Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

Karena tongsis adalah kebutuhan anak gaul masa kini!

Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

tongsis (3)

Siapa sih yang hare gene gak pernah selfie? Tongkat narsis atau tongsis adalah sebuah fenomena yang baru-baru ini populer di dunia. Semenjak budaya selfie menjadi lumrah, keberadaan alat batu untuk mengambil foto diri sendiri ini pun menjadi alat yang ngetrend pada masa kini. Tapi bagaimana awal tongsis ditemukan? Bagaimana kemunculan dan pengembangan tongsis hingga menjadi populer pada saat ini? Apa saja cerita di balik popularitas tongsis? Berikut adalah "sejarah" tongsis yang menarik dan mungkin belum kamu ketahui!


[page_break no="" title="SELFIE STICK SI TONGKAT NARSIS"]


Tongkat narsis atau tongsis adalah sebuah alat bantu yang digunakan untuk selfie dari jarak jauh. Tongsis merupakan alat berupa tongkat yang dapat dipanjangkan, dengan di ujung tongkat terdapat tempat untuk meletakkan telepon selular atau perangkat portabel lainnya. Alat ini merupakan modifikasi dari kaki-satu (monopod).

Alat ini muncul karena selaras dengan munculnya budaya selfie. Swafoto atau foto narsisis (selfie) adalah jenis foto potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakankamera digital atau telepon kamera. Foto narsisis sering dikaitkan dengan narsisisme, terutama dalam jejaring sosial.

Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

Saking populernya budaya selfie, pada tahun 2013, kata selfie secara resmi tercantum dalam Oxford English Dictionary versi daring. Dan pada bulan November 2013, Oxford Dictionary menobatkan kata ini sebagai Word of the Year tahun 2013, Menurut Oxford, kata ini berasal dari Australia.

Kadangkala, mengambil selfie tidak cijup dengan jangkauan tangan, terutama jika ingin mengambil gambar yang lebih luas, atau mengambil selfie kelompok (dikenal dengan istilah wefie). Nah, karena kebutuhan inilah tongsis pun mulai dikembangkan. Pengembangannya akan kita bahas nanti, namun penulis akan mengungkapkan fenomena menarik pada awal kemunculan tongsis ini.

Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya


[page_break no="" title="TONGSIS PADA AWALNYA TIDAK BERGUNA DAN KONYOL"]


Siapa penemu pertama tongsis memang simpang siur. Namun keberadaan awal tongsis bisa mengacu pada catatan sejarah berikut ini.

Pada tahun 1995, tongsis terlihat di negara Jepang. Hanya saja tongsis ini bukan merupakan alat yang ngetrend seperti sekarang ini, namun justru tongsis tercatat sebagai penemuan tidak berguna. Kok bisa?

 Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

Jepang seperti yang kita ketahui, selain merupakan negara maju, juga suka membuat penemuan-penemuan aneh. Penemuan aneh ini biasanya karena dianggap merupakan penemuan yang tidak diperlukan pada generasi saat itu. Untuk di Jepang sendiri, penemuan aneh tidak berguna ini disebut sebagai "chindōgu", dan dalam kala tertentu, buku tentang chindōgu ini juga terbit dalam buku Useless Invention.

Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

kalau diperhatikan, ada kabel-kabel untuk timer yang penulis rasa cukup ribet untuk masa itu.

Nah, uniknya, tongsis justru masuk dalam buku 101 Japan Un-Useless Invention pada tahun 1995! Pada penjabarannya, stik kamera ini berguna bagi orang yang suka jalan-jalan baik sendiri maupun berpasangan dan ingin mengabadikan momen secara mandiri. Bisa kita lihat, fungsi tongsis di buku ini tidak jauh beda dengan fenomena tongsis masa kini.

Hanya saja, saat itu kamera belum ada yang otomatis maupun digital. Kamera-kamera analog perlu mengambil fokus gambar terlebih dahulu, dan sistem timer saat itu tidaklah praktis. Ini menjadi salah satu penyebab bahwa tongsis dianggap useless, karena setidaknya saat itu tongsis ini masih dianggap ribet. Sehingga tongsis pun tercatat dalam buku 101 Japan Un-Useless Invention.

Pada circa 2011, tongsis mulai muncul di Amerika Serikat. Hanya saja, saat itu penggunaan tongsis masih dianggap konyol. Jika kamu rajin browsing, banyak meme dan guyonan menyindir tongsis ini. Biasanya tongsis saat itu dianggap sebagai "forever alone" selfie.

Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

ini postingan 9gag yang cukup lama, sekitar tahun 2012-an

Tapi jika kamu ingin mengetahui runtutan penemuan tongsis dengan lebih detil, bisa lanjut bacaan ini ke halaman selanjutnya.


[page_break no="" title="PENEMU DAN PATEN"]


Jika merunut pada wikipedia [baca: [outbound_link text="selfie stick" link="http://en.wikipedia.org/wiki/Selfie_stick"], tongsis pertama kali muncul di Jepang pada tahun 1983 (inilah yang nantinya masuk dalam buku 101 Japan Un-Useless Invention). Saat itu sebuah alat yang disebut sebagai "telescopic extender" dipatenkan, mengingat sebuah kamera "Minolta Disc-7" memiliki lensa dan cermin yang memungkinkan melakukan selfie.

Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

Catatan paten mengenai tongsis juga menyebutkan bahwa  Wayne Fromm asal Kanada merupakan pendaftar paten tongsis. Konon pada tahun 2002, Fromm bersama putrinya Sage berlibur ke Florence, Italia. Mereka mengalami masalah klasik turis, yaitu ingin bisa memotret diri di tempat terkenal secara mandiri. Pada waktu itu, keadaan lokasi sedang padat, dan mereka merasa tidak enak meminta bantuan turis lain.

Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

Fromm memang suka berinovasi. Maka sekembalinya ke Toronto, Kanada, ia mulai berpikir untuk menciptakan perangkat yang bisa membantu turis memotret diri sendiri. Ia mengembangkat tongkat yang bisa meletakkan kamera untuk memotret diri sendiri, maka akhirnya pada tahun 2005, dia mendaftarkan paten sebuah perangkat tongsis yang dinamakannya Quik Pod.

Konon orang Indonesia, Anindito Respati Giyardani juga mengklaim sebagai penemu tongsis, tapi menurut kabar terakhir, pendaftaran paten tongsis yang ia kembangkan tidak memiliki kelanjutan yang jelas.

 


[page_break no="" title="DOSA-DOSA TONGSIS"]


Saat ini tongsis memang menjadi trend di masyarakat. Hanya saja, seberapa manfaatnya penemuan, kadang juga ada penyalahgunaannya. Begitu juga dengan tongsis, tidak luput dari penyalahgunaan.

WARNING: JANGAN DITIRU!

Contohnya adalah penggunaan tongsis untuk -maaf- mengintip celana dalam perempuan. Saya tidak perlu menjelaskannya, beberapa gambar ini cukup memperlihatkan betapa tidak sopannya oknum-oknum dalam menggunakan tongsis.

Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

Kalau ini sih bukan penyalahgunaan, tapi penggunaan yang salah 


[page_break no="" title="KINI, SEMUA MEMAKAI TONGSIS"]


Bagaimana pun juga, tongsis adalah fenomena pergaulan pada masa kini. Semua orang memakainya, bahkan mungkin saja kamu juga memilikinya!

Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

Selebritis tidak luput dari fenomena tongsis

Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

Green Lantern bahkan pakai kekuatan cincinnya untuk bikin tongsis!

Dan pada pengembangannya, tongsis sepertinya akan memiliki fungsi lain yang bermanfaat. Contohnya adalah kasus berikut, yang terlihat ketika berita kasus KPK vs POLRI sedang marak-maraknya.

Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

Di tengah berkecamuknya dunia perpolitikan, wartawan kita bisa-bisanya kreatif memanfaatkan tongsis

Tentunya masih akan ada lagi nilai lebih dan manfaat lain dari tongsis. Seiring berjalannya waktu, hal ini pun akan semakin menarik untuk diperhatikan.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU