Kumpulan Adegan Yang “Dipinjam” Garuda dari Film Lain

Pada tanggal 8 Januari 2014, publik mendapatkan alternatif hiburan baru dalam bentuk film superhero Indonesia berjudul Garuda [baca: Garuda Superhero, Pahlawan Super Baru Asal Indonesia!]. Film yang mengkisahkan perjuangan Garuda menumpas penjahat Durja tersebut menjadi kini perhatian masyarakat karena kualitas filmnya.

Baca Juga: Sudah Nonton Garuda Superhero? Nih, Pendapat Netizen Indonesia!

Terlepas dari baik buruknya karya tersebut di mata masyarakat, beberapa scene di film tersebut juga menjadi bahan pembicaraan karena “dipinjam” dari film / karya lain. Yuk kita lihat adegan mana saja yang nampaknya “terinspirasi” oleh karya yang lebih dahulu ada.


1

Armageddon


adegan asteroid durja garuda meniru armageddon

Di scene awal ini nampak asteroid yang mengarah ke bumi. Adegan ini bisa jadi dipinjam dari film bertema kiamat, Armageddon pada tahun 1999.

Sebagai pembanding, kita bisa melihat video openingnya dari versi HD Blueray-nya di sini:


2

Matrix Reloaded


garuda matrix reloaded

Di scene ini nampak pesawat luar angkasa dari Durja muncul. Adegan ini mirip dengan film Matrix Reloaded saat pesawat yang dikomandani Morpheus memasuki Zion. Selain itu ada kemiripan ada juga dalam arah gerak kedua kapal ini yang mengarah ke kiri seperti di video ini


3

X-Man Origins


x man origins wade

Di scene ini nampak anak buah dari Durja mampu menebas peluru menggunakan pedang. Adegan ini sepertinya meniru Wade Wilson (Deadpool) dari X-Man Origins pada saat serangan ke markas mafia berlian.


4

Mr Incredible / Arrow


incredible arrow garuda

Pada scene ini nampak Garuda berlatih menggunakan palu godam yang ditarik. Adegan ini sepertinya terinspirasi oleh program latihan dari Mr Incredible  yaitu mengangkat barang barang berat yang tidak biasanya digunakan sebagai bahan latihan.

Menurut salah satu pembaca duniaku Vincent Limin, scene ini lebih mirip dengan adegan latihan Oliver Queen pada serial Arrow.


5

Black Widow Iron Man 2


garuda black widow black widow

Pada adegan ini nampak Zyu bersama 2 gerombolannya. Adegan ini sangat mirip dengan Black Widow di Iron Man 2.

https://www.youtube.com/watch?v=8vTmPjleI8o#t=62


6

Iron Man 3


iron man 3 mandarin garuda

Tokoh Durja King sendiri ada kemiripan dengan Mandarin dari Iron Man 2. Perbedaan hanya pada ada tidak rambutnya saja, heheheh!


7

Iron Man


garuda iron man

Pada adegan ini nampak sebuah tank dihancurkan, sepertinya terinspirasi dari adegan Iron Man vs tank di Timur Tengah. Perbedaannya adalah jenis tank nya, di Garuda sepertinya Tank yang hancur adalah Black Prince dari Inggris, sedangkan untuk di scene Iron Man menyerupai T-80 dari Rusia.


8

Iron Man 2 : Crazy Ivan


iron man 2 ivan

Di adegan ini nampaknya meniru Crazy Ivan saat masuk ke arena balap Monaco. Memang senjata yang digunakan penjahatnya berbeda karena Ivan menggunakan cemeti listrik. Namun ada beberapa kemiripan yang sepertinya bukan kebetulan.


9

Independence Day


independence-day-fighter-pilot Mirip dengan penghancuran kota oleh Alien di Independence Day

garuda independence day

Kedua adegan ini mirip dengan film Independence Day pada saat pesawat luar angkasa menghancurkan kota di bumi dan saat pesawat tempur menyerang pesawat alien. Perbedaan antara kedua film ini hanya pada angle pengambilan gambar saja.Yuk lihat bareng cuplikan dari serangan akhir di film Independence Day

 


10

Real Steel


garuda real steel

Dengan tema shadow boxing, sepertinya Garuda sepertinya terinspirasi oleh adegan dalam Real Steel.  Memang ada perbedaan, yaitu di Real Steel ada Charlie sedang berlatih dengan mitranya yaitu Atom.


11

Batman : The Dark Knight Rises


garuda-batman

Ada juga adegan yang sepertinya terinspirasi oleh Alfred.

dark-knight-rises-alfread-garuda

Dari awal memang banyak yang melihat film Garuda ini sangat dipengaruhi oleh Batman. Namun ternyata kemiripan keduanya bukan hanya pada kostum, tapi juga program latihan dan asisten dari superhero.


12

Batman Begins


garuda airplane

Selain pada seri terbarunya, kemiripan kedua film ini ada pada setting pesawat terbang pribadi, jagoan dan asistennya. Seperti terjadi di film Batman Begins saat Bruce Wayne kembali dari program latihannya bersama Ras Al Ghul.


13

Batman Arkham Origins


arkham origins

Selain versi batman layar lebar, sepertinya garuda juga terinspirasi oleh salah satu adegan di Arkham Origins.


14

Avenger


avenger garuda kemiripan

Adegan ini terjadi setelah agent Coulson mencoba merekrut Tony Stark di Stark tower.


15

Columbia Tristar


columbia tristar

Sebenernya ini bukan adegan film sih, tapi animasi bumper dari produser film ini ada kemiripan dengan Columbia Tristar.


16

Avenger : Age of Ultron


avenger age of ultron

Entah karena kebetulan atau tidak, adegan beradu tinju antara Garuda dan Durja King terinspirasi dengan pertempuran antara Hulk dan Iron Man.


17

Kamen Rider Black


kamen rider black

dan adegan berjalan setelahnya

kamen rider black garuda

Menurut salah satu pembaca duniaku, Vincent Limin, adegan saat bara masuk ke gudang ada kemiripan dengan Kamen Rider Black. Yuk lihat potongan video Kamen Rider Black dibawah ini

Kumpulan Adegan Yang “Dipinjam” Garuda dari Film Lain

Walaupun Garuda Superhero itu film asli Indonesia, sepertinya banyak meminjam scene dari film lain. Tapi tetep keren kok!

Abaikan


+

Macam Macam Iklan


Selain adegan dari film barat, sepertinya pembuat film ini banyak juga terinspirasi oleh adegan di pariwara yang sering beredar di layar kaca, apakah ini memang ditujukan untuk advertorial ?

Wogh, Bara ternyata pakai Casablanca Bodyspray

garuda irip iklan casablanca

Sepertinya gigi yang kuat juga syarat jadi superhero

garuda mirip iklan pepsodent

Dan kalau mau jadi superhero harus kuliah dulu, kalau bisa di Gundarma!

garuda mirip iklan gunadarma
Tentu saya gunakan kata kata “dipinjam” ini untuk menggambarkan bahwa film Indonesia wajib mengembalikan “pinjaman” dengan karya yang lebih mumpuni.

Lalu bagimana citizen, apakah ada adegan lain yang dipinjam dari karya yang sudah lebih dulu ada? atau ini hanya cocoklogi saja? atau malah ini terlalu maksa? Silakan tinggalkan komentar di bawah. Tapi sebelumnya, kita tonton dulu trailer film Garuda ini:

Kumpulan Adegan Yang “Dipinjam” Garuda dari Film Lain

Walaupun Garuda Superhero itu film asli Indonesia, sepertinya banyak meminjam scene dari film lain. Tapi tetep keren kok!

Abaikan


SHARE
Previous articlePejabatnya Protes Iklan Indosat, Bekasi Makin di Bully Netizen, Lho Kok!?
Next articleInilah Jagoan Cowok Paling Keren Versi Fans Elex Media!