Sebut Selfie Haram, Felix Shiaw Malah Buat Tren Baru #Selfie4Shiaw

Baru-baru ini, jagad media sosial dikejutkan dengan adanya fatwa selfie haram yang dikampanyekan oleh Felix Siauw.

Padahal gaya berfoto sendiri, atau selfie ini, sudah menjadi tren dunia, termasuk di Indonesia. Mulai dari remaja, hingga para tokoh penting, seperti Obama dan Jokowi pun, melakukannya. [baca: 5 Hal yang Membuat Tweet Foto Oscar Selfie dari Ellen Degeneres Memecahkan Rekor Retweet]

Tak hanya itu, selfie ini juga sudah menjadi trend di dunia game. Bahkan selfie ini menjadi hobi baru jagoan gahar macam Snake dari seri Metal Gear Solid. [baca: Selfie, Hobbi Baru Snake di Metal Gear Solid V The Phantom Pain]

Baca juga: Para Superhero DC pun Ber-Selfie Ria pada Selfie Cover Variant!

Felix Siauw melalui akun Twitter-nya @felixsiauw mengemukakan pandangannya terhadap gaya foto selfie yang sedang menjadi tren. Menurutnya, aksi berfoto selfie seharusnya dihindari, karena akan menghasilkan sifat sombong dan suka pamer.

Mmuah juga, Tadz.

Ta… tapi, Tadz. Bukannya bulan Desember kemarin dirimu mengadakan acara #Selfie bareng @HijabAlia? Masa lupa?

Lalu, foto ini apa bukan selfie?

selfieshiawmecca

Alhasil, gegerlah jagad media sosial. Netizen malah rame-rame membalas kicauan Felix Shiaw ini dengan berbagai protes.

Bahkan protes ini kemudian melahirkan tren selfie baru, dengan hashtag #Selfie4Shiaw!

Siapa ya mbak ini.

Ini ngeledek apa ngeledek..

Geger kan? Tapi bukan Felix Shiaw namanya kalau tidak membuat geger. Salah satu blog bahkan menyebut: Felix Siauw kembali bikin ulah. Stok ulahnya seolah tak habis-habis. Atau jangan-jangan Felix adalah ulah itu sendiri. Tentunya kita masih ingat betul beberapa pernyataan kontroversinya, antara lain menyebutkan kalau seorang ibu yang bekerja itu lebih pantas disebut karyawan daripada ibu. Juga meminta wanita untuk bermanja-manja saja, dan melabeli wanita kuat, mandiri, dan independen dengan kata seram (beliau mungkin lupa ada Zainab al Qubra, cicit Rasulullah yang berani melawan tiran bernama Yazid bin Muawiyah). Juga pernah menyebut televisi itu buruk, tapi di saat yang sama punya acara di salah satu stasiun televisi. Semoga segala kontroversi yang dilakukan Felix Shiaw ini tidak berujung pada social justice.

Baca juga: Inilah Akhir Karir ‘Mario Teguh’ Gadungan. Motivator Cinta ini Diboikot di Berbagai Negara!

Kita harus sadar betul bahwa Felix Shiaw kan manusia biasa, bisa khilaf. Tanpa mengkerdilkan ilmu beliau, menurut aturan fatwa dalam Islam, hanya seorang mufti sajalah yang berhak mengeluarkan fatwa. Mufti ini wajib hukumnya menguasai Al-Quran dan Hadits, nasakh-mansukhnya (dalil yang diralat dan yang meralatnya), takwil-tanzilnya, tentu saja asbabun nuzul (sebab/konteks turunnya) dan asbabul wurud (kronologi)-nya. Menurut pendapat banyak ulama, mengingat Quran-Hadist berbahasa Arab, maka seorang mufti juga harus menguasai bahasa Arab, demi menghindari salah tangkap terkait makna sebuah ayat atau hadits.

Nah, ternyata nggak sembarang ustadz/ulama bisa mengeluarkan fatwa haram. KH MA Sahal Mahfudh yang begitu tinggi ilmu fiqihnya saja tidak sembarangan mengharam-haramkan sesuatu. Karena untuk jadi mufti itu persyaratannya sangat berat. Maka janganlah kita menggap semua kicauan Felix Shiaw sebagai fatwa. Kita anggap kultwit saja lah. Sah!

Akhir kalam, fatwa kultwit selfie haram dari Felix Shiaw malah membuat makin banyak orang ber-selfie ria. Persis seperti kicauan berikut:

Have a nice day, Ustadz Felix Shiaw…


SHARE
Previous articleLiam Hemsworth Ditawari Untuk Bermain dalam Independence Day 2
Next articleGiliran Karakter Guin dan Nagi di Xenoblade Chronicles X!
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.