Kenali Interface dan Fitur Baru Facebook-nya Xbox One Dalam Windows 10

Xbox-One-Windows-10-1

Melalui Windows 10, Microsoft mencoba menciptakan sebuah ekosistem baru, yang sudah kami prediksi dua tahun lalu ketika mereka mengkonfirmasikan konsol Xbox One (yang ternyata menggunakan hardware seperti PC) [baca: Xbox One, Usaha Microsoft Memasukkan Konsol Game ke Ruang Keluarga & Microsoft Akan Berikan Dukungan Mainkan Game di PC Windows Dengan Kontroler Xbox One]. Windows 10 menjanjikan integrasi yang dalam dengan Xbox. Microsoft kembali memberikan preview melalui video, seperti apa keseluruhan yang bisa kalian lakukan melalui Xbox on Windows App yang baru. Lihat di bawah preview Xbox App tersebut, yang memperlihatkan beberapa fitur dasar aplikasi tersebut:

Xbox App on Windows 10 Preview

Kenali Interface dan Fitur Baru Facebook-nya Xbox One Dalam Windows 10

Perlu punya smartphone Lumia, dan tablet / laptop Surface (total duitnya bisa untuk beli Xbox One lagi)!

Abaikan

Aplikasi yang menjadi media integrasi keduanya, dan menggantikan Xbox SmartGlass pada Windows, memungkinkan user untuk menelusuri perpustakaan game mereka (termasuk itu game untuk PC dan konsol), akses ke notifikasi serta achievement, chat dengan teman Xbox Live melalui teks dan video, serta penerapan fitur Game DVR yang memungkinkan kalian meng-capture dan edit video yang diambil menggunakan perangkat ber-Windows 10, memungkinkan kalian menyimpan 30 detik terakhir gameplay yang berjalan sebagai video yang bisa dibagikan ke Xbox Live, OneDrive, atau media sharing lainnya

Baca: PlayStation 4 vs Xbox One, Mana Yang Lebih Baik Untuk Gamer?

Baca: “Serangan Gabungan” Xbox One dan Windows 10 Ini Bisa Bikin PlayStation 4 Kerepotan!

Xbox-on-Windows-10-1

Program insider Windows oleh Microsoft memungkinkan para anggotanya untuk mencoba build Januari dari Windows 10, sekaligus versi awal Xbox on Windows App. Tujuan uji coba oleh para insider tersebut (kalian bisa daftar di sini untuk mengikutinya), adalah untuk menguji versi awal Windows 10, serta fitur-fitur baru yang ditambahkan di dalamnya, termasuk Xbox App. Menurut Microsoft, versi awal ini sudah mendukung layar desktop beresolusi tinggi, input keyboard dan mouse, dan bakal terus bertambah sampai mereka merilis aplikasi Xbox untuk di Windows 10 tahun ini.

Xbox-on-Windows-10-3

  • Your Profile – akses cepat ke profil Xbox dan aktivitas terakhir serta achievement. Dengan preview build awal ini, kalian bisa melihat Gamerscore, Activity terakhir, Achievements, daftar Following dan Game Clips.
    • Activity – informasi game terakhir yang dimainkan, dan memungkinkan kalian juga post update ke Activity Feed.
    • Achievements – melihat semua game yang baru saja dimainkan di semua platform, dan juga apa yang sudah dicapai dengan Achievements.
    • Following – tampilkan semua Friends dan juga mungkinkan kalian melihat game yang kalian ikuti.  “Follow” game dengan cara klik tombol Follow di halaman detail game.
    • Game Clips – kalian bisa melihat klik yang direkam di bagian ini
  • Home  – Tampilan utama Xbox on Windows App memperlihatkan game yang terakhir dimainkan / Recently Played, teman dan status onlinenya, sekaligus Activity Feed dari event, game clip, dll, yang terakhir dipost.
    • Recently Played – terlihat game yang terakhir dimainkan di sini, serta gamer score dan achievement yang didapatkan di semua platform, kalian bisa juga filter daftar ini dengan hanya menampilkan platform Xbox One saja, atau game yang dimainkan di perangkat Windows 10 lainnya. Ketika klik pada game tersebut, kalian masuk ke Game Hub – dimana kalian bisa melihat Gamerscore, status Achievement, total waktu permainan dan klip video untuk game tertentu. Di sini juga kalian bisa pilih untuk “Follow” game.
    • Friends – di sini kalian bisa melhat friend dari semua perangkat Windows 10 yang teregister akun kalian, sekaligus mencari friend baru. Untuk melihay aktivitas terakhirnya, achievement, teman mereka, game yang mereka follo dan game clip di bagian profilnya.
      • People you might know – Xbox on Windows App menampilkan daftar user yang bisa kalian tambahkan ke Friends list, misalnya, mereka yang sudah mem-Following kalian.
      • VIPs on Xbox – Kalian bisa juga mengikuti gamer yang dianggap penting, atau yang termasuk creator yang tergabung dalam komunitas Xbox Live, seperti Clip Creators dan Popular Broadcasters.
    • Activity Feed – seperti tipikal jejaring sosial, di sini kalian bisa melihat kabar berita aktivitas,post tulisan, like dan comment di achievement atau Game Clips terakhir teman. Dalam preview build kali ini, opsi sharing belum diaktifkan.

Xbox-on-Windows-10-2

  • Messages – Melihat pesan dari user dan juga system message / notification.
  • Settings – Melihat version number Xbox on Windows App, hingga Sign out dari aplikasi ini. Kemudian beberapa setting bisa diaktifkan / matikan, seperti berikut:
    • Live tile – menampilkan jumlah friend yang online, messages yang belum terbaca, serta activity alerts pada tile Xbox on Windows App dalam menu Windows 10 Start
    • Notifications –  untuk item berikut:
      • Favorite online – Mengabarkan ketika ada favorite friend online
      • Twitch broadcast started – Mengabarkan ketika favorite friend mulai broadcasting
      • Message – Mengabarkan ketika kalian mendapatkan message

Banyak fitur baru yang harus kalian pelajari nantinya ketika ekosistem ini diluncurkan. Ketika Windows 10 resmi diluncurkan bersama Xbox on Windows App, apakah kalian bakal mencobanya? Yang jelas butuh budget lebih, seperti membeli smartphone Windoes Phone seperti Lumia, atau tablet ber-OS Microsoft seperti Surface untuk memaksimalkannya…. Atau kalian tetap menempatkan konsol terpisah dengan PC dan perangkat Windows 10 lainnya, dan hanya memaksimalkannya untuk bermain game di satu tempat saja?

Sumber: Microsoft


SHARE
Previous articleOfficial Teaser Trailer Fantastic Four: Interstellar Banget!
Next articleKim Jong Un Akan Datangi Indonesia!!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.