Review Survive! Mola Mola!: Saat Ketagihan, Penasaran dan Jengkel Menjadi Satu!

Survive! Mola Mola!

Beberapa hari terakhir mungkin kamu menemukan fenomena cukup unik di media sosial. Banyak dari teman-temanmu yang mem-posting sebuah screenshot sebuah game tentang ikan, namun ikannya sudah mati. Mungkin kamu penasaran, game apa sih yang tengah mereka mainkan? Jawabannya adalah Surviva! Mola Mola! sebuah game simulasi dengan elemen clicker unik, yang mungkin bisa membuatmu ketagihan, penasaran, sekaligus jengkel dalam satu waktu bersamaan. Tidak percaya?

Baca juga: Game Baru Toge Productions Ini Bakal Bikin Pemain Digger Gagal Move On!

Sebelum membahas game-nya lebih lanjut, mungkin kamu masih belum tahu, ikan apa sih yang ada di dalam game ini? Mola mola, atau yang juga dikenal dengan Ocean sunfish adalah seekor ikan yang cukup unik. Ikan ini bisa tumbuh menjadi salah satu hewan terbesar di laut dengan berat 1 ton! Sang betina sendiri juga cukup produktif saat bertelur, dimana dalam sekali bertelur dia bisa mengeluarkan ratusan juta telur! Namun sayang, ikan ini termasuk salah satu yang rentan mati di lautan, baik itu karena pengaruh lingkungan, maupun predator laut lainnya.

Mola mola
Nih wujud asli dari ikan Mola mola…

Game ini sendiri sangat sukses di Jepang, dengan total download lebih dari empat juta kali hanya di negara tersebut. Dan wabah Mola Mola semakin meluas dengan perilisan versi internasional dari game ini pada bulan September 2014 silam. Survive! Mola Mola mengajakmu untuk memelihara Mola mola tersebut dengan baik di dalam gadget-mu. Kamu bisa membesarkan Mola mola dengan berbagai cara, mulai dari memberinya makan hingga mengajaknya untuk melakukan berbagai aktivitas tertentu.

Review Survive! Mola Mola!: Saat Ketagihan, Penasaran dan Jengkel Menjadi Satu!

Gak percaya? Baca review dan rasakan sendiri game-nya ya!

Abaikan

Game ini mengandung unsur clicker yang cukup kental saat kamu memberi makan dengan menyentuh makanan yang berseliweran di sekitar Mola mola. Setiap Mola molamu makan, maka berat badannya akan bertambah sesuai dengan apa yang dia makan. Kamu bisa mengontrol berat badannya dengan memperhatikan meter yang ada di bagian atas. Saat meter sudah penuh, maka Mola molamu akan “berevolusi” ke tahap selanjutnya menjadi lebih besar. Selain makan, kamu juga bisa mengajak Mola mola untuk melakukan berbagai aktivitas lewat menu Adventure, yang akan memberikan tambahan berat badan yang lebih besar dibandingkan hanya dengan makan biasa.

Survive! Mola Mola!

Mola mola memiliki Skill yang bisa mempercepat pertumbuhannya. Skill ini terdiri dari tiga bentuk, antara lain jumlah makanan yang tersedia, jenis makanan dan juga jenis Adventure. Kamu bisa membuka skill dengan menggunakan MP (Manbo Points) yang kamu dapatkan saat evolusi atau setelah sukses melakukan sebuah Adventure. Semakin banyak jumlah makanan, semakin besar makanannya atau semakin banyak sebuah Adventure memberikan pertambahan berat, maka tentu Mola molamu akan tumbuh dengan lebih cepat pula.

Terdengar biasa saja? Eits jangan salah. Memelihara Mola mola tidak semudah yang kamu bayangkan lho, karena Mola mola bisa mati setiap saat alias Sudden Death dengan cara yang mungkin tidak kamu duga-duga. Ibaratnya, apapun aktivitas yang kamu lakukan kepada Mola molamu memiliki resiko kepada kematian. Semisal saat Mola molamu makan, terkadang dia memakan plastik yang dikira seekor ubur-ubur, sehingga Mola molamu akan langsung Sudden Death saat itu juga! Atau mungkin saat kamu ber-gambling dengan melakukan sebuah aktivitas seperti melompat ke atas permukaan air, terkadang Mola molamu melompat terlalu tinggi dan jatuh terlalu keras di air sehingga mati. Ini yang bikin jengkel, karena kamu sudah susah-susah membesarkannya, eh dia mati secara tiba-tiba dengan cara yang tidak terduga…

Survive! Mola Mola!

Namun asyiknya, saat Mola molamu mati, maka Mola mola yang lahir selanjutnya akan lebih kuat. Lebih kuat disini dalam artian peluang untuk mati dengan cara yang sama akan semakin kecil. Semisal dalam sebuah Adventure peluang Mola molamu untuk hidup adalah 50%. Saat Mola molamu akhirnya mati dengan cara tersebut, maka peluang Mola mola selanjutnya untuk hidup setelah melakukan Adventure yang sama adalah 75% dan seterusnya. Semakin sering Mola molamu mati, maka akan semakin kuat pula Mola mola yang lahir selanjutnya. Namun hal tersebut tidak menjamin Mola mola selanjutnya akan hidup lebih lama, karena bisa saja dia mati dengan cara lain jika kamu mencoba makanan baru, atau melakukan Adventure baru.

Game ini sangat adiktif layaknya game-game clicker lainnya. Penulis jamin kamu akan terus menerus bermain untuk mendapatkan Mola mola yang lebih besar dibandingkan sebelumnya plus melengkapi buku koleksimu. Sekaligus membuat penasaran, karena tentu kamu akan penasaran bagaimana evolusi selanjutnya dari Mola molamu. Buku koleksi sendiri selain menampilkan koleksi ukuran Mola mola yang sudah kamu dapatkan, juga mengumpulkan akibat Sudden Death yang sudah dialami. Meskipun developer menyediakan opsi in app purchase dalam bentuk MP, namun kamu masih bisa kok membesarkan Mola molamu tanpa sekalipun membeli in app purchase ini. Kuncinya hanya satu, sabar dan berdoa. Sabar untuk menunggu makanan dan menunggu waktu cooldown dari Adventure, plus berdoa agar Mola molamu tidak mati saat kurang 1 kilo lagi berevolusi. Hehe..

Survive! Mola Mola!

Survive! Mola mola! yang dikembangkan sebuah tim kecil yang terdiri dari tiga orang bernama Select Button ini tersedia secara gratis untuk Android dan iOS. Kamu bisa men-download-nya melalui link berikut ini.

Oh iya, ini Mola mola terbaru milik penulis. Doakan selalu sehat dan bisa tumbuh dewasa ya… :D


SHARE
Previous articlePesan GTA V PC Lebih Awal dan Dapatkan Satu Game Rockstar Gratis!
Next articleWasit Turnamen Billiard Ini Bakalan Bikin Kita Susah Konsentrasi!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.