Kumpulan Base TH 8 Clash of Clans Terbaik [Update 2015]

Clash of Clans Base TH 8

Clash of Clans atau sering disingkat CoC merupakan game yang sangat populer di Indonesia, mulai dari dirilis di Android pada tahun 2013 sampai dengan sekarang game ini selalu menempati posisi puncak dari game paling laris.

Suksesnya game ini tidak dapat dilepaskan dari gameplay yang unik dan komunitas yang begitu besar. Tidak heran kalau singgasana CoC belum dapat digantikan oleh game lain

Salah satu elemen yang unik dari game ini adalah pembangunan base. Dalam game ini pemain dituntut untuk dapat menyusun base sesuai dengan gaya bermainnya. Adapun base atau markas di CoC secara umum ada 4 macam, yaitu Trophy, Farming, Hybrid dan Clans War

TH 8 adalah tingkatan menengah di CoC dan sering menjadi sasaran empuk dari TH 9 dan 10. Sayangnya pemain biasanya kurang sabar di TH 7 dan tidak mengupgrade semua pertahanan namun langsung loncat ke TH 8. Biasanya pemain tidak sabar untuk mendapatkan DE Drill.

Untuk mengupgrade semua bangunan (minus wall), pasukan (minus DE troops) serta spell pemain setidaknya harus menghabiskan waktu sekitar 28-35 hari jika tidak menggunakan gem. Untuk upgrade ke TH 9, pemain di TH 8 harus mengupgrade semua pertahanan dan setidaknya tembok level 7.

Kali ini duniaku akan memilihkan racikan TH 8 clash of clans yang paling mantab untuk setiap gaya bermain kamu.

Trophy

Merupakan base yang ditujukan untuk mempertahankan trophy sebaik mungkin. Dalam layout ini biasanya pemain menempatkan Town Hall di lokasi yang sulit diserang oleh pemain lawan. Base trophy biasanya mempunyai spesialisasi khusus misalnya anti hog, anti dragon atau anti wall breaker

Tipe base trophy yang paling baik mampu mempertahankan tingkat kerusakan antara 40-49% sehingga pemilik markas bisa mendapatkan shield tanpa kehilangan trophy.

Fragmented

balanced

Filosofi markas ini adalah membuat lorong lorong yang nampak mudah dan tidak berbahaya untuk dilewati namun disanalah banyak kejutan menanti

Tipe base in bisa mempunyai beberapa tembok yang sengaja dibuka tapi dilindungi oleh jebakan untuk giant dan Wizard tower dengan splash damage untuk barbarian.

Dengan adanya jarak antar tembok tersebut sangat cocok untuk melawan serangan hog karena alih alih harus melewati 1  tembok, hog harus melompati 2 kali lebih banyak tembok . Penempatan Dark elixir di dekat TH, begitu juga dengan CC agar tidak mudah terpancing

Secara umum, kelemahan markas ini adalah jika menghadapi pekka atau naga dalam jumlah besar (yang sangat jarang) kecuali pada clans war

Symetry [Old]clash of clans th 8 trophy
Layout Base ini didesain untuk “menggoda” pemain menyerang penyimpanan elixir di bagian bawah markas, namun disanalah Wizard tower, Giant Bomb dan kejutan tersembunyi lain menunggu.

Jika ingin menyerang melalui sisi lain menggunakan kombinasi wall breaker dan giant, desain tembok yang menonjol di beberapa lokasi akan menyulitkan. Intinya, spam wall breaker hanya bisa menjebol maksimal 1 kompartemen sekali serang.

Serangan menggunakan naga atau balon juga akan sangat sulit dilakukan karena perlindungan simetris yang dipasang di sekeliling Town Hal. Namun secara umum serangan dari Hog rider akan sulit ditangani karena penempatan giant bomb yang sangat terbatas.

Untuk Skeleton Trap bisa ditaruh sesuai gaya bermain dan objek yang ingin dilindungi, jika ingin mencegah 2 bintang maka dapat ditaruh dekat TH. Sayangnya mortar ke 4 belum termasuk dalam desain ini, namun kamu bisa dengan mudah menggantikan salah satu cannon atau archer tower di tengah dengan mortar.

Hybrid

Tipe base Hybrid adalah kombinasi dari Farming dan Trophy, intinya adalah menaruh TH pada lokasi yang mudah dihancurkan namun menyulitkan untuk menghancurkan sisa base lainnya.

Tipe hybrid ini memang ditujukan untuk pemain yang berada pada liga yang cukup tinggi, namun tidak ingin naik ke liga yang lebih tinggi lagi.

Rotor

th a8 hybrid

Layout base ini mungkin terinspirasi dengan kincir angin, dengan layout simetri dan penempatan tower splash ditengah. Base ini sepertinya memang didesain agar penyerang hanya mendapatkan 1 bintang saja tanpa bisa melangkah lebih lanjut.

Penempatan storage di wilayah yang dilindungi splash tower akan menjamin pemilik base ini tidak kehilangan elixir atau gold terlalu banyak jika diserang

Clan War

Merupakan tipe base yang secara khusus ditujukan pada saat clans war, tipe base ini ditujukan agar pemain lawan sangat sulit untuk menghancurkan bangunan, tentu termasuk TH.

Layout war base biasanya lebih defensif daripada Trophy karena mengharapkan lawan yang lebih kuat tidak dapat menghancurkan base, atau setidaknya membuang kesempatan clans lawan sebanyak mungkin.

Perbedaan mendasar dari layout untuk trophy adalah penempatan Dark Elixir, dimana kalau pada layout Trophy DE ditempatkan di pusat pertahanan sedangkan di Clan war cenderung ditempatkan di lingkaran pertahanan luar

Menyesuaikan dengan kecenderungan gaya bermain clans lawan, biasanya salah satu objective dari clans war adalah condong untuk pertahanan anti hog.

Anti Hog

clan war th 8 anti hog

Desain ini terinspirasi dengan serangan hog yang begitu sering terjadi, dengan penempatan  giant bomb akan menjamin hog yang menyerang dari sisi kanan atau kiri akan gagal.

Penempatan spring trap antar tower juga akan membantu mengurangi 2-3 hog yang berani menyisir tower yang ada lingkaran luar.

Setelah itu penempatan mortar akan menjamin hog tidak dapat menyapu bersih pertahanan, tanpa menggunakan kombinasi penyerang lain.

Skeleton trap sengaja tidak ditaruh karena menyesuaikan gaya bermain dan persiapan yang dilakukan di clans war

Base TH 8 Anti Dragon Terkuat!

Kesal karena diserang oleh Dragon saat Clan Wars? Tenang, kita punya beberapa layout TH yang bisa menjaga Town Hall-mu agar aman dari Dragon!
Baca Juga

Cubicle

th 8 cubicle

Mirip dengan namanya, base ini terinspirasi dengan cubicle yang ada di kantor. Jangan tertipu dengan bentuknya yang sederhana dan mudah diserang dengan WB. Penempatan tembok yang mirip gerigi menjamin Wall breaker tidak akan efektif di markas tipe ini.

Keunikan lain adalah pengguanaan Wizard tower dan mortar yang ditaruh di bagian luar. Walaupun terlihat mudah diserang, pasangan kedua tower tersebut akan menjamin penyerang kehilangan banyak pasukan sebelum bisa menghancurkan salah satunya.

Selain itu 2 mortar yang ditempatkan di tengah markas akan menhindarkan markas ini dihancurkan secara menyeluruh oleh serangan hog.

Rahasia dari rancangan ini adalah penempatan ruang antar tembok antara kotak diluar dan didalam. Walaupun terlihat sederhana, rancangan ini setidaknya akan memperlambat laju dari hog.

Base Farming

Kebalikan dengan base bertipe trophy, base dengan tipe farming ditujukan untuk mudah kalah saat diserang lawan. Caranya adalah dengan menempatkan Town Hall pada lokasi yang mudah dihancurkan oleh lawan. Tujuannya adalah supaya pemain segera mendapatkan proteksi dari serangan lainnya.

Namun demikian penempatan resources sangat diperhatikan sehingga sulit sekali ditembus dan dirampok.

Tipe base ini akan sangat efektif jika pemain sedang berada di liga yang rendah untuk mencari resources. Apalagi jika jarang ada pemain level tinggi yang sedang farming

Basic Farming

Level TH 8

Farming Base TH 8 Terbaik

Layout ini memanfaatkan wizard tower dan mortar yang ditempatkan secara simetris untuk melindungi tempat penyimapanan. Dengan layout ini, setidaknya penyerang harus melewati 3 lapis tembok untuk bisa menyerang Dark Elixir. Penyerangan menggunakan wall breaker juga akan sangat sulit dilakukan karena tipe wall yang menonjol di beberapa lokasi sehingga setiap serangan hanya akan membuka salah satu kompartemen saja.

Base ini sangat efektif apabila sudah semua pertahanan sudah dimaksimalkan termasuk juga wall warna hitam. Dari pengalaman, base ini hanya dapat diserang oleh TH 9 menengah keatas.

Dalam war, layout ini cukup mudah untuk disesuaikan, tinggal memindahkan DE dan drill dan digantikan oleh TH.

Splash Waterpark

Tipe : Farming

Level : TH 8

Farming Base TH 8

Base ini disebut sebagai splash waterpark karena memang menggunakan splash damage untuk bertahan. 2 mortar untuk melindungi kompartemen storage dan didesain agak sulit untuk dijangkau. Layout ini akan mampu menyapu habis barbarian dan archer yang menyerang. Lalu wizard tower akan membantu untuk menangani segala sesuatu yang ada dalam jangkauannya.

Pertahanan udara yang terpusat akan membuat pasukan Clan Castle untuk tidak mudah dipancing. Tesla juga akan membantu melindungi penyimpanan kamu.

Lalu ada juga jebakan yang ada di depan penyimpanan yang membuat wall breaker lebih sulit untuk dapat menjangkau. Layout ini akan memusatkan serangan di 2 arah, dan harusnya titik tersebut akan mudah dipertahankan oleh Wizard Tower. Akhirnya skeleton traps akan membantu untuk membuat base ini super aman.

Disebutkan oleh inisiatornya base ini mampu menghindarkan kehilangan 2,8 juta gold dan 2,4 juta elixir per hari. Lalu base ini pernah diserang oleh 120 barbarian level 5 dan 60 archer level 5 tanpa kehilangan satu tembok pun.

Tips dan Trik Farming Clash of Clans Yang Bikin TH-mu Sejahtera!

Tidak perlu pakai banyak gem, kamu bisa dapat untung 100.000++ Gold dan Elixir!!
Baca Juga

[ads_pokkt]


SHARE
Previous articleBerkat Razer Serval, Mainin Game Smartphone Berasa Seperti Main Game Konsol!
Next articleWalah, Iklan Baru Justin Beiber Ternyata Hasil Photoshop ?