Shooter Klasik Era 80-an Bangkit Sebagai Game Open-World Asteroids Outpost

Asteroids-Outpost-2

Game semacam Asteroids seharusnya hanya dikenal oleh para Brur & Zus yang lahir di tahun 70-an. Sebuah game shooter dengan setting luar angkasa, dirilis oleh Atari pada tahun November 1979, dimana kalian mengendalikan sebuah pesawat luar angkasa di sebuah area yang dipenuhi asteroid, dan secara berkala muncul piring terbang melewatinya. Tujuan permainannya sangat sederhana, cukup tembak barisan asteroid dan piring terbang tadi, dan jangan sampai bertabrakan dengan mereka, namun makin lama makin susah seiring obyek yang muncul di layar juga bertambah. Bagaimana jika game semacam itu dibangkitkan dengan teknologi PC modern seperti saat ini? Kami yakin tidak lagi sederhana…

Setelah tahun lalu Atari merilis Alone in the Dark baru, kini mereka mengkonfirmasikan Asteroids Outpost, yang dari judulnya jelas, ini semacam remake, reinkarnasi, atau game yang senada dengan seri klasiknya. Ternyata bukan! Asteroids Outpost bukanlah game shooter vertikal seperti game aslinya, justru kini menjadi game sandbox bertema survival, dunianya juga dibuat open world. Namun settingnya masih sama, di sebuah asteroid.

Asteroids-Outpost-3

Masih minim detailnya. Hanya disebutkan jika kalian memainkan game dengan tujuan menambambang di tengah asteroid, sekaligus juga harus selamat di tengah kondisi lokasi tersebut. Aspek multiplayernya terlihat melalui bagaimana kalian dan pemain lain bekerjasama menambang, membangun dan mempertahankan markas, serta mengadu nasib dari hasil sumber daya yang ditambang — seperti ore dan crafting equipment. Selain itu pemain juga bertugas memperluas wilayah mereka dengan cara membangun pangkalan di asteriud untuk semua operasi mereka. Pemain bisa membentuk aliansi dengan pemain lain, atau justru bertarung melawan mereka dalam gameplay multiplayer.

Menariknya, Atari masih saja memasukkan gameplay menembaki asteroid seperti game klasiknya kok… Sembari terus bertahan hidup, karakter juga bakal menghadapi hujan asteroid yang terkadang muncul. Batu angkasa tersebut harus dihancurkan dengan cara menambaknya, sebelum mengenai semua sumber daya yang sudah didapatkan karakter.

Asteroids-Outpost-4

Game ini dikembangkan untuk PC, dan belum diketahui kapan bakal dirilis.


SHARE
Previous articleTekken 7 Bakal Menjawab Semua Misteri Perseteruan Abadi Bapak-Anak
Next articleSeason Pass Dying Light Ini Hanya Untuk Kalian yang Hobi Membantai Zombie
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.