Josua Marbun, Jawara Pokemon Penakluk Kompetisi Nasional dari Bandung

2015 Pokemon ORAS (14)

Pada 2015 ORAS Competition & Pokemon Asia Cup Qualifier Indonesia, 11 Januari lalu di Fx Sudirman, berlangsung dengan seru [baca: Ini Dia Kejutan di 2015 ORAS Competition & Pokemon Asia Cup Qualifier Indonesia!]. Salah satu yang membuat seru tentunya adalah munculnya juara baru. Siapakah sang juaranya?

Josua Marbun, Pokemon trainer asal Bandung ini berhasil menaklukan 2015 ORAS Competition & Pokemon Asia Cup Qualifier Indonesia yang notabene adalah kompetisi berskala nasional! Josua melewati babak penyisihan dengan rekor meyakinkan, yaitu dari 7 ronde, ia mendapat 6 kemenangan dan 1 kekalahan.

Pokemon Josua (2)

Pada babak semifinal rekor kemenangan ini pun berlanjut. Di final, menghadapi Adhitya Setiawan  yang juga merupakan wajah baru, Josua pun menjalani battle dengan meyakinkan. Kemenangan pun diraih, dan Josua pun dinyatakan sebagai pemenang 2015 ORAS Competition & Pokemon Asia Cup Qualifier Indonesia! Total catatan battle miliknya adalah 9 kemenangan dan 1 kekalahan.

Siapakah Josua Marbun? Yuk kita ikuti lika-liku Josua hingga bisa menjadi juara!

Pokemon Josua (1)

Josua Marbun

Nama lengkapnya adalah Josua Sudrajat Marbun, ia berasal dari kota Medan di Sumatera Utara dan sekarang ini sedang kuliah di kota Bandung. Ia pertama kali mengenal Pokemon pada generasi ke-6. Awalnya ia belajar meningkatkan battle ratingnya yang masih kecil. Untuk itu ia sering melihat replay-replay dari berbagai kompetisi Pokemon.

Memulai dari Nol

Walaupun ia penggemar Pokemon, namun ia tidak memiliki Nintendo DS miliknya sendiri. Maka jika ingin bermain, ia suka meminjam Nintendo DS milik adiknya. Pertama kali ikut turnamen VGC di Alazka Kelapa Gading 14 Desember 2014. Dari 71 peserta, Josua menempati peringkat 34 dengan rekor 4 kemenangan dan 3 kekalahan. Hal ini membuat ia semakin mengoreksi team Pokemon bentukannya dan semakin banyak berlatih battle di pokemon showdown.

Turnamen selajutnya yang diikuti Josua adalah turnamen Pokemon di Trans Studio Mall tanggal 21 Desember 2014. Ia mencoba memakai team dengan  strategi breloom spore tailwind.Ternyata Josua keluar sebagai juara 1 pada turnamen tersebut. Berikut adalah video pertarungan final turnamen Bandung dimana Josua berhasil menjadi juara pertama.

Josua Marbun, Jawara Pokemon Penakluk Kompetisi Nasional dari Bandung

Jawara Bandung ini menaklukan kompetisi nasional! Kok bisa??

Abaikan

From Beginner to Winner

Gak nanggung-nanggung, turnamen yang diikuti Josua selanjutnya adalah 2015 ORAS Competition & Pokemon Asia Cup Qualifier Indonesia, 11 Januari lalu di Fx Sudirman. Berbagai persiapan ia lakukan bahkan belajar dari turnamen di Bandung, ia mengubah formasi team Pokemon nya dengan mengganti 2 pokemon yaitu Talonflame menjadi Suicune dan Garchomp menjadi Landorus-T.

2015 Pokemon ORAS (13)

Pada awalnya kalau hanya mencapai 5 besar saja menurut Josua merupakan pencapaian yang luar biasa. Namun nasib berkata lain, di babak penyisihan ia lalui dengan rekor yang meyakinkan. Di babak final, pertarungan yang ketat dengan Adhitya Setiawan berakhir dengan score 2-1 match of 3 dan berhasil keluar sebagai Juara pertama!

Walaupun juara, ia tetap tampak sederhana. Saat ditanyakan bagaimana perasaannya ketika menjadi juara, ia mengaku senang dan terkejut dengan pencapaian ini. Setidaknya, akhirnya Josua punya Nintendo 2DS miliknya sendiri, tidak perlu meminjam-minjam lagi!

Berikut team Pokemon andalan Josua selama  2015 ORAS Competition & Pokemon Asia Cup Qualifier Indonesia. Mungkin kamu bisa mempelajari kelebihan dan kekurangan formasi Josua berikut ini!

Kangaskhan

Zapdos

Suicune

Landorus

Breloom

Sylveon

 

[Sumber: Wind of Marbun: fX Asian Cup Qualifier 2015 1st Place Team Report]


SHARE
Previous articleIni Alasan Dibalik Penutupan Square Enix Smileworks Surabaya
Next articleTips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.