Cara Menghapus Knox, “Kepribadian Ganda” Pada Perangkat Android Samsung!

Samsung-Knox-7

Selama proses ngoprek untuk mendapatkan akses root dalam perangkat Android Galaxy Samsung, khususnya untuk tipe Galaxy terbaru, kalian juga bakal membaca bagaimana sistem keamanan baru Samsung, yaitu Knox yang harus dinonaktifkan agar berjalannya akses Super User tidak terganggu, serta proses terutama untuk melakukan rooting bisa berjalan dengan lancar.

Sebenarnya apa sih Knox itu? Samsung Knox merupakan solusi keamanan mobile untuk pengguna enterprise. Samsung pertama kali menerapkannya untuk Galaxy S4, dan memungkinkan konten bisnis dan personal bisa eksis dalam satu perangkat mobile, yang mana keduanya dijalankan terpisah melalui suatu kontainer. Demi menjaga keamanan data, Knox membuat ponsel seperti memiliki dua kepribadian.

Samsung-Knox-3

Samsung Knox memisahkan data dan aplikasi ke dalam suatu kontainer, dan mampu menghalangi malware atau penyusup yang ingin mengakses data perusahaan (termasuk itu aplikasi Super User yang di-inject dalam setiap proses rooting Galaxy-nya Samsung). Knox terintegrasi dengan hardware dan setiap level framework Android Galaxy Samsung tertentu, menjadikannya sebagai solusi keamanan enterprise yang baik. Software ini sudah diterapkan untuk pengguna enterprise, namun kini Samsung juga memberikan aksesnya pada pengguna pribadi.

Melalui Knox, Samsung coba memecah anggapan yang menyebut ponsel Android rentan terhadap virus dan program jahat. Knox diklaim melindungi data dan aplikasi, mulai dari email, browser, kontak, kalender, dokumen, hingga aplikasi bisnis. Inisiatif Samsung membuat tujuan Knox jelas. Mereka mengincar segmen pasar korporasi dan pemerintahan, sekaligus bersaing dengan BlackBerry dan iPhone yang selama ini dianggap memberi jaminan keamanan tingkat tinggi.

Daftar Galaxy Samsung yang sudah "dilindungi" dari tangan jahil oleh Knox!
Daftar Galaxy Samsung yang sudah “dilindungi” oleh Knox dari ancaman tangan-tangan jahil para pengoprek!

Knox akan disukai oleh divisi teknologi dan informasi (TI) perusahaan karena mencegah datangnya virus ke ponsel Samsung Galaxy. Data-data yang berhubungan dengan bisnis dan perusahaan tak bisa dicuri. Admin TI dapat mengelola data dan aplikasi yang dikelompokkan dalam profil bisnis di ponsel karyawan. Namun, admin TI tak dapat mengakses data dan aplikasi yang dikelompokkan dalam profil personal, termasuk foto, video, game, dan sebagainya yang bersifat pribadi.

Oleh karena itu, di zona Samsung Knox hanya akan terdiri dari aplikasi yang berguna untuk kepentingan bisnis atau pekerjaan seperti misalnya email, browser, kontak dan kalender yang ditandai dengan adanya simbol kunci di icon aplikasinya. Sebagai pemegang kunci dari Samsung Knox, IT Manager dapat melakukan banyak hal secara remote ke perangkat pegawainya. Seperti misalnya menghapus data Samsung KNOX pengguna jika pengguna sudah tidak bekerja lagi, menambahkan atau menghapus aplikasi hingga menonaktifkan sementara akun Samsung KNOX pegawainya jika sewaktu-waktu perangkat tersebut hilang.

Berbasis kontainer, jika Knox aktif, akan mengambil sedikit jatah internal storage lalian untuk menyimpan file pribadi. Kalau gak butuh Knox, memang lebih baik dibuang saja biar gak menuh-menuhin space...
Berbasis kontainer, jika Knox aktif, akan mengambil sedikit jatah internal storage lalian untuk menyimpan file pribadi. Kalau gak butuh Knox, memang lebih baik dibuang saja biar gak menuh-menuhin space…

Di dalam zona Samsung KNOX, ruang gerak penggunanya dapat dibatasi guna melindungi kebocoran data. Jadi aktivitas di zona Samsung Knox tidak akan sebebas di zona pribadi seperti biasanya. Contoh mudahnya, Anda tidak akan bisa melakukan copy-paste isi email yang ada di zona Knox ke zona pribadi Anda. Atau jika Anda memotret di zona Knox, hasilnya hanya akan muncul di gallery zona Knox saja dan tidak akan muncul di gallery zona pribadi. Toko aplikasi pun berbeda. Di zona Samsung Knox, Anda tidak akan bisa mengunduh aplikasi dari Google PlayStore, sebagai gantinya tersedia toko aplikasi khusus Samsung KNOX yang berisikan aplikasi pilihan yang berhubungan dengan kegiatan bisnis. Canggih bukan?

Samsung-Knox-2

Untuk berpindah ke zona Samsung Knox pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengklik icon Samsung Knox seperti menjalankan aplikasi biasa dan dengan sekejap Anda akan masuk ke zona KNOX. Satu hal yang perlu dicatat, Samsung Knox ini hanya tersedia eksklusif untuk perangkat Samsung saja. Selain itu, Knox juga tidak akan bisa digunakan pada Custom ROM. Knox juga dapat digunakan untuk mencegah pengguna agar tidak bisa melakukan rooting.

Sistem keamanan yang ditawarkan Samsung Knox ini telah mendapatkan sertifikasi STIG (Security Technical Implementation Guide). Bahkan Knox juga telah diloloskan oleh Departemen Pertahanan Amerika untuk digunakan di lingkungan internal mereka.

Lanjut ke halaman 2 untuk cara menghapus Knox…

1
2

SHARE
Previous articleCara Aktifkan USB Debugging Untuk Semua Perangkat Android
Next articleAndroid Octa-Core Murah Alcatel One Touch Flash Hadir Menantang Xiaomi Redmi Note
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.