Saatnya Nostalgia! Inilah 10 Emulator Terbaik untuk Android

Emulator Terbaik Android

Dengan semua kecanggihan dan fitur yang ada dalam game dewasa ini, tentu ada saat dimana kita rindu akan masa lalu. Rindu dengan game-game klasik yang kita mainkan selagi masih anak-anak, entah itu di NES, SEGA Mega Drive, atau bahkan di PlayStation. Jika kita masih menyimpan konsol-konsol tersebut di gudang, tentu saja kita hanya tinggal mengeluarkan dan memainkannya. Namun ada kalanya beberapa dari konsol tersebut sudah rusak, dijual, ataupun hilang entah kemana. Beruntung kita memiliki gadget Android yang bisa menggantikan semua konsol klasik tersebut lewat beberapa aplikasi emulator terbaik Android.

Beberapa kali Duniaku pernah membahas bagaimana instalasi emulator di gadget Android-mu, mulai dari emulator PlayStation [baca: Nostalgia Game PSX di Android!] hingga yang lebih lama seperti NES [baca: Nostalgia Nintendo Klasik dalam Gadget Android!]. Nah kali ini Duniaku kembali menyajikan opsi sepuluh emulator terbaik Android yang bisa kamu dapatkan. Yang perlu diingat, memiliki dan meng-install aplikasi emulator ini adalah hal yang legal. Namun yang menjadi ilegal adalah bagaimana caramu mendapatkan file BIOS untuk menjalankannya dan ROM game untuk memainkannya. Jadi, do with your own risk!

 


1

RetroArch (Gratis)


RetroArch

Jika kebanyakan emulator hanya mengemulasikan satu konsol tertentu, maka RetroArch ini menggabungkan beberapa konsol sekaligus hanya dalam sebuah aplikasi, dan gratis pula! Bahkan beberapa konsol klasik yang tidak populer di Indonesia seperti NEO GEO, NEC Turbografx dan Bandai WonderSwan pun bisa diemulasikan dengan baik oleh emulator ini.

RetroArch bisa menjadi satu pilihan menarik di saat banyak emulator yang tersedia di pasaran tidak gratis. Apalagi aplikasi ini sudah mendukung penggunaan kontroler USB dan Bluetooth serta tombol virtual yang bisa dikustomisasi letaknya. Beberapa fitur standar emulator seperti save state, rewind dan forward juga disediakan. Sebuah emulator yang lengkap dan gratis!

Link download: RetroArch (gratis)


2

SuperGNES Lite/Super Retro 16 Lite (Gratis)


SuperGNES

SNES adalah salah satu konsol yang populer di Indonesia, dan jika kamu ingin nostalgia dengan salah satu konsol terlaris Nintendo ini, SuperGNES (atau Super Retro/Super Legacy) adalah satu emulator yang harus kamu coba. SuperGNES mendukung banyak format ROM SNES yang tersedia di internet, kontrol touchscreen yang bisa dikustomisasi, hingga dukungan untuk kontroler Android yang banyak beredar seperti Moga Pro.

Apalagi versi Lite dari SuperGNES bisa kamu dapatkan secara gratis. Dengan versi Lite ini, kamu sudah bisa memainkan ROM-ROM SNES yang ada di pasaran dengan baik. Akan tetapi jika kamu menginginkan beberapa fitur yang lebih “modern”, maka kamu bisa membeli versi berbayarnya dengan harga Rp 18.999. Dengan membeli versi berbayar, kamu bisa mendapatkan fitur-fitur seperti bermain multiplayer melalui koneksi WiFi atau Bluetooth, serta kemampuan untuk save state dan load state.

Link download:

Super GNES Lite/Super Retro 16 Lite (Gratis)

Super GNES/Super Legacy 16 (Rp 18.999)


3

NES.emu (Premium)


NES.emu

Banyak aplikasi emulator yang berbayar di Google Play Store. Salah satu yang terbaik adalah deretan .emu yang dibuat oleh Robert Broglia termasuk NES.emu ini. Ada harga, tentu ada rupa. Emulator NES atau Famicom ini memiliki banyak fitur menarik mulai dari dukungan kontroler sentuhan multi touch hingga dukungan untuk save state, load state dan backup ke memori eksternal dengan banderol harga Rp 46.472.

Bukan hanya itu, mungkin kamu ingin memainkan beberapa game ikonik NES yang membutuhkan hardware lain seperti Zapper gun? NES.emu ini juga bisa mengemulasikannya lho! Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, ada harga dan ada rupa…

Link download: NES.emu (Premium)


4

Mupen 64+AE (Gratis)


Mupen64+AE

Mupen 64+AE (AE = Android Edition) adalah versi port dari Mupen64Plus, sebuah emulator Nintendo 64 gratis dan open source yang tersedia untuk PC. Yap, sama dengan versi PC-nya, emulator ini pun bisa kamu dapatkan secara gratis di Android. Namun sayang, aplikasi ini masih dalam tahap in development, sehingga mungkin kamu akan kerap kali merasakan beberapa glitch, bug dan juga kontrol yang kurang nyaman saat memainkannya.

Namun dengan kekuatan open source, aplikasi ini termasuk salah satu yang cepat dalam melakukan update. Kamu juga bisa berkontribusi atau memberikan donasi guna mendukung pengembangan aplikasi ini dengan membeli versi berbayarnya yang tanpa iklan.

Link download:

Mupen 64+AE (Gratis)

Mupen 64+AE (Tanpa Iklan)


5

MD.emu (Premium)


MD.emu

Kangen dengan Sega Mega Drive? Pilihan emulator terbaik untuk konsol ini kembali jatuh kepada emulator buatan Robert Broglia, MD.emu ini. Dengan banderol harga Rp 58.499 emulator ini bisa mengemulasikan Sega Genesis/Mega Drive, Master System dan Sega CD.

Disamping memiliki beberapa fitur emulator dasar seperti save dan load state, emulator ini juga disertai dengan beberapa fitur menarik seperti dukungan kontroler enam tombol, multitap untuk empat pemain, dan juga emulasi dari gun controller. Jika kamu ingin lebih dari sekedar nostalgia dengan konsol klasik SEGA ini, MD.emu adalah pilihan utamamu.

Link download: MD.emu (Premium)

1
2

SHARE
Previous articleHideo Kojima Ubah Kalian Menjadi Ayam Dalam Metal Gear Solid V The Phantom Pain
Next articleWah, Deadpool Akan “Dimatikan” April Nanti!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.