Bhinneka Project, Saatnya Mengenal Budaya Indonesia dengan Bermain Game!

Bhinneka Project - Kartu Bhinneka

Masih Ingatkah kamu tentang buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial waktu SD yang memuat tentang budaya Indonesia? Mungkin diantara kamu sudah banyak yang melupakannya. Dulu saat duduk di bangku sekolah, untuk belajar budaya, kita harus membaca buku tanpa ilustrasi yang cenderung membosankan. Namun, apa jadinya jika mengenal budaya digabung dengan games yang menarik? Bhinneka Project ini adalah jawabannya!

duniaku-bhinnekaproject-4

Kehadiran Bhinneka Project akan membuat belajar budaya akan semakin menyenangkan. Melalui tagline-nya “Games and Story of Multicultural Indonesia”, Bhinneka Project mengembangkan produk lintas media yang secara konsisten mengangkat nilai-nilai dari  keanekaragaman suku di Indonesia. Sebelumnya, Bhinneka Project pernah memamerkan karya game visual novel berjudul Bhinneka & Crescent Charm di Game Developer Gathering 2014. Game tersebut bercerita tentang seorang detektif cilik yang terperangkap di Desa Bhinneka, dimana seluruh penghuni desa tersebut berasal dari suku-suku di Indonesia yang berbeda.

Bhinneka Project - Kartu Bhinneka

Dengan menggunakan karakter yang sama, seperti Butet dari Batak dan Mogot dari Toraja, kini Bhinneka Project mengembangkan game visual novel tersebut dalam karya card game yang bernama Kartu Bhinneka. Selain dapat berkenalan dengan suku-suku di Indonesia, terdapat 40 visualisasi menarik mengenai makanan, alat musik, rumah adat, serta pakaian adat khas dari berbagai suku dari Sabang sampai Merauke. Kartu Bhinneka dapat dimainkan dengan jumlah pemain 4 hingga 6 orang. Permainan ini direkomendasikan untuk pemain berumur 8 tahun keatas dengan tujuan meningkatkan wawasan anak mengenai kebudayaan Indonesia sejak dini.

Kartu Bhinneka

Terdapat tiga variasi permainan yang masing masing memakan waktu 15 menit saja. Saat ini, Kartu Bhinneka sedang membuka pre-order dengan bonus set stiker menarik dari tanggal 31 Januari 2015 hingga 8 Maret 2015. Pemesanan dapat dilakukan di website official Bhinneka Project. Kamu juga bisa mengikuti perkembangan Bhinneka Project di fanpage resminya yang ada di sini.

Pre Order Kartu Bhinneka

Bhinneka Project dikembangkan oleh Aesan Studio yang bertempat di Bandung. Aesan studio memang berfokus pada pengembangan IP lokal untuk meluaskan pengetahuan masyarakat mengenai Indonesia. Dengan makin cepatnya zaman berganti, budaya Indonesia harus makin berjuang untuk mempertahankan eksistensinya. Yuk kita bermain budaya!


SHARE
Previous articleValentine Day Kali Ini Bakalan ‘Basah’ Duluan
Next articleApple Mulai Tolak Ikon dan Screenshot Game yang Berunsur Kekerasan
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.