5 Hal Yang Mungkin Belum Kamu Tahu Tentang Mobil Ichiro: Sang “Punisher” Jalanan

Mobil Ichiro
Mobil Ichiro – Andy Wenas (pemilik)

Kita selalu bisa menemukan sesuatu yang unik di jalan raya, terutama jalan raya Indonesia. Semua elemen di jalan raya selalu bisa jadi bahan perbincangan. Nah, yang akhir-akhir ini sedang ramai pembicaraan tentang mobil Ichiro. Apa itu mobil Ichiro?

Ketika saya pertama kali mendengar mobil Ichiro, hal pertama yang terlintas dalam benak saya adalah sebuah penemuan mobil dengan terobosan teknologi baru. Yah, semacam Esemka, atau mobil-mobil listrik gitu. Tapi, begitu saya mengetikan kata ‘mobil Ichiro’ di google, yang saya temukan adalah sesuatu yang benar-benar berbeda: sebuah mobil yang menjadi ‘hakim’ jalanan.

Mobil-Ichiro-1
Mobilnya sangar gini ternyata…

Baca Juga: 18 Hal Yang Sering Kamu Temukan di Jalan Raya

Mobil Ichiro bukanlah mobil polisi –bukan pula mobil milik seorang polisi. Mobil ini hanyalah mobil Suzuki Vitara yang dimodifikasi sedemikian rupa hingga menjadi mobil yang tahan banting –truk pun bahkan takut sama mobil ini. Mobil ini sering menghukum para pengguna jalan yang tidak tertib –tetapi dengan cara yang anti-mainstream: menabrak mereka atau juga mengacungkan pentungan besi ke arah pengendara lain. Ibarat kalau dalam komik, mobil Ichiro ini bisa dibilang seperti Punisher, seorang anti-hero dalam dunia Marvel. Berikut ini video sepak terjang Ichiro selama di jalan raya:

5 Hal Yang Mungkin Belum Kamu Tahu Tentang Mobil Ichiro: Sang “Punisher” Jalanan

Eh, ternyata nama “Ichiro” itu pemberian sang mantan?!

Abaikan

Video diatas adalah kumpulan video sepak terjang mobil Ichiro yang diupload sendiri oleh penggunannya. Penasaran dengan mobil Ichiro ini dan penggunanya? Seperti misalnya, kenapa dia melakukan hal tersebut? Kenapa mobilnya bernama Ichiro? Dan berbagai pertanyaan lainnya… Well, berikut ini adalah beberapa hal mengenai mobil Ichiro yang mungkin bisa menjawab pertanyaan-pertanyaanmu.

Baca Juga: EPIK! Begini Jadinya Kalau Truk Kelebihan Muatan!


1

Pengendara Mobil Ichiro adalah seorang dosen pasca-sarjana


Andi (2)
Huibert Andy Wenas

Nama lengkap pemilik mobil Ichiro ini adalah Huibert Andi Wenas. Melihat aksinya, mungkin ada yang berpikiran kalau Andi ini berprofesi (atau pernah berprofesi) sebagai tentara, agen rahasia atau mata-mata. Akan tetapi, pada kenyataannya, dia hanyalah seorang dosen biasa.

Andi Wenas adalah seorang dosen pasca-sarjana di salah satu universitas swasta yang terkenal di Jakarta Selatan. Menurut salah satu sumber (via Kompas), Andi Wenas bahkan menjabat sebagai salah satu kepala jurusan. Sumber itu juga menambahkan kalau Andi sebenarnya adalah sosok yang baik, sabar dan pengertian terhadap mahasiswanya.

Kalau dilihat dari video-videonya sih… Iya deh, saya percaya kok…


2

Alasan Andi menabrak pelanggar lalu lintas karena dia ‘trauma’


293618_mobil-vitara_663_382
“Penyok mas…?”

Tindakan Andi dalam menabraki mobil lain di jalan tentu saja bisa disebut sebagai ‘aksi main hakim sendiri’. Karena ulahnya itu, dia sempat diperiksa oleh Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Polda Metro Jaya (Rabu, 4 November 2014). Ketika diperiksa, dia mengatakan alasannya mengapa dia menabraki para pelanggar jalan (via Merdeka):

“Kenapa saya melakukan hal seperti itu karena cukup lama saya pernah mengalami traumatik akibat kecelakaan lalu lintas, akibat ketidaktertiban pengguna jalan lain. Berdasarkan pengalaman itu dan juga kegiatan saya sehari-hari di jalan yang cukup tinggi, mengakibatkan saya cenderung beraksi tegas kepada pengguna lalu lintas yang tidak tertib itu. Trauma, emosi dan reaksi situasional membuat saya melakukan hal tersebut.”


3

Nama “Ichiro” adalah pemberian sang mantan


mobil ichiro suzuki vitara
Tampak belakang ‘anak pertama’ Andy Wenas dan sang mantan…

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya, darimana asal nama Ichiro tersebut. Mengenai asal nama mobil tersebut, si pemilik mobil Andi mengatakan (via Sidomi):

“Jadi sebenarnya yang beri nama Ichiro itu mantan istri saya. Berterima kasih kepada mantan istri saya, beliau yang beri nama tersebut, sampai sekarang saya terima saja. Jadi di YouTube juga saya kasih nama Ichiro saja.”

Kata Ichiro sendiri berasal dari bahasa Jepang yang bisa diterjemahkan sebagai ‘anak pertama’. Sepertinya Andi masih belum bisa move on dari sang mantan ya?


4

Setelah ditilang, Andi akan mengembalikan mobil Ichiro seperti semula


andi-wenas
“Konferensi Pers” Andy Wenas

Setelah ditilang, Andi mengakui menyesali perbuatannya sebagai hakim jalanan. Dalam surat pernyataannya di Mapolda Metro Jaya, dirinya berjanji akan mengubah Ichiro seperti sedia kala. Berikut pernyatannya (via detik):

“Akan mengubah kendaraan milik saya seperti semula dan bersedia melakukan penindakan sesuai hukum yang berlaku.”

Pernyataan tersebut ditulis oleh Andi sendiri dalam surat keterangan yang ditandatangani dan distempel materai Rp 6.000,00 di Gedung Subdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya. Sepertinya kita tidak akan bertemu lagi dengan Ichiro ya? :(

Atau mungkin setelah ini kita akan melihat Nichiro? (Nichiro -> ‘anak kedua’) Hehe…


5

Polisi sempat mempertimbangkan Andi jadi Duta Tertib Lalu Lintas


ini-alasan-andi-ichiro-wenas-main-tabrak-pelanggar-lalu-lintas
“Iya, dia ini cocok jadi Duta Tertib Lalu Lintas!”

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapudin Nursin, tindakan Andi Wenas ini bisa dibilang positif. Dia bahkan mempertimbangkan Andi Wenas untuk menjadi Duta Tertib Lalu Lintas, seperti yang dilansir dalam Detik:

“Saran jadi duta lalu lintas bisa saja, karena kita ingin mencari orang yang tertib di jalan raya ini. Kalau dilihat Pak Wenas ini ingin tertib berlalu lintas, karena tadi beliau sampaikan dipotong-potong (oleh pengendara lain), itu kekecewaannya positif.”

Jika Andi Wenas jadi Duta Tertib Lalu Lintas, kira-kira Jakarta bisa terbebas dari predikat ‘kota paling macet sedunia’ nggak ya? [Baca: Selamat! Jakarta Dinobatkan Sebagai Kota Termacet di Dunia!]

Sumber: Youtube, Kompas; Merdeka; Sidomi; Detik 1, 2, 3


SHARE
Previous articleJangan Bikin Mod “Nakal” untuk DoA 5: Last Round Versi PC Jika Tidak Ingin Hal Ini Terjadi!
Next articleTekken 7 Bakal Menjawab Semua Misteri Perseteruan Abadi Bapak-Anak
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.