Lenovo Konfirmasikan Jam Tangan Cerdas Pertamanya, VIBE Band VB10

VIBE-Band-VB10-2

Ajang pameran elektronik Consumer Eelctronic Show 2015 (CES 2015) yang digelar mulai kemarin hingga besok lusa di Las Vegas dimanfaatkan Lenovo untuk melengkapi hidup para gadgeter. Produsen smartphone dan komputer asal Tiongkok tersebut memang sudah memiliki Motorola [baca: Benarkah Lenovo Membeli Motorola Dengan Harga yang Terlalu Murah?], namun itu tidak membuat Lenovo santai dan absen mengenalkan produk baru awal tahun ini. Ada sepasang smartphone Android baru [Lenovo P90 Pakai Intel Atom Terbaru dan Baterai 4000-mAh, Siap Dijual di Indonesia dan juga Android Kue Lapis Lenovo Vibe X2 Pro Ini Bikin Foto Selfie Lebih Terasa Legit], sekaligus sebuah wearable berupa jam tangan [baca: Lenovo Konfirmasikan Jam Tangan Cerdas Pertamanya, VIBE Band VB10] dan juga aksesoris yang menunjang jiwa selfie kalian [baca: Lupakan Photoshop Untuk Edit Foto Selfie, Kini Ada Lenovo VIBE Xtension Selfie Flash]. Selain itu, mereka juga membawa sepasang tablet Android dengan harga murah [baca: Lenovo TAB 2A7, Tablet Android KitKat Sejutaan Ini Segera Dijual di Indonesia].

VIBE-Band-VB10-3

Lenovo merasa akan kurang jika jajaran Android mereka tidak dilengkapi seri smartwatch-nya sendiri. Dan bicara wearable device tersebut, memang sudah ada puluhan pilihan jam tangan cerdas dari berbagai merk (lihat saja sendiri di sini),  yang bisa membuat kalian bingung mau membeli yang mana. Dan karena semua produsen smartphone terjun menggarap ceruk pasar yang kecil tersebut, bisa dibayangkan, persaingan pun berkembang bukan sekadar pada menjual fungsi utama, namun ke arah style dan kenyamanan ketika mengoperasikannya. Karena itulah Lenovo mengkonfirmasikan smartwatch pertama mereka, yang jelas menarget para pengguna smartphone Lenovo, khususnya seri Vibe, yang memang diposisikan untuk pasar menengah dan atas.

VIBE-Band-VB10-4

Wearable device VIBE Band VB10 ini bukan sekadar fitness tracker untuk mencatat semua aktivitas fisik penggunanya, namun juga mampu berinteraksi dengan smartphone, seperti memberi notifikasi jejaring sosial. Dari luar, tubuhnya terbuat dari bahan metal, serta tali berbahan karet yang lembut, namun dengan total beratnya ternyata hanya 30 gram. VIBE Band VB10 juga memiliki alarm khusus seandainya kalian berjalan terlalu jauh dari smartphone yang ter-pairing dengannya, fitur yang jamak diterapkan pada smartwatch lainnya.

Namun yang asing di sini adalah layarnya, berdimensi 1.43-inchi pada resolusi 296 x 128-pixel, menggunakan layar E ink yang menguasai seluruh penampang depannya. Jenis material layar tersebut tidak membutuhkan daya baterai yang besar, dan dengan kerapatan pixel 230ppi, layar E ink tersebut juga akan tetap jelas terlihat di bawah paparan cahaya matahari.

VIBE-Band-VB10-5

Beberapa fungsi standar yang bisa mempermudah hidup kalian seperti, menampilkan isi pesan teks (maksimal 150 karakter), sehingga kalian tidak perlu repot mengeluarkan smartphone dari dalam kantong misalnya. Fitur komunikasi lainnya, VIBE Band VB10 mampu menolak panggilan masuk, dan mendiamkan ringtone smartphone, sekali lagi, tanpa perlu kalian repot mengeluarkan smartphone.

Untuk urusan daya tahan baterai, VIBE Band VB10 mampu bertahan dengan koneksi Bluetooth ke smartphone induknya terus aktif hingga 7 hari! Kemudian sebagai fitness tracker (yang memonitor berapa langkah kaki, kalori yang sudah terbakar, waktu olahraga dan juga istirahat penggunanya), VIBE Band VB10 juga memenuhi standar keamanan dari keringat atau air yang mungkin tidak sengaja mengenai tubuhnya. Lenovo juga memberikan fitur anti air dengan rating Ingress IPX7, yang artinya VIBE Band VB10 aman terendam air selama 30 menit, seperti ketika kalian ikutan mengajaknya mandi shower.

Lenovo bakal mulai menjual VIBE Band VB10 mulai April 2015 mendatang dengan harga sekitar Rp. 1,1 jutaan! Sepertinya untuk yang satu ini, kalian perlu memburunya di luar Indonesia, karena belum ada tanda-tanda Lenovo Indonesia memasukkannya ke pasar lokal. Untuk spesifikasinya bisa kalian lihat di bawah. Sayangnya, tidak disebutkan berapa kecepatan prosesor atau memory-nya, serta OS yang menjalankannya. Sedangkan menurut beberapa sumber kami yang sudah menguji coba jam tangan ini, mereka menyebutkan interface-nya yang terlalu lambat dioperasikan. Semoga saja dibenahi ketika jam tangan ini dijual nantinya.

Spesifikasi Lenovo VIBE Band VB10

  • Compatibility: Supports Android™ 4.3 and above; iOS mobile devices
  • Display: 1.43” E Ink display; 296×128 pixels (2-bit); >200ppi
  • Color: Black, Silver
  • Features: Phone/SMS/social networking notifications; Fitness functions
  • Sensor Accelerometer
  • Tracked Metrics: Steps, Calories, Distance, Sleep
  • Waterproofing: Meets IPx7 waterproofing standard*
  • Connectivity: Micro USB; Bluetooth 4.0 LE
  • Battery: Up to 7-day battery life
  • Weight: ~30g (1.06 oz)
  • Dimensions: 60 x 23.8 x 9.5mm (2.36 x 0.94 x 0.37 in)

Spesifikasi lengkapnya bisa kalian unduh dari sini.

Sumber: Lenovo


SHARE
Previous articleYuk Dukung Game Indonesia untuk Sabet Gelar Game of The Year 2014!
Next articleInikah Sosok Paul Rudd Sebagai Ant-Man?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.