"Serangan Gabungan" Xbox One dan Windows 10 Ini Bisa Bikin PlayStation 4 Kerepotan!

Microsoft berusaha kembalikan esensi Xbox One sebagai pusat hiburan gamer dengan integrasi Windows 10...

"Serangan Gabungan" Xbox One dan Windows 10 Ini Bisa Bikin PlayStation 4 Kerepotan!

Serangan Gabungan Xbox One dan Windows 10 Ini Bisa Bikin PlayStation 4 Kerepotan!

Microsoft mengkonfirmasikan Windows 10 khusus untuk PC dan tablet akhir September 2014 lalu. Sistem operasi PC yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian keluarga Windows NT ini dijadwalkan rilis tahun 2015 ini, dan saat ini dalam masa beta tes. Selama setahun kehadirannya, update Windows 10 bakal ditawarkan gratis bagi siapa saja pengguna Windows 8.1 dan Windows 7.

Windows 10 disiapkan untuk mengatasi kekurangan interaksi antar muka yang sering dikeluhkan pengguna Windows 8, terutama oleh mereka yang mengoperasikan sistem operasi tersebut melalui perangkat yang tidak memiliki layar sentuh. Demikian Microsoft menekankan revisi pada desktop Start menu, penerapan virtual desktop system, dan juga menjanjikan bisa menjalankan semua apikasi yang ditawarkan dalam Windows Store di dalam jendela desktop tersendiri, atau dalam mode full-screen.

Serangan Gabungan Xbox One dan Windows 10 Ini Bisa Bikin PlayStation 4 Kerepotan!

Windows 10 menandai sebuah ekosistem yang sudah kami prediksi dua tahun lalu ketika Microsoft mengkonfirmasikan konsol Xbox One mereka yang ternyata menggunakan hardware seperti PC, serta OS Xbox yang juga berbasis pada kernel Windows NT [baca: Xbox One, Usaha Microsoft Memasukkan Konsol Game ke Ruang Keluarga & Microsoft Akan Berikan Dukungan Mainkan Game di PC Windows Dengan Kontroler Xbox One].  Ke depannya, Microsoft ingin menyatukan platform Windows PC, Windows Phone dan keluarga produk Windows Embedded menggunakan satu inti yang sama melalui Winsows 10.

Baca: PlayStation 4 vs Xbox One, Mana Yang Lebih Baik Untuk Gamer?

Lanjut ke halaman 2...

Serangan Gabungan Xbox One dan Windows 10 Ini Bisa Bikin PlayStation 4 Kerepotan!

Dan yang paling ditunggu oleh gamer, Windows 10 juga menjanjikan integrasi yang dalam dengan ekosistem Xbox. Kemarin Microsoft menunjukkan sekilas seperti apa integrasi tersebut, melalui aplikasi Xbox yang baru, yang menggantikan Xbox SmartGlass pada Windows, memungkinkan user untuk menelusuri perpustakaan game mereka (termasuk itu game untuk PC dan konsol), akses ke notifikasi serta achievement, chat dengan teman Xbox Live melalui teks dan video, serta penerapan fitur Game DVR yang memungkinkan kalian meng-capture dan edit video yang diambil menggunakan perangkat ber-Windows 10 (kecuali smartphone) juga tersedia langsung melalui keyboard shortcut, memungkinkan kalian menyimpan 30 detik terakhir gameplay yang berjalan sebagai video yang bisa dibagikan ke Xbox Live, OneDrive, atau media sharing lainnya.

Xbox on Windows 10

[youtube_embed id="DI4QVOaLCWk"]

Kemudian yang terakhir ditekankan selama streaming media briefing yang digelar Microsoft kemarin, Windows 10 juga bakal mendukung fungsi streaming game Xbox One melalui jaringan lokal. Phil Spencer, Corporate Vice President of Microsoft Studios, mengungkapkan fitur tersebut, jika kalian bisa men-streamingkan sembarang game Xbox One dari konsol ke PC atau tablet. Dia mendemokan fitur tersebut dengan memainkan Forza Horizon 2yang dimainkan dengan lancar menggunakan tablet Microsoft, Surface Pro 3. Mulai streaming game, bahkan juga berinteraksi dengan antar muka Xbox One, bisa dilakukan melalui tablet tersebut. Fitur tersebut juga bakal mulai mereka terapkan mulai tahun ini, namun belum dipastikan kapan.

Serangan Gabungan Xbox One dan Windows 10 Ini Bisa Bikin PlayStation 4 Kerepotan!

Selain aplikasi Xbox masuk ke Windows, fitur OS Windows 10 juga diterapkan untuk Xbox One. Konsol generasi delapan tersebut saat ini memang sudah menjalankan OS berbasis kernel Windows saat ini, yang nantinya selama tahun ini bakal di-update ke Windows 10 untuk integrasi yang lebih mudah dengan gamer PC, sekaligus juga mempermudah developer dalam meluaskan aplikasi yang mereka kembangkan untuk satu produk anggota keluarga Windows 10 ke produk lainnya, khususnya televisi, yang menjadi media untuk menampilkan Windows 10 melalui konsol game.

Lanjut ke halaman 3...

Serangan Gabungan Xbox One dan Windows 10 Ini Bisa Bikin PlayStation 4 Kerepotan!

Microsoft bakal membagikan lebih banyak detail mengenai fitur yang makin memberikan penekanan akan usaha mereka memasukkan platform game Xbox, serta kini ternyata juga pengalaman desktop PC mereka ke ruang keluarga, melalui event Game Developers Conference yang bakal digelar awal Maret 2015 mendatang.

Kemudian terakhir, dukungan cross-platform antara game Windows 10 dan Xbox One juga sudah direncanakan. Hal itu juga bersamaan dengan konfirmasi jika Fable Legends juga bakal tersedia untuk PC, dan dirilis bersamaan dengan versi Xbox One-nya di tahun 2015 ini. Phil Spencer pun juga mendemokan seperti apa pengalaman cross-play antara kedua versi selama media briefing. Menurut Microsoft, Fable Legends hanya satu dari banyak game flagship Xbox One serta yang datang dari Microsoft Studios, yang juga bakalan hadir untuk Windows 10. Pihaknya bakal memperlihatkan lebih banyak game lainnya dalam waktu dekat ini. Screenshot baru Fable Legends yang dirilis selama event kemarin bisa kalian lihat di sepanjang artikel ini,

Fable Legends played across Xbox One and Windows 10

[youtube_embed id="DqBBASzk1p4"]

Kita tunggu saja, karena sepertinya bukti real integrasi Xbox One dan PC ini menjadi semangat baru bagi Microsoft untuk mengembalikan esensi sebuah Xbox One menjadi konsol game yang sebenarnya, bukan sekadar kotak set-top-box yang dijejali fitur multimedia dan juga game, yang menyasar menjadi pusat hiburan di ruang keluarga. Di sisi lain, rival mereka, Sony, juga sudah menerapkan fitur streaming semacam itu lebih awal. Kini menjadi makin menarik, konsol dan platform mana yang menawarkan pengalaman lebih baik.

Baca: Tren Video Game: Dukungan Cloud Streaming, Sarana Perpanjang Usia Game Klasik

Baca: Selangkah Lagi Untuk Bisa Mainkan Game PlayStation 4 Dimana Saja!

Baca: PlayStation 4 Membuka Peluang Mata Pencaharian Baru, Menjadi Joki Ngegame! 

Serangan Gabungan Xbox One dan Windows 10 Ini Bisa Bikin PlayStation 4 Kerepotan!

Berikut daftar fitur gaming untuk Windows 10 yang diungkapkan Microsoft melalui press release mereka:

 

The Xbox App. Whether you only game on the PC, the console or both, the Xbox app brings together the most important aspects of your gaming life: Games, Friends, Messages, Activity Feed, your gaming legacy with Achievements, and much more.

Xbox Live and multiplayer across devices. Xbox Live is social, interactive, and seamlessly integrated directly into Windows 10, bringing gamers the experiences they love across devices, like multiplayer gaming on Windows 10 against players on an Xbox One, and messaging and chat with friends. And developers will get full access to the Xbox Live API, making it easier to create more powerful gaming scenarios across devices.

Game Streaming. Thanks to the deep integration of Xbox on Windows 10, games on Xbox One can be streamed through your home network to your Windows 10 PC or tablet, anywhere in your house. Xbox One gamers will now be able to play many of their favorite console games on their PC. And many Xbox One accessories will work interchangeably on the console and PC (with more on the way), so you can customize your experience in whatever way you see fit.

Serangan Gabungan Xbox One dan Windows 10 Ini Bisa Bikin PlayStation 4 Kerepotan!

DirectX 12. We’ve enhanced our graphics technology to squeeze every ounce of performance out of your supported hardware and open up a new wave of innovation for high-end graphics. Delivering greater complexity and detail on your current PC, games authored or updated for DirectX 12 are able to run faster and have richer visuals. And this technology is already in the hands of developers today. The engines used to power hundreds of games are implementing DirectX 12, including Unreal Engine 4 from Epic and, as we announced today, Unity.

Game DVR. On Xbox One, one of the most popular features used by gamers is Game DVR, which gives simple access to recording, editing, and sharing out your most epic gaming moments. It’s not easy or consistent to do that for PC games today. We’re bringing this beloved feature to Windows 10, now accessible by simply pressing Windows+G. With the games you love playing – whether on Xbox Live, Steam, or other services – you can record, edit, and share game clips with all your social networks.

Serangan Gabungan Xbox One dan Windows 10 Ini Bisa Bikin PlayStation 4 Kerepotan!

Sumber: [outbound_link text="Microsoft" link="http://news.xbox.com/2015/01/xbox-one-phil-spencer-unveils-new-experiences-for-xbox-one-and-windows-10-gamers"], [outbound_link text="Xbox" link="http://news.xbox.com/2015/01/games-xbox-one-and-windows-10-gamers-can-play-together-in-fable-legends"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU