Brand PlayStation Ternyata Tidak Eksklusif Sony! Samsung PlayStation Siap Rilis Tahun ini!

samsungPS

Melihat begitu suksesnya PlayStation 4, tampaknya fokus utama Sony tahun ini adalah brand game tersebut. Segala cara akan ditempuh demi menghadirkan PlayStation di lebih banyak rumah. Salah satu caranya adalah dengan bermitra dengan raksasa perusahaan teknologi lain, yang juga sekaligus kompetitornya di beberapa lini produk teknologi: Samsung.

Dua raksana tersebut telah melakukan kerjasama untuk menghadirkan fitur streaming game PlayStation Now melalui jajaran smart TV Samsung generasi tahun 2015 ini. Sejak bulan Desember kemarin, Samsung telah memegang lisensi dari PlayStation Now, sehingga smart TV Samsung dapat memainkan game-game dari konsol Sony tersebut. Sambut: Samsung PlayStation!

Baca: Private Beta PlayStation Now Dibuka untuk PS4, Tambahan “Nyawa” Untuk Game Klasik

Layanan Samsung PlayStation ini rencananya akan diluncurkan sebagai sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui Smart Hub Samsung. Setelah ter-install di smart TV, user akan memiliki akses mudah ke ratusan game PlayStation 3 dengan streaming dari cloud, tanpa konsol, unduhan, atau perjalanan ke toko. TV baru Samsung ini juga akan kompatibel dengan kontroler DualShock 4, yang dijual terpisah.

PlayStation Now adalah layanan streaming game terbaru PlayStation. Layanan tersebut dirilis oleh Sony tahun lalu dan diperkenalkan pada pameran teknologi terbesar di dunia CES 2014. Saat ini PlayStation Now baru tersedia di PlayStation 4 saja. Gamer dapat memilih puluhan judul dari perpustakaan game PS3, seperti seri God of War, Infamous, Darksiders. The Last of Us, Killzone, dsb.

Baca juga: Cukup Rp. 250 Ribu Melalui PlayStation Now, Kalian Bisa Main 100 Game PS3 Sepuasnya

Menurut saya, ini adalah langkah yang strategis. PlayStation merupakan brand game yang sangat kuat. Namun penggunanya terbatas hanya dari kalangan gamer saja. Untuk mendobrak batasan tersebut, dan menarik lebih banyak pengguna, Sony memerlukan Samsung, yang memang menguasai pasar televisi dunia. Hal ini merupakan pilihan tepat bagi Sony untuk memperkenalkan sekaligus mendistribusikan PlayStation Now secara global melalui smart TV Samsung.

Brand PlayStation Ternyata Tidak Eksklusif Sony! Samsung PlayStation Siap Rilis Tahun ini!

Tahun ini gamer bisa langsung memainkan game-game PlayStation lewat TV Samsung mereka.

Abaikan

Kekhawatiran saya hanya satu: Koneksi internet. Meskipun internet Indonesia makin membaik, namun tetap saja akan kewalahan untuk memainkan game PlayStation 3 secara streaming. Yah, semoga saja akselerasi infrastruktur internet Indonesia makin cepat, sehingga ketika Samsung PlayStation ini hadir di Indonesia, kita juga sudah siap!


SHARE
Previous articleLupakan Avengers, Sinister Six Akan Dibuat Untuk Spider-Man!
Next articleAnjing Ini Coba “Selamatkan” Kawannya Dengan Cara Yang Mengejutkan
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.