of Teras Kasi

Oiya, Teräs Käsi ini sendiri juga pernah dimunculkan dalam salah satu game Star Wars untuk PS One yang pernah dirilis tahun 1997 lalu, Masters of Teräs Käsi yang ber-genre fighting.


2

Salah Satu Jedi


duniaku-jedi-1

Kemungkinan yang lain adalah salah satu atau ketiganya akan menjadi Jedi yang muncul dalam film ini. Bukan hal yang aneh jika nantinya akan ada banyak Jedi yang muncul dalam film, toh dalam trilogi prekuel lalu George Lucas juga menampilkan banyak Jedi sehingga muncul nama-nama yang akhirnya menjadi favorit fans Star Wars seperti Mace Windu. J.J Abrams sendiri sampai saat ini juga belum mengkonfirmasikan plot resmi dari film ini, jadi kemungkinan kedua ini masih cukup terbuka.

Anoon Bondara
Anoon Bondara

Memang, gaya bertarung Jedi sedikit menyimpang dari gaya bela diri Pencak Silat yang menjadi latar belakang ketiganya. Namun kalau masih dalam konteks “bertarung”, trio The Raid penulis yakin pasti bisa memberikan sebuah scene yang natural. Atau menjadi Jedi yang memiliki kemampuan Teräs Käsi? Dalam sejarah Star Wars juga pernah mencatat ada beberapa Jedi yang memiliki kemampuan tersebut, salah satunya adalah Anoon Bondara.


3

Sith yang Menguasai Teräs Käsi


Darth-Maul-3

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Teräs Käsi bisa digunakan oleh siapa saja, salah satunya Sith. Darth Maul adalah salah satu yang pernah muncul dalam film Star Wars, dan bukan hal yang aneh jika nanti J.J Abrams kembali menampilkan sosok-sosok Sith lain yang juga memiliki kemampuan serupa dengan kemunculan trio ini.


4

Pasukan Rebel Alliance


duniaku-wedge

Kemungkinan yang cukup kecil, karena hampir tidak pernah kita melihat ada pasukan Rebel Alliance yang terlibat pertarungan yang sengit. Bahkan beberapa pasukan Rebel Alliance yang pernah mendapat sorotan seperti Biggs dan Wedge sekalipun hanya kita lihat menjadi pilot dari pesawat-pesawat tempur Rebel Alliance. Yang cocok untuk menjadi pasukan Rebel Alliance sih Iko Uwais, namun jika benar dia menjadi salah satu pasukan Rebel Alliance, tentunya tidak banyak (atau bahkan tidak ada) adegan pertarungan tangan kosong yang dilakukannya.


5

Stormtrooper Spesial


duniaku-stormtrooper

Mungkin kamu berpikir, menjadi Stormtrooper bukannya bakal lebih sering menggenggam blaster dibandingkan bertarung dengan tangan kosong? Memang benar, Stormtrooper dikenal lebih tangguh dalam menggenggam senjata daripada bertarung tangan kosong. Namun Star Wars memiliki beberapa Stormtrooper “spesial”, salah satunya adalah 17786 yang pernah muncul dalam versi game Star Wars: Master of Teräs Käsi. 17786 merupakan sosok manusia putra dari Nial Declann yang merupakan salah anggota Republik saat terjadi Clone Wars. 17786 dikenal memiliki kemampuan yang hebat dalam Teräs Käsi selain memiliki kemampuan Force yang didapat dari ayahnya.

Tentu tidak mustahil bukan bila nantinya muncul stormtrooper-stormtrooper lain yang juga “spesial” seperti 17786 dan memiliki kemampuan Teräs Käsi?

Kamu memiliki prediksi lainnya? Silahkan share di kolom komentar ya!

[Sumber: Star Wars Wikia]


SHARE
Previous articleLupakan Photoshop Untuk Edit Foto Selfie, Kini Ada Lenovo VIBE Xtension Selfie Flash
Next articleNGAKAK! Sisi Lain Dari Cosplay yang Keren dan Ideal
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.