Kumpulan Base TH 6 Terbaik Clash of Clans [Update 2015]

base th 6 terbaik

Clash of Clans merupakan game yang sangat populer di Indonesia, tercatat sampai tahun 2015 ini game ini masih menempati singgasana puncak game mobile berpendapatan terbesar. TH 6 dapat dianggap termasuk tahap awal di Clash of Clans dimana pemain harus mulai memikirkan mengenai base. Berikut ini beberapa pilihan base th 6 terbaik yang bisa digunakan untuk trophy, war, farming atau hybrid yang bisa kamu pilih sebagai rujukan.

Base TH 6 Terbaik : Trophy / Defense/ War

Merupakan tipe base bertujuan untuk bertahan sebaik mungkin. Di tipe base ini biasanya pemain menaruh Town Hall (TH) di lokasi yang tidak bisa dijangkau pemain lawan dengan mudah. Tipe Base trophy biasanya mempunyai spesialisasi tertentu misalnya anti hog, anti dragon, anti giant atau all rounder atau anti wall breaker

Tipe base trophy yang didesain dengan baik mampu mendorong tingkat kerusakan antara 40-49% sehingga pemilik base bisa dapat shield tanpa kehilangan trophy satupun. Tentunya ini hanya bisa terjadi jika penyerang berada pada th 6 atau 7. Jika penyerang berasal dari TH 8 keatas, biasanya base apapun tidak akan bisa bertahan.

Berbeda dengan TH 7 keatas, base th 6 tidak memiliki perbedaan antara base untuk Trophy dan Clans War. Untuk base th 6 terbaik, perangkat pertahanan yang tersedia adalah 3 cannon, 3 archer tower, 2 mortar dan 2 wizard tower.

Mysterio Symetry

base th 6 terbaik trophy defense

Sesuai dengan namanya, base th 6 ini didesain dengan simetris antara sisi kanan dan kiri yang berkebalikan, kompartemen atas kiri sama dengan kompartemen kanan bawah dan kompartemen atas kanan sama dengan kiri bawah ditambah bagian core dimana town hall dan bangunan penting lainnya ditempatkan.

Walaupun simetris, base ini akan sangat efektif melawan wall breaker karena penempatan wall yang efektif. Serangan wall breaker hanya akan menembus 1 kompartemen.

Penempatan mortar di tengah base akan membantu menyapu pasukan tier 1 seperti barbarian, archer dan goblin yang akan datang berkerumun. Untuk menghindarkan serangan oleh balon udara, air defense ditempatkan di tengah tengah sehingga sulit dijangkau penyerang.

Giant bomb dan traps lainnya dapat disesuaikan dengan gaya bermain anda. Jangan lupa upgrade pertahanan dan wall anda sampai maksimal sebelum upgrade ke TH 7.

Base TH 6 Terbaik : Farming

Berbeda dengan tipe base trophy, tipe base farming ditujukan mudah dikalahkan oleh penyerang. Caranya tidak lain dengan menaruh Town Hall pada tempat yang mudah dijangkau oleh lawan. Strategi ini bertujuan agar penyerang dengan th lebih rendah dapat menyerang dengan mudah. Sehingga pemilik base th 6 bisa cepat mendapatkan proteksi

Walaupun ditujukan agar th mudah dihancurkan, penempatan penyimapan resources sangat diperhatikan sehingga sulit sekali ditembus dan dirampok.

Tipe base farming lebih efektif untuk liga yang rendah untuk mencari resources demi upgrade. Apalagi jika tidak terlalu banyak pemain level tinggi yang sedang farming.

Traps Galore

base th 6 farming terbaik

Seperti tipikal base farming, town hall ditempatkan di tempat yang mudah dijangkau oleh penyerang namun storage ditempatkan di lokasi yang sangat terlindung.

Base th 6 ini unik karena membiarkan kompartemen penyimpanan dilindungi oleh traps yang bakalan mengurangi kekuatan penyerang cukup banyak.

Wall breaker juga pasti akan kesulitan untuk menembus tipe base ini karena perekat antar wall yang didesain supaya tidak bisa jebol lebih dari satu kompartemen.

Penyerang menggunakan balon udara juga akan kesulitan untuk menembus markas ini karena penempatan air defense yang berada persis di tengah base.

Base TH 6 Terbaik : Hybrid

Base Hybrid adalah tipe base yang memiliki prioritas berimbang untuk melindungi Town Hall dan resources namun tidak sebaik yang memfokuskan ke salah satu diantaranya.

Biasanya pemain yang membuat base hybrid berada pada liga yang sedikit lebih rendah dari seharusnya, misalkan pemain TH 8 tapi masih berada pada tingkat silver 1.

base th 6 hybrid terbaik

Walaupun terlihat mirip dengan base trophy atau war, base ini memiliki perbedaan fundamental yaitu pada penempatan storage pada lokasi yang relatif mudah dijangkau oleh lawan.

Namun demikian, penempatan storage tersebut bukan tanpa maksud karena mortar dengan splash damage akan menyapu penyerang dengan mudah.

Satu satunya kelemahan base ini, (sama dengan banyak base hybrid lainnya) adalah mudahnya lawan mendapatkan 1 star dengan teknik sniping menggunakan archer. Memang kemudahan tersebut punya maksud  agar pemain dengan level base lebih rendah masih bisa mengalahkan base ini.

Demikian racikan khusus untuk base th 6 terbaik, jangan lupa juga baca kumpulan artikel tentang clash of clans lainnya.

– Inilah Kumpulan Strategi Base Defense Clash of Clans yang Sulit Ditembus

– Kumpulan Base TH 8 Clash of Clans Terbaik [Update 2015]

– Menang Mudah Clash of Clans Pakai Barbarian & Archer [Updated 2015]

credit : clashofclansbuilder.com

[ads_pokkt]