Berawal dari Gran Turismo, Gamer Ini Berhasil Jadi Juara Balap Sungguhan!

Gran Turismo Academy

Game memiliki banyak manfaat bagi para pemainnya. Bukan hanya sekedar melatih ketangkasan dan mengisi waktu luang, akan tetapi jika kamu mahir dalam satu game tertentu, maka kamu juga bisa menjadi seorang gamer profesional, yang artinya bisa memberikan pemasukan setiap bulan layaknya bekerja. Dari game pula, banyak lahir pelaku-pelaku profesi lain, contohnya adalah dua gamer Gran Turismo ini. Dari keahlian mereka memainkan game buatan Polyphony Digital tersebut, akhirnya dua gamer tersebut menjadi pembalap sungguhan dan bisa mengikuti balapan sungguhan, bahkan menjadi juara!

Adalah Wolfgang Reip dan Florian Strauss dua gamer Gran Turismo yang penulis maksud tadi. Keduanya berhasil menjadi jawara dalam endurance race Bathurst 12 Hour di negara bagian New South Wales, Australia. Reip dan Strauss adalah dua orang gamer Gran Turismo yang lahir dari Gran Turismo Academy, sebuah akademi balap yang diselenggarakan di tahun 2008 oleh Sony, Polyphony Digital dan Nissan.

Gran Turismo Academy

Gran Turismo Academy sendiri adalah sebuah akademi yang menjaring para pembalap-pembalap “dunia maya” Gran Turismo untuk mengikuti kursus membalap di lintasan sungguhan. Kemudian, diharapkan pembalap yang lahir dari akademi ini bisa berhasil di berbagai event balap sungguhan di seluruh dunia. Reip dan Strauss adalah dua contoh sukses dari akademi tersebut, dimana selain mereka jago membalap di dunia Gran Turismo, mereka pun juga jago mengemudikan mobil balap sungguhan. Gelar juara Bathurst 12 Hour adalah buktinya!

Dalam balapan tersebut, Reip dan Strauss bekerja sama dengan seorang pembalap lain yang bukan berasal dari akademi Gran Turismo, Katsumasa Chiyo. Ketiganya berhasil mencatatkan waktu terbaik dalam balapan ketahanan tersebut menggunakan mobil RJN Motorsport Nissan GTR-35. Kisah sukses Reip dan Strauss sendiri sepertinya bakal berlanjut bulan Juni mendatang, dimana salah satu jebolan Gran Turismo Academy 2011, Jann Marenborough bakal menguji keahliannya dalam balapan ketahanan 24 Hours of Le Mans.

Florian Strauss
Florian Strauss

Bukan hanya pembalap saja yang bisa lahir dari sebuah game, manajer klub sepak bola pun juga bisa lahir dari gamer yang hobi memainkan game simulasi. Mungkin kamu masih ingat, beberapa tahun lalu sempat ada seorang gamer Football Manager yang akhirnya direkrut menjadi manajer klub sepak bola sungguhan. [Baca: Menjadi Manajer Klub Bola Gara-gara Bermain Football Manager!]

Bagaimana citizen, siap untuk mengikuti jejak-jejak mereka? Siapa tahu, dengan kegemaranmu “membalap” F1 atau MotoGP di dunia game bisa mengantarkanmu menjadi pembalap sungguhan!

[Sumber: Eurogamer/Polygon]


SHARE
Previous articleJangan Sampai Tersesat, Kenali Dulu Luasnya Planet Alien Dalam Xenoblade Chronicles X
Next articleOfficial Trailer Tuyul: Part 1: Sosok Tuyul Kini Jadi Lebih Seram!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.