Baru Seumur Jagung, Studio Square Enix Smileworks Surabaya Resmi Ditutup

Square Enix Smileworks

Berita yang cukup mengejutkan sekaligus menyedihkan datang awal tahun ini. Melalui pernyataan resmi di website-nya, studio Square Enix yang ada di Surabaya, Square Enix Smileworks resmi ditutup dan berhenti aktivitasnya. Cukup disayangkan memang, karena studio ini sendiri masih seumur jagung, dan baru beroperasi belum genap dua tahun sejak pertama kali dibuka [baca: Liputan Grand Launching dan Konferensi Pers Square Enix Smileworks!]. Square Enix Smileworks sendiri adalah studio yang didirikan oleh tiga perusahaan sekaligus, yaitu Square Enix Holdings Co., LTD. , Gotanda Denshi Co., Ltd., dan terakhir adalah Smile-Lab Co., Ltd di Surabaya pada pertengahan tahun 2013 lalu.

Kabar mengenai penutupan studio ini sebenarnya sempat berhembus selama beberapa bulan terakhir. Tampak tidak ada aktivitas apa-apa yang terlihat dilakukan oleh studio pertama Square Enix di Indonesia ini. Kabar ini semakin dipertegas dengan fakta yang terjadi di Surabaya sekitar bulan lalu, dimana penulis sempat bertemu dengan beberapa punggawa Square Enix Smileworks yang sudah bernaung di studio lain. Hal tersebut membuat penulis penasaran dan sempat meminta klarifikasi. Namun sayang, pada saat itu mereka tidak mau berbicara banyak perihal penutupan studio ini.

Square Enix Smileworks
Suasana saat Grand Launching-nya bulan Juni 2013 lalu

Selama menjalankan aktivitas di Indonesia, Square Enix Smileworks belum memperlihatkan “tajinya” sebagai anak cabang dari salah satu studio game besar dunia. Beberapa aktivitas yang terlihat mungkin hanya beberapa kali event untuk menjaring ilustrator baru [baca: Square Enix Smileworks Gelar 2D-3D Contest untuk Menjaring Ilustrator Berbakat di Indonesia!] dan juga beberapa kali porting game. Setali tiga uang dengan para mantan punggawanya, pihak Square Enix Smileworks yang dihubungi Duniaku pun sampai artikel ini ditulis belum memberikan tanggapan apa-apa mengenai penutupan studio ini.

Berikut ini adalah kutipan pernyataan resmi dari Square Enix Smileworks yang ditampilkan di website-nya.

Pengumuman Penutupan Perusahaan

Terima kasih atas kunjungan anda pada website kami, namun kami menginformasikan bahwa

PT. SQUARE ENIX SMILEWORKS telah ditutup, dan saat ini sedang dalam proses likuidasi.

Jika ada pertanyaan mengenai penutupan perusahaan ini, silahkan menghubungi kami melalui email di bawah ini : SQS@square-enix.com

Tentu banyak dari kalian yang penasaran, apa sih yang melatar belakangi penutupan studio ini? Duniaku sudah mencoba untuk menghubungi beberapa pihak Square Enix Smileworks namun belum ada tanggapan, dan akan memberikan update jika ada kabar terbaru mengenai penutupan ini.

Selamat jalan, Square Enix Smileworks…

UPDATE: Square Enix Jepang sudah memberikan konfirmasi resmi mengenai alasan dibalik penutupan ini! [baca: Ini Alasan Dibalik Penutupan Square Enix Smileworks Surabaya]