Perangi Lag, League of Legends Bakal Bikin Jaringan Internet Khusus Game!

League of Legends

Ya, lag menjadi satu masalah yang sangat menyebalkan saat kita bermain game secara online. Kita mungkin seringkali mengalami saat berada di tengah sebuah pertempuran seru di arena permainan, eh tiba-tiba lag datang dan membuat akhirnya kita dikalahkan musuh. League of Legends sebagai salah satu game PC dengan pemain terbanyak di dunia rupanya jenuh dengan hal tersebut, dan akhirnya mengumumkan sebuah proyek ambisius mereka: membuat sebuah jaringan internet khusus game!

Dalam pernyataan resminya, Riot Games selaku pengembang sedikit menjelaskan alasan dibuatnya proyek ini, dimana saat ini ISP (Internet Service Provider)terlalu fokus dengan perpindahan data yang besar setiap detiknya. Perpindahan data yang besar setiap detik ini bagus untuk streaming dan download, namun tidak untuk game yang hanya membutuhkan pergerakan data yang cukup kecil setiap detiknya. Untuk itu, Riot ingin membangun sebuah jaringan khusus bagi para pemain League of Legends. Tujuannya simpel, mereka ingin membuat sebuah jaringan tanpa lag yang hanya khusus dibuat bermain game, tidak terganggu dengan aktivitas data lain seperti download dan streaming.

Berikut ini adalah potongan pernyataan resmi dari Riot Games mengenai proyek ambisius mereka ini.

Currently, ISPs focus primarily on moving large volumes of data in seconds or minutes, which is good for buffered applications like YouTube or Netflix but not so good for real-time games, which need to move very small amounts of data in milliseconds. On top of that, your internet connection might bounce all over the country instead of running directly to where it needs to go, which can impact your network quality and ping whether the game server is across the country or right down the street.

This is why we’re in the process of creating our own direct network for League traffic and working with ISPs across the US and Canada to connect players to this network.

League of Legends

Yap, membaca kalimat terakhir dari pernyataan tersebut mungkin sedikit membuatmu kecewa, karena League of Legends baru berencana untuk membangun proyek ini di Amerika Serikat dan Kanada. Gamer di sana kabarnya bisa menikmati jaringan khusus anti lag ini mulai bulan Maret 2015 mendatang.

Jadi iri nih. Kapan ya jaringan serupa bakal ada di Indonesia?

[Sumber: Riot Games]