Dying Light Beri Kalian Kesempatan Menjadi Zombie yang Anti Matahari

Jadi tahu, kenapa dulu orang tua ada yang melarang anaknya bermain di luar rumah ketika malam tiba...

Dying Light Beri Kalian Kesempatan Menjadi Zombie yang Anti Matahari

Dying Light Beri Kalian Kesempatan Menjadi Zombie yang Anti Matahari

Selama E3 2013 lalu, Techland, developer yang kita kenal melalui serial game bertema kiamat zombie Dead Islandmengkonfirmasikan Dying Light [baca: Seperti Apa 12 Menit Pasca Matahari Terbenam di Dunia “Dying Light”?]. Saat itu game action-adventure survival horror ini direncanakan untuk PC Windows, PlayStation 4, Xbox One dan juga konsol last-gen seperti PS3 dan X360. Namun konfirmasi Warner Bros. Interactive Entertainment selaku penerbitnya akhir Oktober 2014 kemarin menyebutkan jika game yang akan dirilis 27 Januari 2015 nanti ini dibatalkan dua versi konsol last-gen-nya, dengan alasan konsol tersebut tidak mampu menangani game yang dikembangkan menggunakan Chrome Engine 6 ini dengan baik.

Dying Light Beri Kalian Kesempatan Menjadi Zombie yang Anti Matahari

Berlanjut awal Desember 2014 lalu, developer mengungkapkan paket DLC untuk Dying Light. Seperti biasa, DLC bisa dibeli satuan, atau tersedia Season Pass yang dipatok dengan harga US $19.99, atau sekitar Rp. 250 ribu. Season Pass ini tersedia untuk PlayStation 4, Xbox One, dan PC, serta memasukkan misi yang tidak disertakan dalam game retailnya, senjata baru, kostum dan juga gameplay yang berbeda.

Dying Light Beri Kalian Kesempatan Menjadi Zombie yang Anti Matahari

Kurang tiga hari sebelum gamenya dirilis, Techland merilis satu lagi trailer baru, yang menampilkan mode zombie "Be the Zombie," yang merubah karakter menjadi zombie dalam satu-satunya mode PvP online dalam game ini. Melalui mode tersebut, kalian mengendalikan zombie untuk meneror sekelompok pemain lain yang bermain secara koperatip, lengkap dengan teriakan menyeramkan makhluk undead yang kalian kendalikan.

Baca: Techland Umumkan Bonus Pre-order Dying Light, Berperan Sebagai Hunter Dalam Mode ‘Be the Zombie’

Lanjut ke halaman 2...

Dying Light Beri Kalian Kesempatan Menjadi Zombie yang Anti Matahari

Mode zombie Dying Light tersebut menjadi insentif bagi mereka yang memesan awal. Namun terakhir muncul kabar dari Warner Bros. selaku publisher, jika versi fisik game ini di Eropa terpaksa ditunda, dan 28 Januari besok yang menjadi tanggal awal game ini dirilis di Eropa, hanya berbentuk digital saja. Penundaan versi fisik tersebut bakal mempengaruhi ketersediaan kopian fisik game ini di Asia, Australia dan juga Timur Tengah, yang baru tersedia 27 Februari 2015 mendatang. Sebagai kompensasi, Techland bakal memberikan DLC gratis Dying Light atas keterlambatan tersebut. Sedangkan semua kopian fisik game ini di wilayah tersebut nanti juga sudah menyertakan add-on Cuisine & Cargo plus Ultimate Survival Bundle gratisan. Kemudian mode "Be the Zombie” bakal tersedia gratis untuk semua platform di region mana saja.

Dying Light Beri Kalian Kesempatan Menjadi Zombie yang Anti Matahari

Dan untuk melihat jelas seperti apa pengalaman bermain game ini di pihak yang sebelumnya diburu, kalian bisa melihatnya melalui trailer di bawah. Oh ya, jika menyukai mode PvP semacam itu, kalian bisa mencoba juga game lain yang memang dari awal dikembangkan dengan konsep 4 vs 1, yaitu Evolve.

Dying Light - Devs Play 'Be The Zombie'

[youtube_embed id="iiFCT4aIhJE"]

Dying Light dibuat lebih horor dari Dead Island, karena settingnya sendiri di tengah kehancuran dunia pasca wabah ganas yang menginfeksi manusia, dan menjadikan mereka sebagai makhluk yang buas. Sepertinya mirip dengan film I Am Legend ya, atau yang lebih dekat lagi, World War Z. Kamu mengendalikan karakter bernama Kyle Crane, yang disuarakan oleh Roger Craig Smith, voice actor yang sangat familiar di telinga pemain Resident Evil sebagai Chris Redfield, atau Bruce Wayne/Batman dalam Batman: Arkham Origins dan Ezio Auditore da Firenze dalam serial Assassin's Creed. Dia merupakan petugas hukum dalam penyamaran, yang dikirim untuk menyusup ke wilayah yang dikarantina.

Dying Light - Story Trailer

[youtube_embed id="HOSgulJ8Fso"]

Lanjut ke halaman 3...

Dying Light Beri Kalian Kesempatan Menjadi Zombie yang Anti Matahari

Dengan setting open world yang luas, banyak misteri dihadapi Crane, selain kekacauan juga ada kelompok (manusia tentunya) yang saling bertikai, misi yang diembannya juga penuh tanda tanya, karena ternyata pihak yang baik ternyata bisa jadi menjadi dalang semua kekacauan -- yah, tipikal cerita game action bernuansa kiamat zombie, yang asal-muasal makhluk undead-nya karena wabah ciptaan manusia sendiri.

Dying Light Beri Kalian Kesempatan Menjadi Zombie yang Anti Matahari

Dalam trailer yang menjadi video sinematik pembuka game ini di bawah, diperlihatkan settingnya seperti di sebuah perkotaan (jelas berbeda dibandingkan pulau tropis pada Dead Island). Kota tersebut adalah Harran, kota dimana wabah zombie terjadi, yang sayangnya tidak ada satupun negara yang berani membantu mengatasi masalah yang dialaminya. Di tengah kota tersebut juga terjadi pertikaian dua kelompok politik antara Ministry of Defense Harran dan organisasi kemanusiaan swasta, Global Relief Effort.

Dying Light - Intro

[youtube_embed id="6asWSk8cXY8"]

Sepanjang permainan karaktermu berupaya mengumpulkan persediaan makanan dan senjata rakitan untuk bertahan hidup, sambil bertahan dari serangan zombie. Walaupun kelihatannya konsepnya sama seperti Dead Island, namun karena di tengah gameplay-nya disisipkan gerakan-gerakan freerunning ala parkour, sehingga akhirnya banyak yang menyebutnya sebagai perpaduan dari Dead Island dan Mirror’s Edge, game action adventure dari EA Digital Illusions CE yang terfokus pada aksi karakter yang menggunakan gerakan parkour – aktivitas berpindah tempat dengan efisien dan cepat.

Dying Light Beri Kalian Kesempatan Menjadi Zombie yang Anti Matahari

Dengan sudut pandang first-person dan dunia open world-nya, memang masih mengingatkan pada Dead Island. Namun di sini Techland mencoba membedakan franchise barunya ini dengan makhluk infected yang dipengaruhi oleh kondisi waktu. Karena saat malam tiba, para zombie akan menjadi lebih agresif dan berbahaya, dan karakter yang harusnya leluasa sebagai hunter memburu mereka di waktu siang, beralih menjadi yang diburu oleh para infected. Bahkan jenis zombie terkuat, predator, juga hanya muncul setelah matahari terbenam. Saat itulah konsep utama Dying Light diperlihatkan, karena karakter harus bisa selamat menggunakan apa saja yang mereka miliki sampai matahari kembali bersinar. Lihat video di bawah untuk perbedaan antara siang dan malam.

DYING HIGHLIGHT: Day vs. Night

[youtube_embed id="elr6ZAy94W0"]

Lanjut ke halaman 5...

Dying Light Beri Kalian Kesempatan Menjadi Zombie yang Anti Matahari

Pertarungan dalam game banyak dibuat untuk aksi jarak dekat, dan kalian juga lebih banyak bertarung menggunakan senjata melee. Ada lebih dari 100 senjata yang bisa digunakan, dan lebih banyak lagi ketika kalian mulai bisa meng-craft sendiri senjata baru. Kemudian berkat perubahan waktunya, selama siang hari kalian perlu keluar untuk mencari sisa material dan persediaan, yang kemudian dikirim kembali ke safe zone. Kalian juga bisa memasang jebakan, atau menyelamatkan manusia yang selamat, dan selama siang hari, para infected bergerak lambat, apatis, serta mudah dilihat, jadi kalian bisa bergerak cepat melewatinya saja.

Dying Light Beri Kalian Kesempatan Menjadi Zombie yang Anti Matahari

Namun tanpa cahaya matahari, kesadaran para infected menjadi lebih akurat. Mereka mendapatkan kemampuan berlari cepat, dan bahkan bisa menandingi kecepatan player, damage serangannya juga meningkat, juga bisa melompat, dan menaiki bangunan seperti karakter. Untuk menghindari kontak dengan mereka, kalian perlu menggunakan Night Sense untuk mengetahui dimana lokasi infected itu, dan sebisa mungkin menjauhi jangkauan pandangan mata mereka. Jika terlihat dan dikejar, kalian bisa menggunakan keadaan sekeliling untuk mengalihkan perhatian, atau memasang jebakan untuk menurunkan jumlah yang mengejar. Kalian juga bisa mengecoh zombie tersebut dengan suara.

DYING HIGHLIGHT: Make Each Shot Count

[youtube_embed id="92fTXXqcWvk"]

[gallery columns="4" link="file" ids="110858,176118,110855,109634,109632,109631,95323,95322"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU