Tanggal Merah 2015, Banyak Long Weekend dan Harpitnas! Baiknya Main Game dan Nonton Film apa?

    Salah satu hal yang paling menyenangkan dari tahun 2015 ini adalah banyaknya long weekend alias Harpitnas. Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Libur Nasional dan Cuti Bersama, total ada 19 hari libur, terbagi atas 15 hari libur nasional dan 4 hari cuti bersama. Sebagian besar di antaranya jatuh pada hari Kamis, Jumat, dan Sabtu, sehingga akan banyak long weekend dan hari kejepit nasional (harpitnas).

    Tentu saja hari libur panjang seperti ini adalah momen yang baik untuk dihabiskan bersama teman dan keluarga. Traveling ke tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya, berkunjung ke rumah kakek-nenek, atau sekedar berkumpul, menghabiskan waktu bersama. Tapi kalau memang kamu tipe yang kurang suka berpergian, tentu saja menghabiskan liburan dengan hobi adalah opsi alternatif. Main game dan nonton film selalu menjadi pilihan utama.

    Berikut adalah daftar hari libur dan cuti bersama nasional tahun ini. Kami juga berikan panduan bolos cuti di harpitnas, sehingga liburmu bisa maksimal! Yuk, kita rencanakan untuk main game dan nonton film apa di tanggal merah 2015 ini!

    longweekend2


     

    Januari

    Ada dua tanggal merah, yaitu:

    • Kamis, 1 Januari 2015: Tahun Baru 2015
    • Sabtu, 3 Januari 2015: Maulid Nabi Muhammad SAW

    Jika digabung, maka ada empat hari long weekend di awal Januari ini (Jumat, tanggal 2 adalah harpitnas). Sudah kamu gunakan untuk apa long weekend perdana 2015 ini?

    Baca juga: 24 Film Pilihan Duniaku Untuk 12 Bulan Mendatang


     

    Dragon-Ball-Xenoverse-4

    Februari

    Tanggal merah di bulan ini ada satu:

    • Kamis, 19 Februari 2015: Tahun Baru Imlek 2566 Kongzili

    Tetap ada long weekend empat hari, yaitu tanggal 19 sampai 22 Februari (Jumat, tanggal 20 adalah harpitnas).
    Game yang asyik dimainkan untuk menghabiskan long weekend ini adalah dua IP baru, Evolve dan The Order: 1886, yang tampak sangat menjanjikan. Dragon Ball Xenoverse juga bisa jadi opsi yang menarik [baca: Semua Yang Perlu Kalian Ketahui Dari Dragon Ball Xenoverse Ada Di Sini!].

    Untuk film, ada Jupiter Ascending dan (ehm) Fifty Shades of Grey.

    Baca juga: 6 Fakta yang Perlu Kalian Ketahui Dari The Order 1886


     

    Final-Fantasy-Type-0-HD-1

    Maret

    Tidak ada long weekend di bulan ini. Ada satu tanggal merah, yaitu:

    • Sabtu, 21 Maret 2015: Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937

    Kalau kamu suka mengunjungi event game internasional, kosongkan jadwalmu mulai tanggal 2 sampai tanggal 8. Ada Game Developers Conference di San Francisco, California, tanggal 2 sampai 6. Dilanjut dengan PAX East, tanggal 6 sampai 8, di Boston Convention and Exhibition Center.

    Ada beberapa pilihan game menarik di bulan ini. Di antaranya adalah Bladestorm: Nightmare, Final Fantasy Type-0 HD, dan DmC: Definitive Edition. Pemilik 3DS, jangan lewatkan Code Name: S.T.E.A.M., IP baru yang tampak sangat menjanjikan [baca: Hanya di Code Name S.T.E.A.M. Abraham Lincoln Bisa Kerepotan Melawan Alien]. OH ya, bulan ini juga Bloodborne bakal hadir.

    Chappie dan In The Heart of The Sea bisa jadi pilihan nonton film bulan Maret ini.

    Baca juga: From Software Sudah Siapkan Kuburan Untuk Kalian yang Bernyali Mainkan Bloodborne


     

    Game of Thrones

    April

    Hanya ada satu tanggal merah, yaitu:

    • Jum’at, 3 April 2015: Wafat Yesus Kristus

    Artinya, ada long weekend tiga hari, mulai tanggal 3 hingga 5 April.

    Manfaatkan momen ini untuk mencicipi Dark Souls II: Scholar of the First Sin di konsol nextgen nowgen. Juga ada Mighty No. 9, penerus spiritual Megaman, yang dirilis hampir di semua konsol.

    Film rekomendasi kami di bulan April ini adalah Furious 7. Eits, jangan lupakan juga Game of Thrones season terbaru bakal tayang sejak bulan ini [baca: Ini Dia 12 Karakter “Baru” di Game of Thrones Season 5!].

    Baca juga: 10 Hal yang Membuat Mighty No. 9 Mirip dengan Mega Man


     

    AOUleaked

    Mei

    Ada dua tanggal merah yang berjauhan, yaitu:

    • Jum’at, 1 Mei 2015: Hari Buruh Internasional
    • Kamis, 14 Mei 2015: Kenaikan Yesus Kristus

    Yang seru, ada dua long weekend. Yang pertama, tiga hari, mulai tanggal 1 sampai 3. Kemudian, dua minggu setelahnya, empat hari, mulai tanggal 14 sampai 17 (Jumat, tanggal 15 adalah harpitnas).

    Untuk game, karena jadwal rilis kuartal kedua 2015 belum beredar, maka kami hanya bisa meraba-raba. Setidaknya ini adalah momen yang pas untuk mulai The Witcher 3: Wild Hunt. Kalau ingin kembali nostalgia (dan skip versi PS3/Vita-nya), bisa mencoba Final Fantasy X/X-2 HD Remaster di PS4. Yap, Square Enix kembali merilis ulang FFX/X-2 HD di konsol baru [baca: Final Fantasy X/X-2 HD Remaster Resmi Untuk PS4, Final Fantasy VII Dijual 200 Ribuan]. Pemilik 3DS juga kebagian Monster Hunter 4 Ultimate di bulan-bulan ini.

    Untuk film, menu utamanya adalah Avengers: Age of Ultron. Mampukah film ini mengalahkan rekor prekuelnya?

    Baca juga: Oh, Square Enix. Mau kau bawa ke mana Final Fantasy?


     

    Legend-of-Zelda-Major-3D-3

    Juni

    Hanya ada satu tanggal merah, tanpa long weekend, yaitu:

    • Selasa, 2 Juni 2015: Hari Raya Waisak 2559

    Mengingat bulan Juni ini adalah musim libur, kemungkinan kamu juga akan punya banyak waktu luang. Tapi bulan ini juga mulai memasuki Ramadhan. Artinnya kamu pun harus memilah-milih game dan film yang akan ditonton.

    Game ceria yang bisa menemani liburanmu (dan pastinya tidak membatalkan puasa ^^) adalah Yoshi’s Woolly World atau Splatoon. Keduanya untuk Wii U. Belum punya Wii U? Nintendo juga siapkan The Legend of Zelda: Majora’s Mask 3D di 3DS. Pengen nostalgia, ada juga Final Fantasy VII di PS4, meski ini bukan versi remake yang diharapkan [baca: Kecewa Trolling Final Fantasy VII PS4, Netizen Bereaksi Keras!].

    Oh ya, E3 juga diselenggarakan di bulan Juni ini, tepatnya tanggal 16 sampai 18, di Los Angeles Convention Center. Pastinya bakal banyak berita seru seputar game di sana.

    Jurassic World dan Inside Out jadi film pilihan kami bulan ini. Check ’em out ya!

    Baca juga: Trailer Film Terbaru Pixar ini Dijamin Akan Mengaduk-aduk Emosimu

     

    Silakan dilanjutkan ke halaman berikutnya…

     

    1
    2

    SHARE
    Previous articleSuikoden Peringkat Tertinggi Game Klasik di PS Store!
    Next articleDrama Kriminal Sons of Anarchy Diperpanjang “Masa Tayangnya” Melalui Game Mobile
    Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.