Ini Lho Exploding Kittens, Card Game Yang “Meledakkan” Kickstarter  

Card game meminta support via Kickstarter itu awam untuk ditemui. Kamu hanya tinggal menjelajahi situs crowdfunding ini untuk menemukan banyak proyek tabletop game berkonsep menarik yang membutuhkan dukunganmu. Bahkan ada card game dari Indonesia yang dapat mencapai goal-nya, seperti misalnya Goblins Vs Zombies [baca: Goblins vs Zombies, Card Game Indonesia yang Berhasil Menembus Kickstarter!]. Tapi… mencapai dana yang dibutuhkan hanya dalam delapan menit? Mendapat satu juta dolar hanya dalam tujuh jam? Kemudian mendapat dua juta dolar saat masih tersisa 29 hari hingga penutupan? Jangankan untuk standar card game, untuk ukuran proyek-proyek Kickstarter secara umum pun itu sangat spektakuler!

Exploding Kittens - Goal Reached

Exploding Kittens - Nuclear

Exploding Kittens - Flamethrower

Game yang mendapatkan pencapaian dahsyat itu adalah Exploding Kittens. Game ini diciptakan oleh game designer Elan Lee dan Shane Small dan dibantu oleh kartunis Matthew Inman. Cara mainnya, seperti bisa dilihat langsung di halaman Kickstarternya, sebenarnya sangat mudah.

Exploding Cats - How To Play

 

Exploding Kittens - How to Play2

Ya, kalau kamu tahu konsep Russian Roulette, maka game ini pun sebenarnya begitu. Tapi, alih-alih menggunakan revolver para pemainnya hanya menggunakan kartu bergambar lucu. Kamu akan bergiliran mengambil kartu dari tumpukan di meja. Kalau kamu mendapatkan kartu kucing meledak, maka kamu akan tersingkir, kecuali kamu mendapatkan kartu untuk mengalihkan perhatian si kucing sebelum makhluk imut ini memicu bencana. Gameplay ini begitu sederhana, kamu pun rasanya tak akan kesulitan mengajarkan pemain kasual yang tidak terbiasa dengan card game.

Selain konsep unik dan gameplay yang sederhana, faktor lain penyebab kesuksesan program Kickstarter game ini adalah keberadaan Matthew Inman. Kartunis ini sangat terkenal dengan webcomic The Oatmeal. Di tahun 2010 lalu saja, website-nya bisa memperoleh dua puluh juta kunjungan. Fansnya di media sosial pun cukup banyak, sampai fan page Facebooknya mendapatkan tiga juta lebih likes. Tentu sebenarnya hanya butuh dukungan dari sekian persen fansnya untuk mewujudkan proyek ini. Saat yang mendukung ternyata sangat banyak, dan kemudian proyeknya sendiri menjadi viral, maka yang tercipta adalah fenomena ini.

Tertarik? Kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak, juga ikut mendukung card game ini, di page Kickstarter Exploding Kittens.


SHARE
Previous articleMenurut Microsoft Dalam ScreamRide, Manusia Masa Depan Bosannya Setengah Mati!
Next articleOri and the Blind Forest, Game Dengan Visual ala Ghibli, Siap Dirilis Awal Maret!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.