Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Penting nih, untuk para nubitol yang baru beli Xbox One...

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Xbox One dan PlayStation 4... kedua konsol now-gen ini memang tampak berbeda satu sama lain. Kemampuan yang masing-masing miliki juga saling bersaing. Kalian yang mungkin memiliki salah satu konsol tersebut, dari Xbox One dan PS4 mungkin sudah memainkan berbagai macam game eksklusifnya. Namun tahukah kalian akan berbagai fitur sederhana yang paling mendasar yang mereka miliki? Berikut kami sajikan beberapa tips yang mungkin berguna untuk memahami kedua kedua konsol generasi delapan tersebut. Dimulai dengan Tips Xbox One.

Xbox One

Pertama kali hadir dengan sejuta ekspektasi, Xbox One bukannya tidak memiliki kekurangan. Semenjak perilisannya pertama kali, Microsoft selalu melakukan perbaikan disana-sini yang diketemukan para pemainnya. Namun tentu selalu saja masih ada pertanyaan-pertanyaan yang muncul mengenai penggunaan Xbox One ini. Nah, kali ini kami mencoba menyajikan cara bagaimana mengatasi permasalahan yang mungkin kalian temui saat bermain dengan Xbox One.

Mengapa Remote Xbox Media Tidak Berfungsi?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Kalau kalian menggunakan remote ofisial dari Xbox One untuk menonton televisi dan menyadari bahwa saat menekan tombol-tombolnya, Xbox One tidak merespon perintah tersebut maka pastikan Kinect yang kalian miliki tersambung dengan televisi. Kinect ternyata juga berfungsi sebagai penembak sinyal infra merah (IR blaster) yang mendeteksi penekanan dari remote ofisial tersebut. Kalian juga bisa menggunakan peralatan berbeda yang memiliki fungsi menembakkan sinyal infra merah untuk menggantikan peran Kinect.

Lanjut ke halaman 2...

Siapa yang Bisa Memainkan Game Digital Milik Saya Pribadi?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Setiap game digital memiliki dua lisensi, satu untuk akun kalian pribadi dan yang lain untuk home Xbox One kalian. Mesin manapun yang terdaftar sebagai satu-satunya home console milik kalian akan memungkinkan semua pemain yang sign-in ke dalam mesin Xbox tersebut untuk memainkan game-game yang telah kalian download. Untuk Xbox One lainnya, apabila kalian sign-in ke dalamnya maka game-game milik kalian hanya bisa diakses ketika kalian sign-in pula ke GamerTag kalian.

Kenapa Saya Selalu Mendapat Masalah Dengan Instant On?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Karena beberapa alasan, beberapa game seperti Tomb Raider mengalami sedikit masalah mengenai suaranya, dalam beberapa game ini suaranya akan mengecil setiap keluar dari dashboard. Hal ini tidak mempengaruhi semua pemainnya, hanya orang-orang yang menggunakan fitur Instant-On. Sayangnya masih belum ada solusi untuk ini (kecuali dengan keluar dari game dan menyalakannya kembali). Jadi hindari Instant-On kalau kalian bermain Tomb Raider.

Mengapa Xbox One Tidak Bisa Memebaca Disc Game Saya?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal ini, tetapi sebelum memutuskan Xbox One kalian rusak, coba lakukan hard reset. Setelah itu, pastikan konsol dalam kondisi horizontal (hanya untuk langkah ini, jangan biasakan Xbox One diletakkan secara berdiri). Cek dengan berbagai jenis disc, seperti Blu-ray, DVD, dan CD, apakah bekerja normal. Kalau mereka semua bekerja, maka lakukan pembersihan pada disc game kalian yang bermasalah dan tes ulang. Kalau memang jenis disc lainnya tidak bekerja, berarti laser Xbox One telah rusak dan perlu diperbaiki.

Lanjut ke halaman 3...

Saya Mendapatkan Masalah Multiplayer, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Kalau kalian melihat internet, kalian bisa menemukan berbagai alasan mengapa hal ini terjadi. Tapi cara termudah untuk memperbaikinya adalah memastikan bahwa NAT Type kalian dalam status ‘Open’. Untuk mengubahnya, akses ke router setting melalui PC atau Mac kalian dan disable lalu enable kembali UpnP. Kalau kalian masih mengalami masalah, coba lihat pilihan DMZ dan gunakan untuk Xbox One kalian. Me-restart Xbox One juga akan sangat membantu untuk mereset setting router sebelumnya yang gagal koneksi.

Bagaimana Cara Berbagi Gambar Dari PC ke Xbox One?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Beberapa dari kalian mungkin ingin menunjukkan ke teman atau keluarga foto yang tersimpan dalam PC ke televisi kalian, tapi tidak ingin mentransfer semua gambarnya. Mudah saja, download aplikasi OneDrive ke Xbox One, lalu masuk ke situs OneDrive di PC dan upload foto yang kalian inginkan. Dengan asumsi email yang kalian gunakan di OneDrive sama dengan GamerTag kalian, maka gambar kalian akan secara otomatis tersedia dalam Xbox One kalian.

Disc Game Tersangkut, Bagaimana Cara Mengeluarkannya?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Kalian harus berhati-hati di sini. Ada tombol eject manual yang tersembunyi dibagian kiri dari konsol. Lihat stiker berwarna kuning dibelakang ventilasi yang ada di bagian kiri konsol (posisi kalian menghadap disc drive). Ada lubang kecil sedikit dikanannya. Kalian bisa menggunakan paper-clip atau apapun yang cukup untuk menekan tombol didalamnya. Nanti disc akan ter-eject keluar dan bisa kalian ambil. Sekali lagi berhati-hati dalam mela-kukan hal ini.

Lanjut ke halaman 4...

Mengapa Baterai Kontroler Xbox One Cepat Habis?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Kontroler Xbox One memiliki infra merah yang terpasang didalamnya, dan kalau kontroler ini tidak dalam jangkauan sensor Kinect maka infra merah akan terus aktif untuk memposisikan dirinya dalam ruangan. Tentu saja sinyal infra merah ini bisa ditutup dengan keramik, furnitur dalam ruangan, atau menggunakan badan pemain sendiri. Karena terus menerus aktif inilah, daya baterai bisa cepat berkurang. Jadi pastikan selalu bermain dalam jangkauan sensor Kinect.

Twitch Tidak Bisa Broadcast, Apa yang Harus Dilakukan?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Ada tiga setting berbeda yang perlu kalian lihat sebelum app Twitch berhasil broadcast sesi permainan kalian.

  1. Privacy Settings: Cari “Privacy and online safety”, lalu pastikan “See if youre online” di set ke “Everyone” dan “Broadcast gameplay” di set ke “Allow”. Tanpa hal ini, setting privasi dari konsol akan selalu menghalangi Twitch untuk broadcast.
  2. Profile Presence: Meskipun kalian bisa memilih ingin tampak online atau tidak, jika kalian memilih untuk tampak offline, maka kalian tidak bisa melakukan broadcast melaluiTwitch. Dalam Profile kalian, ubah presence ke ‘Online’.
  3. Allow Broadcasts: Terdengar tampak jelas mungkin kalau membaca penjelasan sebelumnya tetapi kalian juga perlu memastikan bahwa Xbox One harus di set agar bisa streaming broadcast. Di pilihan ‘Preferences’ dalam Settings, pastikan ‘Allow broadcasts and Game DVR’ di beri tanda centang.

Bagaimana Memperoleh Tampilan Terbaik di TV Untuk Xbox One Saya?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

TV kalian memiliki setting-nya sendiri-sendiri, akan sulit mengetahui bagaimana merubah setting terbaik untuk tampilannya. Pastikan pilih yang ternyaman brightness, contrast dan banyak setting gambar lainnya di menu TV kalian. Tentu dengan mengikuti instruksi yang disediakan TV. Selesai men-setting, kalian tidak perlu menggantinya lagi. Kalau memang perlu, baru lakukan perubahan setting.

Lanjut ke halaman 5...

Mengapa Kinnect Mendeteksi Gerakan yang Seharusnya Tidak Ada?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Permasalahan yang rutin muncul ini saat Xbox One melalui Kinect mendeteksi gerakan kalian dan pemain lainnya yang dalam kondisi tidak bergerak, seperti saat duduk tenang menonton Netflix atau lainnya. Kinect sesekali mendeteksi bagian tubuh lainnya (misal kaki) sebagai tangan. Hal ini bisa dihindari dengan memilih di menu Setting untuk men-disable Kinect gesture detection saat sedang menonton video, jadi kalau kalian mengalami masalah ini maka aktifkan saja menu tersebut.

Bagaimana Melakukan Hard Reset Xbox One?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Tips ini adalah cara pertama kalau kalian menghadapi masalah dengan Xbox One, hard reset. Cara ini sebenarnya akan menghapus semua cache data di konsol dan memulai kembali konsol dengan kondisi bersih. Hal ini tidak akan menghapus data-data yang sudah ter-install di konsol, tetapi hanya membersihkan data-data sementara yang menumpuk dan tidak digunakan.

  1. Langkah 1: Tekan tombol power selama 10 detik. Saat pertama kali menekan, konsol akan mengeluarkan suara ‘beep,’ tetapi tetap tekan saja karena nantinya hard reset akan men-shutdown konsol.
  2. Langkah 2: Setelah konsol mati, biarkan dahulu selama 10 detik. Kalau ingin lebih yakin, kalian bisa mencabut kabel daya konsol lalu pasang kembali, hal ini akan menghapus semua cache system dari konsol
  3. Langkah 3: Langkah terakhir mudah, nyalakan kembali Xbox One. Kalian akan menjumpai layar hijau Xbox setelahnya. Kalau berhasil maka proses hard reset telah berhasil.

Mengapa Saya Tidak Bisa Meng-Update Xbox One?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Microsoft secara reguler merilis system update untuk meningkatkan penggunaan Xbox One. Sebelum mendownload sebuah update, pastikan kalian memiliki space cukup untuk meng-installnya (kalau tidak ada, hapus game yang jarang sekali dimainkan, jika memungkinkan). Lalu konek ke internet melalui kabel koneksi kabel, untuk menghindari internet yang terputus saat proses download. Jika kalian masih mendapatkan kode error maka mungkin ada masalah dengan konsolnya. Akan sangat sulit kalau demikian, maka kalian harus menghubungi Microsoft.

Lanjut ke halaman 6...

Bisakah Saya Memainkan Game X360 di Xbox One?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Backward compatibility belum memungkinkan di Xbox One. Jadi tidak mungkin memainkan game-game Xbox 360 dengan Xbox One (bahkan alat ofisial semacam sensor Kinect lama-pun juga tidak bisa digunakan). Tapi kalian bisa menyambungkan Xbox 360 kalian keXbox One melalui port HDMI, dan hal ini akan memungkinkan kalian mengakses katalog melalui Xbox One kalian tanpa perlu ribet mengganti-ganti kabel HDMI ataupun channel inputnya.

Seruan Perintah "Xbox, On!" Tidak Berhasil. Kenapa?

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

Mendapatkan kesulitan menyalakan Xbox One dengan perintah suara? Sayangnya berapa kalipun kalian melakukan setting di Kinect dan setup, tidak akan bekerja kalau konsol dalam kondisi mati. Jadi berikut beberapa hal yang perlu kalian perhatikan.

  1. Setting yang benar. Mungkin terdengar jelas, tetapi kalian harus yakin bahwa setting yang dibutuhkan sudah menyala dengan benar di Kinect dan Power option. Karena kalau dalam power saver mode, Kinect tidak akan mendengarkan perintah kalian.
  2. Dalam kondisi tenang. Audio cancellation tidak akan aktif kalau Xbox One dalam kondisi standby, yang berarti bahwa suara apapun yang berada di sekitarnya tidak akan difilter oleh mesin Kinect. Misalnya saja ada suara AC yang keras atau ada orang yang berbincang-bincang di dekat Xbox kalian, maka perintah ‘Xbox On!’ tidak akan aktif sesuai kemauan kalian.
  3. Jaga jarak. Semakin jauh posisi kalian dari Kinect, maka semakin sulit mendeteksi suara yang berasal dari kalian, meskipun pada kondisi normal dan Xbox menyala, Kinect tetap bisa mendengar suara kalian. Dalam mode standby, sistem pendeteksian suara Kinect akan berjalan di level terendah, hal ini mengakibatkan sulitnya Kinect mendengar suara perintah dari kejauhan.

Saya Tidak Menggunakan Kinect, Bagaimana Cara...

Tips Xbox One, Memahami Fungsi Dasar Hardware dan Interface-nya!

  • Mengakses Xbox Snap? Tekan dua kali tombol Xbox putih di tengah kontroler untuk membuka fungsi Snap. Hal ini menggantikan fungsi yang memerlukan Kinect tersebut, dan memungkinkan kalian mengakses fitur-fitur lain dari situ juga.
  • Menggunakan Game DVR? Setelah membuka Snap, kalian pilih Game DVR. Disini kalian bisa mengambil berapa lama nanti perekaman game berjalan, tapi ingat bahwa game akan berhenti selama dalam mode Snap, jadi pastikan pilih dengan baik
  • Sign In? Kalian bisa sign in (atau berganti user) sewaktu-waktu dengan menekan tombol Xbox di kontroler kalian dan tuju arah atas dari layar home untuk pilihan sign in di pojok kiri atas. Dari sini, kalian pilih GamerTag atau membuat user baru.
  • Skip Musik di Xbox Music? Ada dua cara untuk melakukan hal ini. Buka app Xbox Music (pin-kan ke layar home kalian akan lebih cepat) dan secara manual skip lagu dengan pilihan di layar. Jika kalian memiliki Xbox Media Remote, maka kalian perlu kabel infra merah yang bisa menggantikan fungsi infra merah Kinect.
  • Mengundang Teman Untuk Berkunjung? Pertama kalian harus menemukan teman kalian yang ingin diundang dengan app Friends, yang bisa diakses secara mudah dengan tangan dari bagian kiri layar home. Setelah menemukannya, tekan kanan sampai kalian menemukan pilihan untuk ‘Invite to party’.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU