Menebak Kandidat Wakil Subsektor Game di Badan Ekonomi Kreatif

Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf
Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf

Baru saja dikabarkan bahwa ayah dari Sherina Munaf mendapatkan mandat dari Presiden Jokowi untuk mengepalai Badan Ekonomi Kreatif [baca: Jokowi Lantik Ayah Sherina Munaf Jadi Kepala Badan Ekonomi Kreatif].

Badan Ekonomi Kreatif merupakan badan khusus yang dibentuk oleh Pemerintahan Jokowi untuk menangani ekonomi kreatif. Badan ini merupakan organisasi baru yang dipisahkan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada pemerintahan sebelumnya

Dalam struktur organisasinya, Kepala Badan nantinya nantinya akan dibantu oleh beberapa Deputi diantaranya Deputi Riset Edukasi dan Pengembangan, Deputi Akses Permodalan, Deputi Infrastruktur, Deputi Pemasaran, Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Deputi Hubungan dan Pengembangan antar Wilayah

Nantinya deputi ini akan membawahi beberapa subsektor diantaranya untuk musik, seni pertunjukan, kuliner dan tentunya game dan animasi dengan model matriks dan non struktural.

Tentunya untuk industri game nasional kita semua berharap tokoh yang kompeten bisa duduk dan mengemban amanah ini. Sebelumnya , CEO Duniaku Network ditunjuk menjadi ketua tim Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Ekonomi Kreatif, subsektor Permainan Interaktif, yang disusun dalam buku berjudul Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025. [baca: Di Buku Inilah Masa Depan Ekonomi Kreatif Indonesia Dirancang]

Yuk simak, siapa saja kandidat yang kami rasa cocok untuk mengurus subsektor ini di Indonesia!

*Urutan tidak menunjukkan preferensi kami terhadap calon tersebut.

1

Andi Suryanto


andi suryanto

Dengan menyandang status sebagai Presiden dari Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan juga CEO dari salah satu publisher game terbesar di Indonesia, tentu merupakan nilai tambah dari Andi Suryanto. Lyto sendiri dianggap sebagai salah satu pelopor masuk dan berkembangnya industri game online di Indonesia.


2

Andy Zaky


andy-zaky-facebook

Dengan pengalaman sebagai Anggota Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional, tentunya Andy Zaky memiliki kapasitas untuk memangku jabatan ini. Apalagi dirinya juga memiliki media serta venture capital, plus kedekatannya dengan pemerintah dan juga BUMN yang bisa membantu pertumbuhan industri ini  lebih cepat lagi.


3

Anton Budiono


anton-budiono

General Manager dari Artoncode Indonesia ini merupakan salah satu developer game Indonesia yang senior dan sudah malang melintang di banyak perusahaan dan industri, baik industri game digital maupun board game. Pengalamannya dalam industri game ini bisa menjadi nilai tambah jika dipercaya untuk menduduki posisi ini.


4

Kris Antoni Hadiputra Nurwono


kris-antoni

CEO dari Toge Productions yang juga menjabat ketua dari International Game Developers Association (IGDA) chapter Jakarta. Kris juga merupakan salah satu pionir dari Game Developer Gathering (GDG), sebuah acara tahunan berskala internasional di Indonesia yang mempertemukan para pelaku industri game Indonesia dengan pelaku industri game dari negara lain. Bersama Toge, Kris juga memiliki banyak karya yang sering mendapatkan pengakuan internasional.


5

Marlin Sugama


duniaku-marlinsugama-1

Salah satu nama senior di industri game dan animasi Indonesia. Marlin merupakan salah satu founder dari Altermyth, co-founder dari Main Studios dan juga mantan ketua IGDA chapter Jakarta sebelum era Kris Antoni. Dengan sepak terjangnya yang cukup lama di industri game dan animasi ini, tidak salah rasanya jika ibu satu ini masuk dalam bursa kandidat Direktur Subsektor Game Badan Ekonomi Kreatif.


6

Anton Soeharyo/Rokimas Soeharyo


anton-rokimas-soeharyo

Duo bersaudara yang berhasil membangun Touchten Games menjadi salah satu developer game yang disegani baik di Indonesia maupun di dunia. Anton sendiri juga seringkali mewakili industri game Indonesia sebagai pembicara di berbagai forum internasional. Kombinasi duet ini pasti dapat industri game Indonesia dapat menjual lebih cepat lagi.


7

Arief Widhiyasa


areif-widhiyasa

Salah satu developer yang sangat rajin mengkampanyekan industri kreatif, baik di forum-forum berskala nasional maupun internasional. Jangan lupakan juga peran Arief dalam Generasi Optimis era kampanye kreatif presiden Jokowi lalu, yang membuatnya cocok sebagai brand image industri game Indonesia di mata dunia. Dia juga membidani lahirnya salah satu studio game besar Indonesia, Agate Studio dengan berbagai karyanya yang populer.


8

Bullit Sesariza


bullit-sesariza-wn

Salah satu legenda hidup industri game Indonesia, yang sudah kenyang pengalaman di industri ini. Bukan hanya di industri game digital dengan berbagai karyanya yang mendunia, melainkan juga board game bahkan juga beberapa game arcade seperti Dino Duel.


9

Ami Raditya


duniaku-amiraditya-1

Dari perwakilan media, nama Ami Raditya tentu bisa menjadi salah satu kandidat yang kuat. Dengan pengalaman lebih dari satu dekade di industri game dan membidani lebih dari 10 media game di Indonesia, tentu Ami sudah mengetahui seluk beluk dan sejarah industri game Indonesia dengan baik, dan bisa menjadi landasan yang kuat untuk membangun industri ini ke depannya.


10

Dien Wong


dien-wong---segitiga.net

Dien Wong juga merupakan salah satu legenda hidup developer Indonesia dan membidani salah satu studio game paling senior di Indonesia, Altermyth. Karena sudah lebih dari satu dekade berkecimpung di industri ini, tentu pengalamannya di masa lalu bisa menjadi pelajaran yang baik untuk menentukan arah industri game Indonesia di masa yang akan datang.


11

Frida Dwi


frida-dwi-game-dev-gatherign

Pria yang akrab disapa dengan UBe ini merupakan perwakilan daerah yang seringkali menjadi motor penggerak komunitas developer game Indonesia. Dengan pertumbuhan komunitas Game Developer Indonesia (GamedevID) yang pesat, tentu juga akan membantu pertumbuhan industri game secara keseluruhan untuk ke depannya. Tokoh ini juga rasanya dapat mempersatukan komunitas di tingkat akar rumput.


12

Eka Pramudita Muharram


GDG-2014-facebook

Sama seperti Frida Dwi, Eka juga merupakan perwakilan daerah yang seringkali menjadi motor penggerak komunitas developer game di Surabaya, dan juga Indonesia. Pertumbuhan industri game yang pesat bisa didukung dari banyak sisi, salah satunya bisa melalui komunitas developer game. Eka merupakan salah satu yang kami rasa tepat untuk membangun komunitas game Indonesia.


13

Ivan Chen


Ivan-Chen

CEO dari Anantarupa Studios yang merupakan satu dari beberapa developer game yang cukup dekat dengan pemerintahan. Apalagi, Ivan juga seringkali diminta mewakili Indonesia di berbagai fora dan event internasional, seperti saat menggawangi Indonesia Game & Art Studios selama Tokyo Game Show (TGS) 2014 September silam.


14

Harry Waluyo


jateng-online

Harry Waluyo merupakan mantan salah satu Dirjen di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif era kepemimpinan Mari Elka Pangestu. Sosok tokoh senior yang memiliki pengaruh besar dan juga seringkali berkontribusi positif dalam acara game developer.


15

Lolly Amalia Abdullah


lolly-abdullah

Mantan Direktur Kerjasama dan Fasilitasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif era kepemimpinan menteri Mari Elka Pangestu. Lolly juga aktif mendukung keikutsertaan Indonesia di berbagai event, salah satunya adalah keikutsertaan Indonesia lewat bendera Indonesia Game & Art Studio dalam Tokyo Game Show (TGS) 2014 silam.

Update : Direncanakan mulai minggu depan Pak Triawan Munaf akan mulai menerima perwakilan masing masing komunitas subsektor untuk presentasi hasil rencana induk permainan interaktif yang sudah disusun sebelumnya. Kami akan kabarkan kembali jika ada perkembangan terbaru.

BONUS! Lanjut ke halaman selanjutnya!