Loh, Sebentar Lagi Ada Hari Tanpa Video Game…

duniaku-novideogame-1

Bagaimana ya rasanya jika ada satu hari dimana kita benar-benar dilarang bermain game, baik di konsol, handheld, game center atau bahkan board game sekalipun? Tidak perlu sulit-sulit dibayangkan, karena sebentar lagi bakal ada hari seperti itu, bukan hanya satu hari saja melainkan dua hari dalam satu bulan!

Tenang saja, bukan ada di Indonesia kok, melainkan di Jepang sana. Dan bukan hanya untuk keseluruhan Jepang, melainkan hanya satu prefektur saja, Hokkaido. Pemerintah Hokkaido sudah mengkonfirmasikan bahwa mulai bulan Februari 2015, ada dua hari dalam satu bulan dimana warga di sana dilarang untuk bermain game apapun bentuknya. Dua hari yang disebut dengan No Video Game Day ini akan diselenggarakan setiap hari minggu pertama dan ketiga setiap bulannya.

No Video Game Day

Tentu ada alasan dibalik keputusan ini. Pemerintah setempat menggelar No Video Game Day ini karena selama kurun beberapa waktu terakhir nilai anak-anak sekolah di Hokkaido terus menurun. Hal tersebut membuat Hokkaido Board of Education (semacam dinas pendidikan di sana) “mengkambing hitamkan” game sebagai akar permasalahan dari penurunan nilai tersebut. Pemerintah setempat pun akhirnya memutuskan ada dua hari dalam satu bulan dimana anak-anak tidak boleh bermain game. Mereka disarankan untuk menghabiskan hari Minggu pertama dan ketiga setiap bulan tersebut untuk rekreasi bersama keluarga dan teman, tanpa bermain game.

Sayangnya, sampai artikel ini ditulis belum ada konfirmasi mengenai hukuman apa yang akan diperoleh warga Hokkaido jika mereka melanggar ketentuan ini. Sepertinya sih ketentuan ini hanya sekedar saran, agar para gamer sedikit meluangkan waktunya untuk kehidupan sosial diluar “dunia virtual” yang selama ini mereka mainkan plus juga memberikan sedikit waktu belajar untuk mempersiapkan pelajaran keesokan harinya.

Eh, seharusnya sih sekalian ada larangan membawa smartphone ya. Siapa tahu masih banyak anak-anak yang bandel, gak boleh main game di konsol atau PC, tapi masih bisa main game di smartphone secara diam-diam…

[Sumber: Kotaku/NHK]


SHARE
Previous articleIntip Suasana Bikin Game 48 Jam yang Kocak di GGJ 2015 Depok!
Next articleDreadOut Ditiru Game Jepang, Karakter NightCry Berbekal Smartphone Pengusir Setan!
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.