2 Jam Perdana, Agent Carter Bawa Kita Ke Marvel Zaman Baheula

agent carter (9)

Salah satu serial produksi Marvel, yaitu Agent Carter, akhirnya rilis juga. Episode perdana dari Agent Carter berdurasi 2 jam terdiri dari 2 episode, yaitu ‘Now Is Not the End’ dan ‘Bridge and Tunnel’. Kehadiran Agent Carter ini memaksa fans Marvel kembali ke tahun 1940-an. Namun waspadalah, apa yang diungkapkan di sini akan terkait dengan dunia Marvel saat ini. Setidaknya, Agent Carter bersama Agents of SHIELD adalah “pengantar terakhir” menuju Avengers: Age of Ultron. Apakah kisah di sini akan memberi petunjuk ke Marvel Cinematic Universe selanjutnya?

agent carter (10)

Kisah Agent Carter kembali ke masa setelah perang dunia ke-2. Dengan tertumpasnya Nazi, Sekutu meraih kemenangan dan dunia dalam masa pemulihan pasca perang. Begitu juga dengan Peggy Carter, agen dari SSR yang banyak berperan dalam penumpasan Red Skull dan HYDRA nya. Namun masa damai tidak membuat kehidupan pribadi Peggy menjadi lebih baik. Diskriminasi gender, membuat kariernya stagnan di balik kursi administrasi, walaupun sebenarnya ia adalah agen lapangan yang tangguh. Belum lagi kehilangan orang terdekatnya, Steve Roger, masih menghantui kehidupan sehari-harinya.

Semua mulai berubah ketika salah satu temannya -atau lebih tepat, aliansinya-, Howard Stark (ayah Tony Stark), menjadi target pencarian SSR karena diduga menjual teknologi dan persenjataan Stark ke pihak musuh. Tanpa diduga, justru Howard lah yang mendatanginya.

agent carter (1)

Ia mengaku bahwa ia baru saja kebobolan dan semua eksperimen miliknya hilang. Itulah yang menyebabkan benda-benda tersebut beredar di pasar gelap. Howard Stark ingin memulihkan nama baiknya, namun tentu saja ia butuh bantuan rekan SSR nya yang terpercaya, Peggy Carter. Howard untuk sementara waktu menghilang ke negara lain untuk menelusuri penemuan-penemuannya yang beredar di pasar gelap. Sedangkan Peggy Carter akan membantunya menyelidiki keberadaan benda-benda penemuan Stark di sekitarnya.

Kejeniusan Marvel kembali diuji di sini. Jika orang-orang berpikir bahwa Agent Carter hanya akan terkait dengan Captain America, ternyata di balik itu Marvel sedang mencoba mengemas dunia Carter lebih erat dengan dunia MCU. Beberapa petunjuk yang menunjukkan keterikatan Agent Carter dengan MCU antara lain adalah:

Kaitan dengan Captain America

Flashback “kematian” Steve Roger dan beberapa drama radio tentang Captain America menjadikan hidup Peggy masih tidak lepas dari Captain America.

agent carter (3)

Ingat pintu taksi yang dipakai Steve Roger sebagai perisai? Kini taksi tersebut berkeliaran dimana-mana.

agent carter (6)

Pada alat kalibrasi VitaRay, terdapat tulisan ‘Property of A. Erskine’. Dr. Abraham Erskine adalah ilmuwan pengembang Supersoldier serum yang membuat Steve Roger menjadi Captain America.

Kaitan dengan Iron Man

agent carter (11)

Howard Stark, tentu saja, adalah ayah dari Tony Stark. Ia banyak membantu SSR dan Captain America dalam menumpas Red Skull dan HYDRA.

James-Darcy-to-play-Jarvis-in-Agent-Carter

Sepertinya kita menemukan sumber inspirasi dari J.A.R.V.I.S. – atau ‘Just a Rather Very Intelligent System’. Ternyata Howard Stark memiliki asisten bernama Edwin Jarvis. Edwin Jarvis ini memang ada di komiknya, merupakan butler dari Tony Stark dan The Avengers.

agent carter (5)

Ternyata di sini terdapat Anton Vanko pada masa mudanya. Familiar? Ya, ia adalah ayah dari Ivan Vanko atau Whiplash, villain di Iron Man 2.

agent carter (4)

 Roxxon Oil, pendahulu Roxxon Corps. yang muncul di berbagai film Iron Man. Ternyata Roxxon telah bermasalah dengan SSR sejak lama, dan mungkin akan berlanjut pada penyebab kematian Howard dan Maria Stark.

 Kaitan dengan The Avengers

agent carter (2)

Familiar dengan sosok Daniel Sousa? well, tentu saja, karena pemeran Sousa, Enver Gjokaj, juga muncul sebagai polisi di The Avengers. Apakah Sousa adalah ayah dari polisi ini? Tidak ada yang tahu.

Kaitan dengan Marvel Universe

agent carter (8)

Salah satu penghuni apartemen tempat tinggal baru untuk Peggy Carter, ada seseorang bernama ‘Mary’, yang bekerja sebagai ‘legal secretary’ di Goodman, Kurtzberg & Holliway. Percayalah, ini bukan nama asal-asalan. Dalam komiknya, terdapat sebuah firma hukum bernama  Goodman, Lieber, Kurtzman & Holliway. Nama ini berasal dari nama-nama pendiri Marvel, yaitu Martin Goodman, Stan Lee (nama lahir Lieber), Jack Kirby (nama lahir Kurtzman), danHolden Holliway. Firma hukum ini adalah tempat She-Hulk bekerja. Apakah ini petunjuk keberadaan She-Hulk?

agent carter (7)

Misteri baru di Agent Carter adalah keberadaan Leviathan. Memang masih menjadi misteri, namun apabila dikaitkan dengan Leviathan versi komik, ini akan menjadi menarik. SSR, dan nantinya SHIELD, menghadapi musuh-musuh baru yang mengancam dunia. Di Eropa Barat muncul HYDRA dalam Nazi. Dan di Rusia juga ada organisasi serupa, dan mereka bernama… Leviathan! Leviathan ini nantinya akan mendapat bantuan alien Brood untuk membuat pasukan alien monster dalam menghadapi teknologi super soldier. Familiar? Bukankah Avengers dan Agents of SHIELD sedang menghadapi isu alien yang serupa? Tentunya jika ini benar, Agent Carter akan menarik untuk diikuti!

B6xIVARCEAAvSmo

“B” for “Brood”? let’s see, then!


SHARE
Previous articleSeorang Otaku SHOCK Berat Saat Sadar Anime Favoritnya Ternyata Adaptasi Eroge
Next articleBox Art Call of Duty Kini Ada Versi Moe-nya: Call of Oniichan!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.