GGJ 2015 Bandung, Hasilkan Karya Terbanyak dibanding Kota-kota Lainnya!

GGJ 2015 Bandung

Bandung menjadi salah satu kota penyelenggara Global Game Jam (GGJ) 2015 dengan jumlah peserta terbanyak kedua setelah Surabaya, yaitu 59 orang. Namun, GGJ 2015 Bandung yang diselenggarakan komunitas Game Developer Bandung (GDB) dan Segitiga.net berhasil membentuk sekitar 20 tim, yang artinya menghasilkan 20 game dan merupakan jumlah game terbanyak dibanding kota-kota lainnya. GGJ 2015 Bandung kali ini bertempat di Bandung Digital Valley, Menara RDC Lantai 4 Jl. Geger Kalong Hilir – Bandung. Yang menarik, jumlah anggota masing-masing tim dari Bandung sendiri beragam, mulai dari lima orang bahkan ada juga yang menyelesaikan game seorang diri!

duniaku-ggj2015bandung-2

Sama seperti penyelenggaraan di berbagai kota lainnya, rangkaian acara dalam GGJ 2015 Bandung juga diawali dengan sesi sharing dari beberapa pembicara. Pertama, ada Damas dan Karina dari Rolling Glory yang menyampaikan pengalaman mereka selama game jam tahun lalu. Selanjutnya, ada tech talk dari Gregorius Soedharmo atau yang akrab disapa dengan Gege dari Agate Studio. Sesi sharing dan tech talk bukan hanya dari kalangan developer saja, tapi juga dari dua sponsor GGJ 2015 Bandung, Jalan Tikus dan Vserv. Ratna Dewi dari Jalan Tikus memberikan kesempatan kepada para jammer untuk memasukkan hasil karya dari game jam nantinya ke situs tersebut. Dan terakhir ada Silvia Andriana dari Vserv yang mempromosikan layanannya.

Peserta dari GGJ 2015 Bandung ternyata bukan hanya berasal dari Bandung saja. Tercatat ada beberapa peserta yang berasal dari Cianjur, Subang, dan Jakarta. Bahkan, ada satu peserta yang asalnya dari Sulawesi, namun dia berada di Bandung untuk menyelesaikan studinya. Peserta juga ada yang datang dari kalangan siswa SMA/SMK sebanyak lima orang. Sama seperti Surabaya, GGJ 2015 Bandung juga bukan hanya menghasilkan game digital saja. Dari 20 game yang dihasilkan, terdapat satu card game yang dihasilkan.

duniaku-ggj2015bandung-3

Bandung sendiri siap untuk menggelar GGJ 2016 lagi tahun depan. Sukses terus untuk komunitas gamedev Bandung!

[Foto-foto oleh Panitia GGJ 2015 Bandung]


SHARE
Previous articleMadara Lawan Hashirama Nggak Pernah Sekeren Ini!
Next articleIni Dia Antagonis Utama di Dragon Ball Xenoverse
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.