Greget, Inilah 8 Game Kreatif Hasil Jakarta Game Jam 2015

Jakarta game jam 2015 mendekati ujung acara. Dengan lebih dari 30 peserta, acara tahun ini diikuti lebih banyak peserta dibanding tahun lalu. Dari 30 peserta tersebut ada 5 karya yang memiliki bermacam genre dan platform.

Nampak ada beberapa ide segar yang muncul dari acara selama 48 jam ini. Seperti game dengan ide survival alien, fitness puzzle dan simulator. Nampaknya tema  “what do we do now” yang diusung penyelenggara global sukses untuk memberikan kebebasan bagi para peserta dalam menuangkan ide.

Global game jam sendiri memang membebaskan peserta untuk memilih teknik, tools media dan metode untuk membuat karyanya menjadi diluar kebiasan. Salah satu tujuan acara ini memang adalah menantang status quo dan keterbatasan yang biasanya dihadapi oleh peserta di tempat kerjanya masing masing.

Yuk cermati hasil kreatif dari para peserta Jakarta Game Jam yang diharapkan bisa meledakkan kepala ini.


5

72 Virgins


72-bidadari

72 Bidadari adalah game tentang kisah perjalanan ke surga setelah mati akibat bom mobil. Kemudian di surga menanti malaikat yang meminta pemain untuk memilih salah satu diantara 72 bidadari yang direpresentasikan dalam bentuk kartu. Tujuan dari pemilihan ini adalah untuk mendapatkan 1 bidadari yang benar benar perempuan asli.

crew 72 bidadari

Uniknya, game ini serupa kisah agama yang menjanjikan orang akan bertemu dengan 72 bidadari. Game ini juga menyediakan 2 macam mode, yaitu mode normal dimana pemain harus mencari bidadari cewek dan spesial dimana pemain harus menghindari bidadari jadi jadian.

72 bidadari
contoh bidadari / bidadara dalam game 72 bidadari

 

Bidadari yang ada di game ini nampaknya merupakan plesetan dari nama tokoh dalam dan luar negeri negeri seperti,  Julia Penyet, Nauzubilla BKT48, Tifa Tul Sepiring dan Mario Tegang.


4

Breached


breached-featured

Game ini menceritakan tentang Dewi, perwira yang berada di kapal antariksa. Suatu saat Dewi menemukan keanehan yang disebabkan entitas misterius. Dewi harus melarikan diri dari kapal angkasa dengan mencari kunci ruangan yang mengarah pada pintu keluar. Saat melarikan diri, pemain juga akan bertemu dengan Alien yang akan memangsa Dewi tidak sembunyi jika berhati hati.

breached

Game yang bergenre survival horror point and click ini menantang pemain untuk menyelesaikan tugas demi tugas untuk menjawab pertanyaan “what dewi do now”.

Walaupun saat ini baru selesai satu level, nantinya game ini terbuka untuk dikembangkan lebih lanjut. ucap salah satu pembuatnya.


3

Do Nothing


do-nothing

Do nothing adalah game simulator yang bertema kehidupan sehari hari mirip the Sims. Namun berbeda dengan the Sims saat kita harus mengendalikan karakter yang ada didalamnya. Game ini meminta pemain untuk menyelesaikan tugas sehari hari lebih awal dari karakter didalamnya.

Alih alih membuat pemain didalamnya bahagia, game ini bertujuan untuk membuat karakter di dalamnya mati bosan karena tidak ada hal yang perlu dilakukan. Pemain akan kalah jika karakter di dalam game berhasil menyelesaikan 3 tugas.


2

Last


last-featured

Last menceritakan tentang sekelompok orang yang terdampar di suatu pulau. Pemain dituntut untuk mengelola penyintas yang ada di dalam game supaya bisa bertahan hidup selama mungkin.

Pemain akan diberikan kendali untuk melakukan untuk mencari makanan, air dan mencari sumber daya yang ada di pulau. Dalam permainan, karakter yang ada didalamnya akan menemui beberapa tantangan seperti penyakit, hewan buas, cuaca yang berubah ubah dan tantangan lain yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya

crew---last

Menariknya, akan ada beberapa penyintas yang juga memiliki beberapa karakteristik yang berbeda untuk melakukan tugas dengan cara paling efisien.


1

Amorobic


amorobic

Amorobic adalah game ritmik dan olahraga senam. Ceritanya dimulai dari pemain yang ingin memiliki badan ideal dan atletis. Untuk mewujudkan keinginan pemain kemudian mengikuti program pelatihan yang dipandu instruktur yang memiliki penampakan “menarik”.

Pemain kemudian dituntut untuk mengikuti gerakan instruktur senam dari berbagai sisi. Apabila pemain salah menebak gerakan, instruktur senam akan memberikan hadiah yang rasanya tidak akan terlupakan.

amoropic

Semakin lama peserta mampu mengikuti permainan, maka poin akan bertambah dan gerakan yang disajikan instruktur senam akan semakin variatif dan dari berbagai sisi.


Escape


escape

Escape adalah game platformer yang menugaskan pemainnya melarikan diri dari sebuah puzzle. Pemain akan menjadi semacam kutu yang menghadapi banyak rintangan dalam setiap levelnya, apakah itu paku berduri, peluru kendali atau pijakan yang bergerak gerak.

Memainkan game ini mengingatkan penulis pada game mario di level level akhir dekat dengan koppa. Hebatnya game ini hanya dibuat oleh 1 orang saja lho.

 

Selain itu ada 2 game lagi yang dikerjakan oleh 1 orang dengan tema virus shooter dan petualangan Jakarta.

shoot-them-all jakarta


Nah, gimana karya dari para peserta Jakarta Game Jam ini, keren kan ? jangan khawatir, kalau tahun ini belum berkesempatan, masih ada tahun depan yang tentunya lebih seru lagi. Acara ini didukung oleh Lyto Datarindo Fortuna dan Megaxus Infotech, dua publisher terkemuka di Indonesia.


SHARE
Previous articleKata kata Cinta Dalam Anime/Manga Yang Bikin Hati Meleleh
Next articleKonsep Visual One Piece Tower Ajak Kita ke Dunia One Piece!