Apple Mulai Tolak Ikon dan Screenshot Game yang Berunsur Kekerasan

duniaku-itunesapple-3

Berita ini mungkin menjadi peringatan yang harus diperhatikan bagi kamu yang akan merilis game di iTunes. Apple dikabarkan mulai menindak tegas game-game dan aplikasi yang mengandung unsur kekerasan di ikon dan screenshot game-nya. Menindak tegas di sini berarti game atau aplikasi tersebut ditolak, dan tidak bisa dipublikasikan di iTunes App Store, sampai sang developer mengganti ikon atau screenshot yang beraroma kekerasan tersebut.

Kabar ini pertama kali datang dari developer GunSlugs 2, OrangePixel. OrangePixel mengungkapkan bahwa Apple menolak update yang akan mereka berikan di game tersebut karena OrangePixel menyertakan sebuah screenshot yang menunjukkan seorang karakter terbunuh. Menurut OrangePixel, alasan Apple menolak screenshot tersebut adalah karena menampilkan tindak kekerasan kepada makhluk hidup.

Apple
Screenshot Tempo yang menampilkan senjata terpaksa di-pixelated

Rupanya penolakan tersebut tidak dialami oleh OrangePixel saja. Developer dari Rooster Teeth vs Zombiens, Team Chaos mengungkapkan bahwa awalnya game mereka ditolak untuk masuk ke iTunes karena ikon game tersebut menampilkan senjata. Barulah setelah mereka mengganti ikon tersebut, mereka berhasil memasukkan game tersebut ke iTunes. Padahal, senjata yang mereka tampilkan dalam ikon diakui adalah representasi dari pistol mainan NES Zapper. Berbeda lagi dengan Splash Damage, yang kabarnya terpaksa memberikan aksen pixelated pada salah satu screenshot Tempo karena menampilkan senjata seperti di bawah ini.

Di sisi lain, salah satu screenshot dari Gang Nations ini masih memperlihatkan senjata dengan jelas
Di sisi lain, salah satu screenshot dari Gang Nations ini masih memperlihatkan senjata dengan jelas

Kebijakan baru dari Apple ini rupanya masih belum terimplementasi sepenuhnya. Di beberapa game seperti Gang Nations dan Bullet Rush, masih ada beberapa aset yang dengan jelas menampilkan senjata api. Entah kapan pastinya kebijakan baru ini akan diimplementasikan sepenuhnya oleh Apple. Namun yang jelas, bagi kamu yang ingin menjual atau merilis game-game untuk iTunes, sebaiknya hindari pemakaian ikon atau screenshot yang mengandung unsur kekerasan dan senjata ya.

[Sumber: VG247/PocketGamer]


SHARE
Previous articleBhinneka Project, Saatnya Mengenal Budaya Indonesia dengan Bermain Game!
Next articleSubhanallah, Petarung Arab Ganteng Ini Tega Banget Hajar Bapak-Anak di Arena Tekken 7!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.