Daredevil Versi Netflix Akan Bernuansa Sangat Kelam?

Daredevil - Poster

Masih ingat pengumuman soal serial Netflix Daredevil? Belum lama ini, trailer dari serial ini sudah beredar di internet. Kamu bisa melihat penampilan Matt Murdock, masih dengan kostum hitamnya dari Man Without Fear, sekelebat penampakan Kingpin, juga karakter-karakter lainnya. [Baca: Daredevil Siap Kembali April 2015!]

Daredevil Versi Netflix Akan Bernuansa Sangat Kelam?

Sampai-sampai dapat rating dewasa!

Abaikan

Bagaimana kesanmu setelah melihat trailer itu? Kelam? Ya, tak biasanya darah terlihat di film-film Marvel Cinematic Universe. Dalam adegan perang epik di Avengers atau perang melawan Hydra di Captain America pertama pun kita hampir tak pernah melihat pertumpahan darah. Namun di trailer ini, tepatnya di 0:27 kita bisa melihat mayat berdarah dengan jelas. Dan ternyata Daredevil memang akan mengambil pendekatan yang lebih kelam dari kebanyakan tayangan Marvel Cinematic Universe lain. Ini bisa terlihat dari rating mereka di preview Netflix.

Daredevil - TV MA

Ya, serial netflix Daredevil ini akan diberi rating TV-MA, rating usia tertinggi di Amerika, bukannya PG-13 seperti Agent Carter dan Agent of S.H.I.E.L.D. Sama seperti rating M di ESRB, TV-MA berarti tayangan tersebut disarankan hanya boleh disaksikan oleh penonton dewasa.  Keyword yang digunakan untuk menjelaskan serialnya pun menegaskan hal ini: Gritty dan Dark. Tampaknya penonton harus bersiap-siap menghadapi tingkat kekerasan selevel tayangan HBO.

Untungnya, langkah netflix ini tidak akan membuat orang-orang mengerutkan kening, seperti Legend of Zelda yang ingin dibuat Netflix dengan gaya “Game of Thrones untuk semua umur.” Bahkan di komik pun Daredevil memang memiliki nuansa dari sebuah film noir. Walau dia adalah salah satu karakter paling heroik di Marvel, Matt Murdock melalui lebih banyak tragedi ketimbang superhero lain. Peter Parker kehilangan Gwen Stacy? Matt Murdock sudah kehilangan jauh lebih banyak lagi. Hampir segala sesuatu yang Matt Murdock lakukan berujung ke tragedi. Musuh-musuhnya, seperti Kingpin, Bullseye, dan Typhoid Mary juga tidak ragu melakukan langkah sadis demi menyiksa Daredevil. Karena itu Captain America saja merasa Daredevil adalah sosok yang membuatnya terinspirasi.

Film Daredevil 2003 yang dikritik habis-habisan versi layar lebarnya pun dipuji di versi Director’s Cut-nya, yang terbebas dari kekangan PG-13. Ada beberapa hero yang memang lebih menarik dibiarkan dalam nuansa kelam dan dewasa. Daredevil adalah salah satunya, selain Punisher dan Moon Knight.

Yang menjadi pertanyaan adalah, karena Daredevil direncanakan akan bergabung dengan Luke Cage, Iron Fist, dan beberapa hero lain dalam tim Defenders, apakah ini berarti semua anggota lain pun akan menerima rating TV-MA? Atau benar-benar hanya Daredevil saja yang cukup “sial” untuk dijatuhi rating ini?


SHARE
Previous articleOFFICIAL: Spider-Man KEMBALI Ke Marvel!!
Next articleBelajar Dari Skandal: Inilah Alasan Polri Masih “Lebih” Dibanding KPK
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.